Pesona Tempat Wisata yang Ada di Indonesia

TEMPAT WISATA DI INDONESIA – Banyak orang yang memilih berlibur ke luar negeri. Entah karena gengsi atau mungkin menganggap bahwa di Indonesia nggak ada tempat wisata yang bagus. Padahal, kalau mau cari tau, di Indonesia ini banyak banget tempat wisata yang indah. Apalagi wisata alamnya, nggak ada duanya deh.

Dari Sabang sampai Merauke nan jauh di sana, tersebar tempat wisata yang memesona. Ada gunung, sawah, laut, pantai, hutan, gua dan keindahan alam lainnya.

Nah, untuk referensi, ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu masukkan daftar kunjungan kamu nih. Jangan lupa dicatat dan sempatkan untuk berkunjung ke sana ya.

Raja Ampat

Raja Ampat
indonesia.travel

Baru-baru ini tempat wisata yang ada di Indonesia bagian timur begitu terkenal namanya. Bahkan, banyak sekali yang membahas tentang keindahan tempat ini, namanya Raja Ampat. Sebuah kepulauan yang berada di Papua Barat.

Terkenal karena keindahan bawah lautnya yang memesona. Ada yang bilang, kalau di Raja Ampat ini, berkumpul hampir setengah spesies ikan yang ada di dunia lho. Makanya, mampir ke Raja Ampat, buktikan sendiri keindahan alamnya.

Cukang Taneuh

Geen Canyon
mytravelink.com

Kamu pernah pergi ke Grand Canyon di Colorado? Kalau kamu pernah ke sana, tampaknya harus sedikit kecewa deh karena di Indonesia ternyata ada tempat yang mirip dengan Grand Canyon, namanya Cukang Taneuh. Sampai-sampai ada julukan Green Canyon, saking miripnya mungkin ya.

Cukang Taneuh ini berada di desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat. Kalau dari Pangandaran kurang lebih 30 km. Di sana terdapat aliran sungai Cijulang yang mengalir menembus gua. Pokoknya keren deh tempatnya, buktikan sendiri ya bagaimana indahnya Green Canyon ini.

Taman Laut Bunaken

Wisata Bahari Bunaken
rekimaulana.wordpress.com

Indonesia merupakan surganya wisata bawah laut, salah satunya adalah Taman Laut Bunaken. Letaknya berada di provinsi Sulawesi Utara. Di sana, kamu bisa menjelajah keindahan laut dengan menyelam ataupun snorkeling. Terumbu karang yang masih terawat dan ikan-ikan dari berbagai jenis akan memanjakan kamu.

Yogyakarta

Tugu Jogja
facultyoflawyer.wordpress.com

Salah satu kota yang terkenal akan budayanya adalah Yogyakarta, atau dikenal juga dengan Jogja. Ada yang bilang kalau udah dateng ke Jogja itu pasti kangen pengen balik lagi. Mungkin emang Jogja itu ngangenin, mulai dari budayanya, masyarakatnya atau suasananya. Ada yang beda dengan kota-kota lainnya.

Selain berwisata budaya, di Jogja ada banyak sekali wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, gua, air terjun
atau sungai. Kamu juga bisa mengunjungi candi-candi peninggalan kerajaan Hindu Budha lho. Pokoknya, Jogja itu istimewa.

Gunung Semeru

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Pernah lihat film 5 cm? Nah, di film itu, Gunung Semeru menjadi salah satu seting dalam cerita. Nah, Gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya bernama Mahameru, sebuah nama yang memperlihatkan keindahannya.

Untuk kamu yang suka sekali naik gunung, pasti nggak mau melewatkan Semeru. Keindahan alamnya begitu luar biasa terbaik deh pokoknya. Tapi ada yang harus diingat kalau kamu mau naik ke Gunung Semeru. Jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, itu berlaku juga kalau kamu berkunjung ke tempat lainnya ya.

