1 Teladan Lebih Mengena Dibandingkan 1000 Wejangan

Mengapa anakku suka berbohong? Mengapa ia sulit sekali disuruh sholat tepat waktu? Mengapa ia suka membentak orang tua? Mengapa, mengapa, dan mengapa.

Sering kamu menyalahkan sikap anak yang tak sesuai dengan harapan. Seolah cetak biru anak yang seperti itu murni kesalahannya. Padahal kamu sebagai orang tua sedikit banyak berkontribusi terhadap sifat anak yang demikian.

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Ia belum memiliki sistem sensor untuk memfilter mana yang baik untuk ditiru dan mana yang tidak baik untuk ditiru. Jadi tidak salah jika anak dikatakan sebagai foto kopian orang tuanya yang diperkecil.

Satu teladan lebih mengena dibandingkan seribu wejangan. Sebuah kalimat yang sering kita dengar namun perlu kesungguhan untuk menjalankannya. Menasihati anak dengan kalimat verbal memang mudah dilakukan.

Namun menasihatinya dengan teladan bukan sesuatu yang mudah. Ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu contohkan kepada anak-anakmu agar ia tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan.

1

Beribadah dengan Baik

www.kursibundar.blogspot.com

Jika anak rajin beribadah, ia akan dekat dengan Rabb-nya. Jika dia dekat dengan Rabb-nya maka ia mudah diberikan nasihat kebaikan. Oleh karena itu aqidah yang lurus dan ibadah yang benar adalah 2 hal yang harus ditanamkan kuat ke dalam diri anak sejak kecil.

Kedua hal inilah yang menjadi bekal anak di masa depan dengan tantangan yang jauh lebih berat dibandingkan zaman yang kita hadapi.

Ayah dan bunda harus bersegera menunaikan sholat setelah adzan berkumandang. Dalam diri anak akan terpatri kuat bahwa sholat adalah ibadah yang harus diutamakan di atas urusan dunia lainnya. Begitu juga dengan mengaji, berpuasa, berzakat, dan haji.

2

Bersikap Lemah Lembut

www.fimadani.com

Sering kita jumpai anak kecil suka berbicara keras dan kasar dengan orang tua. Orang tua menyalahkan anak yang begini dan begitu. Ayah bunda lupa bahwa dirinya juga sering berbicara keras terhadap anak.

Mungkin lelah melakukan aktivitas sehari-hari membuat ayah bunda kehabisan stok kesabaran. Namun ayah bunda harus berusaha menyingkirkan lelah ini saat berhadapan dengan anak-anak. Bersikaplah lemah lembut meski dalam kondisi marah sekalipun.
Hal yang harus dijaga adalah jangan sampai ayah bunda bertengkar dengan suara keras di hadapan anak-anak. Selain menirunya, anak bisa tercederai psikologinya dan menimbulkan depresi.

3

Senang Memberi

www.beritadaerah.co.id

Dermawan adalah sifat yang jarang dimiliki orang dewasa di zaman yang semuanya diukur dengan materi. Bukan tidak mustahil kelak anak ayah bunda tumbuh menjadi sosok yang dermawan jika ia memiliki teladan kedermawanan sejak kecil.

Ajari si kecil menyisihkan sebagian uang saku untuk disumbangkan pada orang-orang yang tidak seberuntung dirinya. Agendakan saat liburan untuk mengunjungi panti asuhan dan bersosialisasi dengan anak-anak asuh di sana.

4

Bertanggung Jawab

www.twicsy.com

Berani berbuat harus berani bertanggung jawab. Sikap ini perlu dicontohkan ayah bunda sejak dini. Setelah bermain ajarkan pada anak untuk memberesi mainannya yang berserakan. Hal kecil ini bermanfaat pada kehidupannya di masa depan.

5

Berkata Jujur

www.ekaazzahra.wordpress.com

“Eh itu ada cicak, cicaknya mana ya?” Kata bunda seraya menunjuk dinding rumah yang tinggi.

Banyak kasus orang tua membohongi adik agar ia berhenti menangis. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan kepada si kakak bahwa berbohong adalah sesuatu yang sah untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Berikan teladan pada anak untuk tidak berbohong. Tepati janji kepada si kecil meskipun itu hal kecil sekalipun. Misalnya membelikan si kecil es krim coklat jika ia mendapatkan nilai 100 pada ujian matematika.

Tinggalkan komentar