Mengenal Sejarah, Perumusan, Isi, dan Makna Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan adanya pembacaan isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Pembacaan ini dilakukan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pusat.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenal sejarah, permusan, isi dan makna teks proklamasi. Yuk, simak dengan seksama.

 

Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

id.wikipedia.org

Pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi setelah Jepang mengalami kekalahan dari sekutu ketika Horishima dan Nagasaki dibom atom pada 6 Agustus 1945. Setelah mendengar kabar tersebut, seluruh pejuang Indonesia mempersiapkan diri untuk kemerdekaan Indonesia tanpa adanya pemberian kemerdekaan dari pihak manapun.

Kejadian ini membuat perdebatan antara golongan tua dan golongan muda. Golongan tua ingin menunggu keputusan Jepang terlebih dahulu. Sedangkan golongan muda ingin segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa menunggu perintah dari Jepang.

Untuk segera melaksanakan tujuannya, golongan muda sengaja mengasingkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdenklok. Kejadian ini dikenal dengan Peristiwa Rengasdenklok. Langkah ini dilakukan untuk mencegah para pejuang terpengaruh kembali oleh Jepang sehingga menunda proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya disepakati bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di Jakarta. Kemudian Soekarno dan Hatta pun kembali ke Jakarta untuk membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pembacaan ini dilakukan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pusat.

Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

detik.com

Kurang lebih sekitar pukul 23.00 WIB, Soekarno dan Hatta tiba di Jakara yang kemudian langsung menuju rumah Laksana Muda Maeda. Di ruang makan rumah Laksamana Muda Maeda dihadiri sekitar 30 orang yang sedang merumuskan konsep dan naskah proklamasi.

Setelah selesai, naskah tersebut akan ditanda tangani. Kemudian Soekarno mengusulkan supaya seluruh orang yang ada di ruang itu untuk menandatangani naskah proklamasi atas nama wakil-wakil bangsa Indonesia. Pernyataan Soekarno diperkuat oleh Hatta dengan mengambil contoh declaration of independence.

Namun usulan Soekarno tersebut ditentang oleh salah satu peseta yang hadir. Dia mengusulkan supaya yang menandatangi naskah proklamasi Indonesia adalah Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Kemudian usulan tersebut diterima dengan baik oleh semua orang yang hadir pada waktu itu.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

viashare.blogspot.com

Teks Naskah Proklamasi Klad

Teks naskah proklamasi Klad adalah asli tulisan tangan dari Soekarno yang merupakan saran dari Ahmad Soebardjo yang diambil dari rumusan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sedangkan kalimat terakhir adalah saran dari Hatta. Adapun teks naskah proklamasi Klad adalah sebagai berikut.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia

Teks Naskah Proklamasi Otentik

Teks naskah proklamasi kemerdekaan Otentik adalah teks naskah proklamasi yang sudah mengalami perubahan. Teks naskah ini adalah hasil ketikan dari Mohammad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh pemuda yang turun andil dalam persiapan proklamasi). Adapun teks naskah proklamasi Otentik adalah sebagai berikut.

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Kemudian, Sukarni mengusulkan supaya yang menandatangani teks proklamasi tersebut adalah Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

id.wikipedia.org

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa dikatakan sebagai pernyataan untuk merdeka dari segala bentuk penjajahan bangsa lain kepada bangsa dan negara Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah jambatan emas yang mengantarkan dan menghubungkan bangsa Indonesia untuk mencapai masyarakat baru, yakni kehidupan yang bebas tanpa ikatan dan tekanan.

Proklamasi sendiri merupakan seruan yang bersifat legal (berdasarkan hukum) dan resmi. Dengan pernyataan proklamasi, maka bangsa Indonesia bisa terbebas dari segala bentuk penjajahan yang dilakukan bangsa lain.

Demikian penjelasan mengenai sejarah, permusan, isi dan makna teks proklamasi. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar