6 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Memesona

Berencana traveling ke timur Pulau Jawa? Cobalah berkunjung ke Banyuwangi. Kota yang dekat dengan Pulau Bali itu menyimpan tempat-tempat wisata yang punya pemandangan indah.

Inilah 6 tempat wisata di Banyuwangi yang cocok untuk liburan akhir pekan. Let’s check it!

Pantai Pulau Merah

tempatberwisatamurah.com

Pulau Merah merupakan pantai yang paling tersohor di Banyuwangi. Di sana terdapat bukit kecil bertanah merah yang terletak di tepian pantai. Itulah sebabnya dinamakan Pantai Pulau Merah.

Ketika kamu sampai di Pantai Pulau Merah, kamu akan langsung disambut hamparan pasir putih sepanjang 3 kilometer. Ketinggian gelombang di pantai ini mencapai 4-5 meter sehingga cocok untuk berselancar atau surfing.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Pulau Merah, kamu cukup mengeluarkan kocek Rp3000 per-orang. Namun, jika kamu berkunjung saat akhir minggu, tarifnya naik menjadi Rp5000. Pantai Pulau Merah letaknya strategis sehingga mudah dijangkau transportasi publik.

Kawah Ijen

tasikzone86.blogspot.com

Kalau bosan dengan wisata pantai, kamu bisa berkunjung ke Kawah Ijen. Panorama di sekitar kawah sangat memesona. Tapi, untuk sampai ke sana, kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Memang cukup melelahkan, namun dijamin kamu tidak akan kecewa ketika tiba di puncak kawah. Warna kebiruan dan kabut putih yang mengepul semakin mempercantik pemandangan.

Cagar Alam Baluran

jelajahtrip.blogspot.com

Padang rumput sabana dapat kamu saksikan di Cagar Alam Baluran. Letak cagar alam ini ada di sebelah utara Banyuwangi. Kawasan Cagar Alam Baluran difungsikan sebagai daerah konservasi bagi hewan dan tumbuhan.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan Cagar Alam Baluran dari menara pengawas yang telah disediakan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kegiatan hewan dan aneka macam tumbuhan dari menara tersebut.

Air Terjun Lider

telusuriindonesia.com

Pesona wisata alam Banyuwangi tidak berhenti sampai di pantai semata. Jauh di kawasan dataran tinggi, ada sebuah air terjun bernama Air Terjun Lider. Keindahan pemandangan di sekitar air terjun itu sudah tersohor hingga ke luar Jawa Timur.

Tinggi air terjun tersebut adalah 60 meter yang letaknya di ketinggian 1300 mdpl. Air Terjun Lider diapit dua tebing jurang yang menjadikannya semakin unik. Kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh untuk sampai ke sana.

Watu Dodol

beautifulbeachindonesia.blogspot.com

Watu Dodol adalah nama sebuah pantai di Banyuwangi. Dinamakan Watu Dodol karena banyak terdapat batu di sepanjang pantai. Keistimewaan Pantai Watu Dodol yakni karena terletak di jalur utama menuju Ketapang.

Dari Watu Dodol, kamu bisa melihat Pulau Bali. Selain itu, di sana juga disediakan motel dan restoran khas Jawa Timur. Lokasi Watu Dodol ini cocok untuk dijadikan peristirahatan sebelum kamu menyeberang ke Pulau Bali.

Pantai Rajeg Wesi

wisatajatim.info

Dalam Bahasa Jawa, Rajeg Wesi artinya pagar besi. Namun, bukan berarti ini adalah pantai yang berisi besi. Rajeg Wesi hanyalah sebuah nama saja.

Pantai Rajeg Wesi terletak di antara bukit-bukit hijau. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan yang menarik. Sampai di pantai, kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih dan air laut nan jernih.

Uniknya, udara di Pantai Rajeg Wesi terasa seperti di pegunungan. Hal itu wajar karena memang letaknya tidak jauh dari gunung. Jika ingin melakukan kegiatan di sana, tidak perlu khawatir karena ombaknya tidak terlalu tinggi.

Itulah tadi 6 tempat wisata di Banyuwangi yang paling memesona. Sempatkan waktu di akhir pekan untuk menikmati keindahan alam Banyuwangi.

Tinggalkan komentar