Tempat Wisata Bernuansa Alam di Temanggung yang Sayang untuk Dilewatkan

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan wisata alam? Jika iya, Kabupaten Temanggung lah jawabannya. Disini, mata kamu akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam. Mulai dari gunung, air terjun, pantai, dan sebagainya.

Semua bisa kamu nikmati saat berpariwisata di Kabupaten Temanggung. Agar kamu tidak bingung menentukan tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi, berikut beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Curug Lawe

www.travelmatekamu.com

Wisata alam pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Lawe. Curug Lawe merupakan tempat wisata alam air terjun. Tempat ini berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung.

Jika dari Kota Temanggung, jaraknya untuk mencapai Curug Lawe ini sekitar 26 KM sebelah utara. Untuk menuju Curug Lawe, kendaraan kamu tidak bisa dibawa ke lokasi air terjun. Karena kondisi jalan menuju ke air terjun tidak mendukung.

Kamu harus rela berjalan kaki terlebih dahulu sebelum menikmati keindahan air terjun Curug Lawe. Jarak antara parkiran menuju air terjun sekitar 1,5 KM. Meskipun jaraknya cukup jauh, kamu tidak akan terasa lelah saat berjalan.

Karena pepohonan dan berbagai tanaman akan mengiringi perjalanan kamu menuju air terjun. Apalagi saat kamu sudah sampai ke lokasi, perjalanan yang cukup jauh tersebut dalam sesaat akan kamu lupakan.

Dataran Tinggi Posong

phinemo.com

Bagi kamu yang mendaki gunung, tentu kamu tahu mengenai Gunung Sindoro. Karena gunung ini sudah tidak asing lagi bagi para pendaki gunung.

Namun, kali ini tidak membahas mengenai keindahan Gunung Sindoro, yang akan dibahas adalah keindahan Dataran Tinggi Posong. So, apa hubungannya Gunung Sindoro dengan Dataran Tinggi Posong?

Mungkin, bagi kamu yang belum tahu, kamu pasti bertanya-tanya demikian. Namun bagi kamu yang sudah tahu Gunung Sindoro, kamu pasti tahu juga mengenai Dataran Tinggi Posong. Karena Dataran Tinggi Posong ini terletak di lereng Gunung Sindoro.

Jadi, keindahan Dataran Tinggi Posong tidak dapat dipungkiri lagi. Untuk lokasinya berada di Desa Tlahap, kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Curug Surodipo

edged-berlin.blogspot.com

Satu lagi wisata alam air terjun yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada di Temanggung. Namanya adalah Curug Surodipo atau dikenal juga dengan sebutan Curug Trocoh. Sama halnya dengan Curug Lawe, akses menuju Curug Surodipo juga sangat sulit.

Kamu harus rela berjalan untuk menikmati keindahan Curug Surodipo. Namun rasa lelah kamu akan terbayar saat kamu melihat air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini. Suara air ditemani dengan hembusan angin membuat tenang hati setiap orang.

Ditambah lagi pemandangan yang disajikan disekitar air terjun membuat orang yang berkunjung semakin betah.

Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

jelajahrumputilalang.blogspot.com

Pernahkah kamu melihat Hutan Pinus? Jika kamu belum pernah melihat Hutan Pinus, kamu perlu datang di Kabupaten Temanggung. Karena di Dusun Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung terdapat tempat wisata Hutan Pinus.

Keindahan alam yang ada di hutan tersebut membuat setiap mata yang memandang dalam beberapa saat tidak akan mengedipkan matanya. Itu karena memang sangat indah disaksikan.

Selain Hutan Pinus, ada juga tempat dekat Hutan Pinus yang bisa kamu kunjungi, yaitu Umbul Jumprit. Umbul Jumprit merupakan sumber mata air dan hulu Sunga Progo. Tempat ini dianggap sakral oleh masyarakat.

Setiap perayaan Waisak, para biksu akan mengambil air di tempat ini guna mengikuti perayaan Waisak di Candi Borobudur. Umbul Jumprit juga diyakini sebagai petilasan Kerajaan Majapahit.

Kledung Pass

tani-temanggung.blogspot.com

Tempat menarik lainnya adalah Kledung Pass. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan hijau khas pegunungan. Kledung merupakan nama kecamatan yang ada di Temanggung.

Letaknya yang paling dekat dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat daerah ini dikunjungi oleh para wisatawan untuk menyaksikan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari kejauhan.

Tinggalkan komentar