Gunung Bromo

vianjayatour.blogspot.com
vianjayatour.blogspot.com

Gunung Bromo berada di Jawa Timur, tepatnya di Taman Nasional Tengger Semeru. Gunung dengan pemandangan lautan pasir yang begitu indah. Selain itu, pemandangan saat sunrise-nya itu lho. Sampai banyak orang yang rela bangun pagi terus naik gunung hanya untuk melihat sunrise dari Gunung Bromo. Bukan cuma wisatawan lokal saja, bahkan banyak juga wisatawan mancanegara yang ingin melihat matahari terbit di Bromo.

Danau Toba

Danau Toba Sumatera Utara
indonesiahebat.org

Salah satu danau yang paling terkenal di Indonesia adalah Danau Toba, terletak di provinsi Sumatera Utara. Merupakan sebuah danau vulkanik dengan panjang mencapai 100 km dan lebar 30 km, membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Samosir. Berkunjunglah ke danau ini dan nikmati keindahan alamnya yang hijau dan asri.

Candi Borobudur

 

http://miner8.com/
http://miner8.com/

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di dunia dan termasuk ke dalam keajaiban dunia yang juga di masukkan ke dalam warisan dunia oleh UNESCO. Candi tersebut merupakan kompleks candi Buddha terbesar di Indonesia dan bahkan juga terbesar dunia. Borobudur sangat menarik dengan berbagai macam keindahan budaya masa lampau yang terdapat di dalamnya.

Candi ini memiliki luas sebesar 123×123 meter persegi dan memiliki 10 tingkatan. Selain itu, bentuk bangunan candi tersusun dari balok alam atau vulkanis yang membentuk 72 stupa, 504 arca dan satu stupa induk di bagian atas. Hal yang sampai sekarang masih sangat menarik dan misterius adalah cara melekatkan batu- batu tersebut yang mana dilekatkan tanpa menggunakan pelekat atau semen.

Adapun dinding dari Candi Borobudur dihiasi dengan sekitar 1.460 panel relief yang memiliki panjang masing-masing panel 2 meter setiap reliefnya. Uniknya, Relief tersebut menceritakan berbagai hal mulai dari mengenai tingkatan kehidupan Buddha dan kehidupan masa lampau

Borobudur Temple atau candi Borobudur disebut sebut  sebagai salah satu mahakarya terbesar umat manusia sepanjang sejarah kehidupan. Keindahan susunan balok vulkanik dan pahatan relief pada dinding merupakan sebuah karya seni yang tak tenilai harganya, dan bisa dibilang merupakan sebuah keajaiban. Bagaimana kehidupan zaman dahulu dapat membuat karya semacam itu.

Candi Prambanan

 

http://www.klikhotel.com/
http://www.klikhotel.com/

Selain Borobudur, candi lainnya yang terkenal di Indonesia ialah Candi Prambanan. Tempat wisata sejarah yang satu  ini merupakan  adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan juga telah  ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Berbeda dengan candi Borobudur, candi prambanan merupakan kompleks candi hindu.  

Kedua lokasi candi yang berdekatan, masih dalam satu provinsi, membuktikan bahwa zaman dahulu umat Buddha dan Hindu hidup dengan rukun dan berdampingan. Selain itu, kemegahan kedua candi besar ini juga membuktikan betapa majunya peradaban manusia pada zaman tersebut.

Daerah kompleks candi Prambanan biasa disebut juga dengan candi seribu. Hal tersebut mucul sesuai dengan cerita rakyat yang diceritakan secara turun temurun yaitu mengenai roro jongrang. Namun sebenarnya di komplek candi ini  hanya ada sekitar 240 candi.

Konon dahulunya candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur dan perusak. Berdasarkan prasasti Siwaghra yang saat ini disimpan di Museum Nasional, nama asli dari kompleks candi ini adalah Siwaghra yang berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna Rumah Siwa sang penghancur.

Oleh karena statusnya sebagai candi persembahan untuk Dewa Siwa, candi utama atau induk yang memiliki tinggi 47 meter memiliki nama candi siwa. Candi induk tersebut diapit oleh dua candi yaitu candi wishnu dan trimurti. Uniknya, didalam ketiga candi tersebut terdapat arca masing-masing dewa dan didepan candi terdapat kendaraannya masing-masing.

