Telur Balado Lezat yang Menggoyang Lidah

Masakan yang sangat terkenal di Indonesia, siapa yang tidak kenal sambal Balado? Makanan yang sangat mudah dibuat dan juga sangat mudah sekali dikreasikan dan disatukan dengan berbagai aneka masakan lainnya. Pada bumbu balado ini terasa sekali cita rasa khas rempah asli Indonesia, apalagi ditambah dengan telur balado yang merupakan telur rebus yang direndam dalam bumbu ketika proses memasak. Rasanya rempahnya sungguh membuat kangen dengan kampung halaman.

Telur balado selain menggunakan telur rebus rupanya juga juga bisa menggunakan telur goreng. Baik telur ayam, telur bebek maupun telur puyuh rasanya sama – sama nikmat. Cita rasa telur balado memang lebih menjurus ke pedas, namun tidak terlalu pedas karena yang lebih dominan adalah rasa dari rempah – rempah yang lain.

Apabila kamu tidak suka pedas, untuk menghilangkan rasa pedas yaitu dengan merubah sedikit bahan yang dipakai. Salah satunya adalah menghilangkan bahan cabe rawit, cabe rawit dapat diganti dengan cabe merah besar dan dengan tambahan tomat. Cabe merah besar dan tomat diperlukan untuk menjaga warna khas dari telur balado yaitu warna merah. Sudah mulai ngiler membayangkannya? Kamu bisa coba kok resep telur balado.

Telur Balado
Telur Balado – resepkafe.com

Cara membuatnya dan bahannya tidak sulit kok. Bahan – bahan telur balado adalah telur, mau pakai telur jenis apa saja terserah kamu. Penyajian telur bisa dalam bentuk telur rebus atau telur goreng juga bisa. Bahan selanjutnya kaldu ayam, mau pakai bubuk atau kaldu ayam asli malah lebih bagus. Bawang merah ukuran besar 4 siung dihaluskan. Bawang putih besar 3 siung dan haluskan. Cabai keriting sesuai selera, bisa diganti dengan cabai merah besar dan tomat. Daun jeruk 2 helai, gula pasir setengah sendok makan, air bersih 300 ml, garam dapur dan juga minyak goreng.

Nah cara membuat telur balado dengan mencampur bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan cabai rawit atau sesuai selera, goreng bumbu halus tersebut dengan minyak secukupnya. Masukkan daun jeruk agar aroma harus lebih menggoda lagi. Masukkan 300 ml air bersih, kaldu ayam, garam dapur dan gula secukupnya. Masukkan tomat yang sudah diiris dan terakhir masukkan telur. Masak dengan api kecil sampai bumbu mulai susut dan meresap kedalam telur. Selesaaaii, sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar