Rugi Banget Jika Kamu Tidak Mengunjungi Tempat Wisata di Lombok Ini

TEMPAT WISATA DI LOMBOK – Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Pulau Lombok. Pulau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan ini menawarkan banyak tempat wisata. Kamu akan dibuat takjub saat mengunjungi tempat wisata yang ada di Pulau Lombok. Bahkan, kamu mungkin akan berfikir untuk tidak meninggalkan tempat wisata yang ada di Pulau Lombok dan ingin berlama-lama disana.

Jika kamu hobi berenang, memancing, surfing dan lainnya, pulau ini menyediakan pantai yang memiliki air yang bersih dan jernih. Bahkan, saking jernihnya airnya, kamu bisa bercermin di air tersebut. Selain itu, ombaknya juga sangat cocok bagi kamu yang hobi surfing. 

Jika kamu hobi melakukan pendakian, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia siap menanti kamu saat berkunjung di Pulau Lombok. Selain itu, apa lagi sih tempat wisata yang bisa dikunjungi di Pulau Lombok? Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Lombok dan bahkan kamu mungkin akan merasa rugi banget jika tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Pura Batu Bolong

alidesta.wordpress.com

Pura batu bolong merupakan sebuah pura yang dibangun di atas batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Batu karang tersebut dibagian tengahnya berlubang. Oleh karena itu, pura ini dinamakan pura batu bolong. Pura batu bolong ini terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura ini berlatar belakang Gunung Agung dan Selat Lombok. Maka tidak heran jika pura ini terlihat sangat indah, terutama pada saat matahari tenggelam.

Gunung Rinjani

anekatempatwisata.com

Siapa yang tidak tahu Gunung Rinjani? Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 3.700 meter ini merupakan ikon wisata di Lombok. Selain menjadi ikon wisata di Lombok, gunung ini juga menjadi gunung favorit bagi para pendaki. Karena Gunung Rinjani ini dianggap sebagai gunung yang memiliki pemandangan terindah di Asia.

Taman Narmada

www.jayanjayan.com

Setelah membahas tentang Gunung Rinjani, kali ini kita membahas tentang replika Gunung Rinjani. Apa ada replika Gunung Rinjani? Ternyata, di lombok juga terdapat replikanya Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram.

Nama replika Gunung Rinjani adalah Taman Narmada. Taman ini dikatakan replika Gunung Rinjani karena desain taman ini dibuat mirip dengan Gunung Rinjani.

Taman Narmada ini didirikan oleh Raja Mataram pada tahun 1727. Tujuan didirikannya taman yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini adalah sebagai tempat upacara dan istirahat. Namun saat ini, Taman Narmada ini beralih fungsi sebagai tempat wisata.

Air Terjun Sendang Gile

www.triptrus.com

Air Terjun Sendang Gile ini terletak di Desa Senaru, sekitar 60 km dari kota Mataram. Air terjun ini merupakan pintu awal saat masuk di kawasan Gunung Rinjani. Jadi, jika kamu mendaki Gunung Rinjani, kamu akan melewati air terjun ini.

Pantai Sire

lombokgreennature.blogspot.com

Pantai Sire merupakan pantai yang terletak di Lombok Utara, sekitar 35 km dari Kota Mataram. Pantai yang memiliki garis pantai hampir 4 km ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bermain kano, snorkeling, hingga memancing.

Pantai Tanjung Aan

caderabdul.wordpress.com

Satu lagi pantai di Lombok yang patut kamu kunjungi, yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan ini letaknya dekat dengan Pantai Kuta Lombok. Jadi, kamu bisa langsung mengunjungi Pantai Tanjung Aan setelah kamu mengunjungi Pantai Kuta Lombok.

Danau Segara Anak

Gambar Danau Segara Anak
www.indonesia.travel

Danau Segara Anak merupakan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat kamu liburan di Pulau Lombok. Danau ini masuk dalam kawasan Gunung Rinjani, tepatnya di kawah Gunung Rinjani. Selain kamu dapat menikmati pemandangan di sekitar Danau Segara Anak, kamu juga bisa memancing di danau ini. Menyenangkan, bukan?

Gili Trawangan

Gambar antai wisata Gili Trawangan di Lombok
gosocio.co.id

Kelebihan dari Gili Trawangan dibanding pantai yang lain adalah dapat menikmati keindahan sunset dan juga sunrise-nya sekaligus. Hal ini karena Gili Trawangan mempunyai pantai yang menghadap ke timur dan menghadap ke barat, dan jaraknya pun tidak terlalu jauh. Sehingga sunrise ataupun sunsetnya dapat dinikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan ini tidak ada kendaraan bermotor, sebab tidak diperbolehkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang biasa digunakan adalah sepeda. Masyarakat setempat banyak yang menyewakan sepeda untuk para wisatawan, selain sepeda juga ada kereta kuda sederhana yang biasa dijumpai di Lombok.