Selain ketiga candi tersebut, masih terdapat banyak sekali candi lain di kompleks ini. Diantaranya yaitu  yaitu Candi Apit, Candi Patok, Candi Kelir, dan Candi Perwara. Kesemua candi tersebut berdiri tegak  mengelilingi Candi Trimurti.

Didalam keindahan candi tersebut, kalian juga dapat menikmati keindahan cerita didalam relief. Adapun relief di candi ini menceritakan tentang dua kisah fenomenal dalam Hindu yaitu Khrishnayana dan Ramayana. Seni relief ini berada di dinding bagian dalam dari pagar yang mengelilingi Candi Trimurti.

Relief Khrisnayana menceritakan tentang perjalanan hidup Krishna sebagai awatara atau reinkarnasi dari Dewa Wishnu sang penghancur. Sedangkan Relief Ramayana, menceritakan tentang perjuangan Rama yang dibantu oleh Hanoman untuk merebut istrinya, shinta yang diculik oleh Rahwana.

Indahnya Objek Wisata Alam di Tanah Dieng

 

Objek wisata Dieng adalah salah satu kawasan wisata yang direkomendasikan di Jawa Tengah, hal ini dikarenakan objek wisata Dieng tidak hanya memiliki satu atau dua tempat wisata saja, Namun ada beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dalam satu lingkup dan kawasan.

Oleh sebab itu tak heran jika kawasan wisata Dieng selalu ramai oleh pengunjung, baik ramai wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Untuk berkunjung ke wisata ini juga sangat menghemat kantong, harga tiket yang ditawarkan sangat sesuai dengan keuangan masyarakat Indonesia.

Objek wisata di tanah Dieng memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di sana banyak terdapat pegunungan yang sangat indah untuk menyaksikan pemandangan dari dataran tinggi. Selain itu juga banyak telaga yang keindahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Kawasan Dieng ini masuk dalam dua kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan Dieng bisa dikatakan sebagai kawasan gunung api raksasa yang masih memiliki vulkanik aktif.

Berikut adalah beberapa objek wisata yang ada di Dieng:

  • Telaga Warna
telaga warna
elizato.com

Telaga warna adalah sebuah danau yang air telaganya sering berubah warna, oleh sebab itulah dinamakan telaga warna. Air telaganya kadangberubah warna menjadi hijau, kuning, dan pelangi. Terjadinya air telaga yang berubah-ubah ini disebabkan karena telaganya banyak mengandung sulfur sehingga saat tersorot oleh sinar matahari air telaganya menjadi berubah-ubah.

Telaga warna bukan satu-satunya objek wisata di kawasan itu, masih banyak terdapat objek wisata lainnya seperti bukit Sidengkeng, Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Jaran, dan Goa Pengantin. Hal ini lebih memudahkan untuk berkunjung ke banyak destinasi wisata sekaligus dalam satu lingkup wilayah.

  • Telaga Pengilon
telaga pangilon
elizato.com

Dinamakan telaga Pengilon karena airnya sangat bersih dan jernih bisa digunakan untuk bercermin. Pengilon dalam bahasa jawa memiliki arti tempat bercermin. Dinamakan demikian karena di telaga ini setiap orang bisa melihat jatidiri dan lubuk hati yang sesungguhnya.

Jika orang yang bercermin memiliki budi pekerti luhur dan hati yang baik maka orang tersebut akan melihat wujudnya dalam keadan indah dan menawan mencerminkan apa yang ada didalam hatinya.

Tapi jika orang yang bercermin itu memiliki budi pekerti yang tidak baik maka dia akan melihat wujud dirinya dalam keadaan yang tidak baik. Setidaknya inilah mitos yang berkembang dimasyarakat Dieng sampai sekarang.

  • Bukit Sikunir
bukit sikunir
elizato.com

Bukit Sikunir memang tidak terlalu besar, namun kesan saat mengunjunginya akan sulit untuk dilupakan. Banyak yang menyebut Sikunir sebagai surganya sunrise dan landscape bagi para pecinta pemandangan alam.

