7 Tempat Bersejarah di Mojokerto yang Bisa Kamu Kunjungi

Kamu pasti tahu mengenai Majapahit. Kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia ini memiliki wilayah yang sangat luas. Bahkan jauh lebih luas dibandingkan dengan wilayah Indonesia.

Beberapa wilayah negara sekitar Indonesia juga dahulunya termasuk wilayah Majapahit, seperti Malaysia, Singapura, dan sebagainya. Begitu luas kekuasaan Majapahit saat itu. Namun, tahukah kamu dimana pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit?

Ya, pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit terletak di Kabupaten Mojokerto saat ini. Maka tidak heran jika banyak situs-situs bersejarah peninggalan kerajaan yang ditemukan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Situs-situs bersejarah yang berhasil ditemukan tersebut sekarang menjadi tempat pariwisata. Selain untuk liburan, juga menambah wawasan sejarah pengunjung. Apa saja situs sejarah yang ada di Mojokerto? Berikut daftarnya.

Situs Kedaton Mojokerto

bpcbmojokerto.wordpress.com

Salah satu situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang berhasil ditemukan adalah Situs Kedaton. Situs Kedaton ini berhasil ditemukan di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Saat mengunjungi situs ini, kamu akan melihat kompleks yang isinya bangunan bersejarah yang diduga dibangun pada abad ke-13, yaitu pada masa Kerajaan Majapahit.

Selain Situs Kedaton, kamu juga bisa berkunjung di Candi Kedaton dan Sumur Upas yang letaknya masih sekitaran Situs Kedaton.

Candi Bajang Ratu Mojokerto

www.youtube.com

Ditemukan juga candi yang dinamakan Candi Bajang Ratu. Candi ini ditemukan juga di Kecamatan Trowulan, tepatnya di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini juga diduga sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit.

Makam Troloyo Mojokerto

disporabudpar.mojokertokab.go.id

Memang, banyak sekali sejarah Majapahit yang bisa ditemukan di Kabupaten Mojokerto. Salah satu lokasi di Mojokerto yang banyak ditemukan sejarah masa lalu adalah wilayah Sentonorejo, Kecamatan Trowulan.

Salah satunya yang ditemukan di daerah tersebut adalah Makam Troloyo. Makam Troloyo ini menyimpan banyak sekali sejarah. Oleh karena itu, banyak orang mengunjungi tempat wisata ini, baik untuk sekedar melihat atau juga berniat untuk berziarah ke makam.

Candi Tikus Mojokerto

id.wikipedia.org

Rasanya ada yang kurang jika berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tapi tidak berkunjung di Candi Tikus. Candi ini termasuk candi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kecamatan Trowulan. Lokasinya berada di Desa Temon, masih satu desa dengan Candi Bajang Ratu.

Candi Brahu Mojokerto

www.flickr.com

Masih di Kecamatan Trowulan, ditemukan sebuah candi yang saat ini dinamakan Candi Brahu. Candi Brahu ini terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Disini kamu bisa belajar banyak mengenai sejarah. Selain itu, kamu juga bisa mengambil gambar dengan latar belakang Candi Brahu.

Candi Wringin Lawang Mojokerto

penikmatfajar.wordpress.com

Satu lagi candi yang ada di Kecamatan Trowulan, yaitu Candi Wringin Lawang. Candi ini terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kamu bisa mengunjungi candi ini bersama dengan keluarga. Jangan lupa juga mengajak putra-putri kamu agar mengerti mengenai sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit.

Mahavihara Majapahit

disporabudpar.mojokertokab.go.id

Apakah kamu pernah melihat patung Budha yang berposisi sedang tidur di Thailand? Patung tersebut persis yang ada di Mojokerto. Jadi, jika kamu ingin melihat patung budha raksasa yang berposisi sedang tidur, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Thailand.

Karena di Indonesia juga ada patung sejenis. Patung tersebut terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Patung budha ini dinamakan Mahavihara Majapahit.

Meskipun ada nama Majapahit-nya, bukan berarti patung ini peninggalan Kerajaan Majapahit. Patung ini sengaja dibangun pada tahun 1989.

Tujuannya adalah ingin mengenang kejayaan Kerajaan Majapahit dulu sebagai kerajaan Hindu-Budha terbesar pada masanya. Namun, saat ini menjadi tempat wisata.

Tinggalkan komentar