Di Gili Trawangan ini juga dapat menyaksikan kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang umumnya dipertontonkan di area sekitar pasar seni Gili Trawangan. Dan kegiatan yang paling favorit dari para wisatawan di Gili adalah Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.

Berikut adalah beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan:

  • Berenang

Sangat disayangkan sekali jika berkunjung ke pantai Gili Trawaangan yang jernih namun tidak dimanfaatkan untuk berenang. Di pantai ini bisa berenang sesuka hati dan bermain-main dengan jernihnya air hijau. Namun perlu diingat, jangan sampai terlalu jauh berenang ke tengah apalagi sampai melewati batas rambu-rambu yang telah ditetapkan sebab bisa membahayakan.

  • Menyelam

Jika sudah memiliki seritifikat menyelam, sangat dianjurkan untuk mencoba aktivitas diving di pantai karena betapa indahnya kehidupan bawah laut disana. Dengan menyelam akan bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang nan indah.

  • Water sport

Masih ada lagi aktivitas lainnya yang masih berhubungan dengan dunia air. Jika ingin bermain air tetapi tidak terlalu berbasah-basahan, pengunjung bisa naik banana boat, jet sky maupun yang lainnya.

  • Bersepeda

Bersepeda santai di pagi hari dan sore hari di Gili Trawangan juga dapat membuat hari-hari berlalu dengan indah. Para pengunjung bisa bersepeda menyusuri area tepi pantai sekaligus menyaksikan pemandangan deburan ombak. Dengan sesekali menuntun sepeda dan menunggu sunrise atau sunset tentunya akan jadi lebih menyenangkan. Udara segar yang bebas dari polusi semakin membuat pengunjung lebih santai saat mengendarai sepeda serta benar-benar merasakan alam.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak ada salahnya jika berlibur juga sekaligus membiasakan berjalan kaki. Para pengunjung bisa berjalan kaki menuju pantai serta menyusuri tepi pantai.

  • Naik Cidomo

Jalan-jalan berkeliling Gili Trawangan di sore hari menggunakan cidomo adalah hal yang sangat menyenangkan. Para pengunjung bisa bersantai serta menikmati pemandangan pada sore hari di atas kereta kuda dengan keluarga dan sahabat anda.

  • Berfoto

Sesi foto-foto juga suatu aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan. Memang iya dari sekian aktifitas yang ada, berfoto menjadi tidak terlalu penting bagi yang tidak suka narsis di hadapan kamera. Tapi foto ini akan terasa berguna setelah pengunjung meninggalkan tempat wisata ini.

  • Berkuda

Di Gili trawangan juga terdapat istal tempat untuk pacuan kuda, yang terkenal adalah sunset stables dan stud tables. Berkendara dengan kuda di tempat seindah Gili Trawangan tentunya akan sangat menyenangkan. Jika ingin berkuda pengunjung harus membayar Rp.250.000/ jamnya.

  • Berwisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika hanya menikmati pemandangan alamnya saja tanpa mencoba makanan khas yang ada di Gili Trawangan. Sesekali mampir dan jalan-jalan ke kafe untuk berburu kuliner lezat di tempat ini. Banyak kafe yang memang menjual makanan asing, diantaranya adalah menu makanan dari cina, menu makanan dari amerika, dll. Namun jika tidak suka dengan menu makanan itu, jalan-jalan di tempat yang banyak pedagang kaki lima bisamenjadi solusi. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan es krim, jus, rujak, maupun makanan lainnya.

Pantai Senggigi

pantai senggigi
roompoetry.blogspot.com

Pantai Senggigi adalah salah objek wisata yang sangat populer di Lombok. Letaknya berada di sebelah barat dari pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tak sebesar Pantai Kuta yang ada di Bali, namun saat berada di pantai ini akan terasa seperti ada di Pantai Kuta Bali.

Saat memasuki pantai Senggigi, wisatawan akan disapa oleh lembutnya angin yang semilir begitu menenangkan. Pesisir pantainya masih begitu asri, meskipun masih ada sejumlah sampah dedaunan yang agak berserakan karena jarang dibersihkan.

Namun pemandangan di bawah lautnya begitu indah, dan wisatawan pun bisa melakukan snorkeling sepuasnya sebab ombak disana tidak terlalu besar. Terumbu karang yang menjulang ketengah menjadikan ombak yang besar pecah di tengah. Selain itu, disana juga tersedia hotel-hotel yang harga bervariasi, baik dari yang mahal sampai hotel harganya ekonomis.

Pantai Sekotong

Gambar pantai sekotong tempat wisata di lombok
wisatamuda.com

Daerah Sekotong merupakan daerah yang sangat indah bagi para pecinta keindahan bawah laut, sebab tempat ini mempunyai terumbu karang yang jarang tersentuh serta masih alami, sehingga tidak heran jika pantai sekotong ini memiliki keindahan alam bawah laut yang begitu menakjubkan dengan terumbu karangnya yang masih utuh dengan penghuni bawah lautnya.

Pantai Sekotong merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Pulau Lombok. