4 Telaga yang Ada di Dataran Tinggi Dieng Bisa Kamu Jadikan Destinasi Liburan Akhir Pekan

Tidak akan ada habisnya membahas mengenai tempat wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Mungkin, semua tempat wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng nggak bisa kamu kunjungi dalam waktu satu hari.

Butuh beberapa hari bahkan beberapa minggu untuk bisa menikmati semua tempat wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Untuk menikmati telaganya saja tidak cukup dalam sehari. Karena telaganya saja ada sekitar empat.

Berikut ini empat telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna Dieng

tekooo.com

Telaga Warna Dieng ini juga terletak di Kawasan Dieng. Telaga yang terletak diketinggian 2000 mdpl ini memiliki keindahan yang luar biasa. Mungkin, keindahan yang dimiliki oleh Telaga Warna Dieng ini tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Hal yang membedakan adalah warna air yang terdapat di telaga ini. Telaga Warna Dieng memiliki air yang berubah-ubah warnanya. Terkadang warnanya merah, hijau, putih, biru, dan lembayung.

Perubahan warna yang terjadi pada Telaga Warna Dieng ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang sangat tinggi. Sehingga air akan terlihat berubah warna saat terkena sinar matahari.

Mungkin, karena perubahan warna pada air di telaga ini juga yang membuat telaga ini dinamakan Telaga Warna Dieng.

Telaga Pengilon

www.flickr.com

Tidak hanya Telaga Warna saja yang ada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Ada juga telaga yang dinamakan Telaga Pengilon. Telaga yang satu ini ternyata lokasinya bersebelahan dengan Telaga Warna Dieng.

Meskipun bersebelahan, air di Telaga Pengilon tidak berubah warna seperti yang dialami oleh Telaga Warna Dieng. Justru air di Telaga Pengilon ini sangat jernih.

Saking jernihnya, kamu bisa ngaca di air Telaga Pengilon. Mungkin ini juga alasan mengapa telaga ini dinamakan Telaga Pengilon. Karena dalam Bahasa Jawa, pengilon memiliki arti kaca untuk berhias.

Telaga Merdada

panduanwisatadieng.com

Jika Telaga Warna memiliki warna air yang bisa berubah-ubah dan Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih, berbeda lagi dengan Telaga Merdada. Telaga ini termasuk telaga terluas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Merdada ini terletak di daerah Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Jika diamati dari kejauhan, Telaga Merdada ini memiliki bentuk yang meyerupai kaldera bekas letusan Gunung Merapi.

Telaga Cebong Dieng

www.pegipegi.com

Telaga terakhir yang ada di Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Cebong Dieng. Telaga ini bisa dikatakan telaga tertinggi yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini terletak di Desa Sembungan dimana desa ini bisa dikatakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

Biasanya, para wisatawan yang mengunjungi puncak Sikunir untuk menyaksikan matahari terbit, mereka menyempatkan diri menyaksikan keindahan yang dimiliki Telaga Cebong Dieng.

Karena letaknya yang sangat tinggi, yaitu sekitar 2300 mdpl, Telaga Cebong Dieng dijuluki telaga diatas awan. Selain menyaksikan keindahan Telaga Cebong Dieng, kamu juga bisa menyaksikan hijaunya persawahan milik penduduk yang ada disekitar telaga.

Batu Ratapan Angin

tempatwisatadaerah.blogspot.com

Terakhir ini bukanlah telaga. Melainkan lokasi terbaik untuk menyaksikan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Namanya adalah Batu Ratapan Angin. Batu Ratapan Angin ini lokasinya lebih tinggi dibandingkan dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Jadi, kamu bisa menyaksikan kedua telaga tersebut dari tempat ini. Kedua telaga tersebut terlihat lebih indah jika kamu menyaksikan dari Batu Ratapan Angin.

Tinggalkan komentar