Dari atas bukit sikunir, selain dapat melihat sunrise setiap orang yang berkunjung juga dapat melihat gunung-gunung yang berderetan, melihat telaga cebong, dan rumah-rumah penduduk.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Sikunir adalah saat musim kemarau agar pemandangannya tidak tertutupi oleh awan, kabut, maupun asap.

Candi Arjuna

 

candi ajuna
elizato.com

Tempat lain yang direkomendasikan untuk dikunjungi di kawasan wisata Dieng adalah Candi Arjuna. Ada empat Candi utama yang ada di komplek ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Namun hanya Candi Arjuna yang memiliki Candi Sarana yaitu Candi Semar.

Di komplek candi ini tidak ada arca seperti candi pada umumnya yang memiliki hiasan-hiasan arca. Karena arca-arca yang ada di komplek candi ini disimpan di museum Kailasayang letaknyadi depan pintu masuk komplek Candi Arjuna.

Itulah beberapa destinasi wisata yang ada di kawasan wisata Dieng. Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi obyek wisata di Dieng, terhitung jumlahnya sampai belasan.

Pulau lombok

 

pulau lombok
keypoo.com

Sepertinya pesona Pulau Lombok tidak jauh berbeda dengan Pulau Bali, bahkan ada yang mengatakan bahwa semua keindahan Pulau Bali ada di Lombok, tapi semua keindahan Pulau Lombok tidak ada di Bali.

Adapun pemandangan di Pulau Lombok memang patut untuk di acungi jempol. Di sisi lain eksotisme dari pulau yang letaknya bersebelahan dengan Bali ini juga akan sangat jika dilewatkan. Nah bagi kalian yang bingun di Pulau Lombok itu ada tempat wisata apa saja, berikut ini saya akan kasih daftarnya :

  • Pantai Kuta Lombok

Siapa bilang pantai kuta hanya ada di Bali, ternyata di Lombok pun juga ada pantai kuta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan keindahannya pun beum terjamah oleh banyak orang.

Secara geografi, letak pantai ini di kelilingi oleh perbukitan-perbukitan. Adapun pantai cantik ini memiliki pantai yang putih yang masih terasa sepi, sehingga bagi siapa saja yang datang ke sana akan merasa seperti pantai pribadi.

  • Pantai Senggigi

Berbicara mengenai tempat wisata di Lombok, pasti semua orang akan tertuju pada pantai senggigi. Keindahannya memang mampu menarik hati para wisatawan. Bahkan akhir-akhir ini sudah banyak para turis asing yang telah mengetahui pantai yang satu ini dan mengunjunginya ketika berada di Pulau Lombok.

Jadi ombak di pantai ini sangat tenang, airnya pun masih terasa bersih dan jernih. Otomatis tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat snorkling ataupun diving.

  • Desert Point

Jika kalian seorang wisatawan yang sangat gemar bermain surfing, Jadi inilah tempat surfing di Lombok yang patut Anda kunjungi. Adapun salah satu tempat surfing paling populer di Indonesia ini juga sudah dinobatkan pula sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas  versi International surfing Association.

Apabila kamu sangat tertantang untuk surfing di Desert Point, maka Anda dapat mengambil rute perjalanan dengan menaiki kapal Ferry dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah Desert Point.

Apabila kamu sudah tiba di Pelabuhan Lembar, kamu bisa melakukan perjalanan ke Desert Point yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan travel atau mobil sewaan dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Di lokasi wisata Desert Point, ada pula pondok-pondok penginapan yang sederhana sebagai tempat penginapan. Bisa dikatakan Desert Point adalah salah satu objek wisata Lombok yang menarik untuk dikunjungi, terutama di kalangan peselancar lokal maupun asing. Di Indonesia, beberapa tempat surfing terbaik dapat ditemui di pantai-pantai yang ada di Nias Sumatera Utara,  Kuta Bali, Plengkung Banyuwangi, hingga Pelabuhan Ratu Sukabumi.

  • Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang dijadikan sebagai tempat wisata di Lombok yang mana sudah resmi ditetapkan statusnya sebagai taman nasional, Jadi gunung ini dijadikan sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah Indonesia dengan karakter hutan hujan pegunungan dan savana.

Adapun luas area taman nasional ini hampir sekitar 40 ribu hektar. Selain itu Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian Utara dengan ketinggian 3,726 meter dpl, merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci.

Apabila kita mendakike sana, di gunung rinjani memiliki kawah yang luas, ada sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak. Berdasarkan keyakinan masyarakat setempat, apabila Danau Segara Anak terlihat luas,  itu bisa menjadi pertanda bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang. Dan sebaliknya apabila tampak sempit, pertanda orang yang melihatnya berusia pendek. Jadi sangat disarankan untuk melakukan bersih diri dan berjiwa tenang sebelum memandang kembali Danau Segara Anak. Namun sisi uniknya teryata danau ini dapat digunakan juga sebagai tempat memancing.

Pulau Komodo

pulau komodo
matajim.com

Pulau yang merupakan pulau di Indonesia yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia pada tahun 2011. Pulau ini teletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini menjadi habitat asli hewan komodo dan merupakan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Secara administratif, pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupatne Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang merupakan ujung paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo terdapat sekitar 1300 ekor komodo yang hidup dan berkembang biak dengan baik. Apabila ditambah dengan pulau lain maka jumlah keseluruhannya mencapai sekitar 2500 ekor.

Selain Komodo, di pulau ini juga terdapat eksotisme flora yang beragam seperti kayu sepang yang oleh penduduk sekitar digunakan bahan pewarna pakaian dan obat. Ada juga pohon nitak ini yang diyakini berguna untuk obat.

Di tahun 198, UNESCO menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia karena dianggap sebagai habitat binatang komodo yang wajib untuk dilindungi.

Apabila ingin trekking, anda bisa menjelajah pulau ini dengan rombongan dan seorang pemandu. Anda bisa menemukan komodo dalam perjalanan yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Pemandu akan membekali anda dengan tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini dipercaya dapat melemahkan komodo saat mulai menyerang.

Cara menggunakannya adalah dengan menekan leher komodo menggunakan ujung tongkat yang bercabang maka komodo akan jinak dengan seketika.

Selain trekking, anda juga bisa menyelam di perairan Pulau Komodo. Tempat ini juga dikenal memiliki keindahan alam bawah laut dan menjadi lokasi menyelam favorit. Juga terdapat Pantai Merah Muda yang merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna kemerahan. Warna merah ini didapat dari serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir. Warna merah tersebut akan semakin terlihat jelas jika terkena air.

Bali

bali
traveloista.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat yang paling terkenal di Indonesia di mata dunia. Bahkan banyak orang luar yang tidak tahu bahwa Bali merupakan bagian dari Indonesia. Di Bali banyak sekali tempat wisata yang luar biasa dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Ini dia tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi saat di Bali.

  • Pantai Kuta

Tempat wisata di Bali yang peling terkenal ini terletak dekat dengan bandara. Sebelum menjadi sebuah pantai seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar. Dengan fasilitas yang sangat lengkap, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

  • Pantai Jimbaran

Pantai ini terkenal dengan kuliner pinggir pantainya. Jadi, bagi anda yang ingin menikmati pantai sekaligus wisata kuliner khas Bali, pantai ini sangat cocok dijadikan sebagi tujuan tempat wisata anda.

  • Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot terdiri dari dua pura yang merupakan tempat pemujaan dewa laut. Keunikannya adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar yang terletak di pinggir laut. Apabila air laut sedang pasang, anda tidak bisa mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu penyangga Pura Tanah Lot digenangi air laut.

  • Pantai Padang Padang

Pantai ini kurang begitu terkenal namun sangat indah dan unik. Pantai ini merupakan pantai kecil yang tersembunyi di balik sebuah tebing yang ada di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat ke Pantai ini, anda harus melewati tangga yang membelah tebing. Sebagian pengunjung pantai ini adalah orang asing karena kurang terkenal.

Tinggalkan komentar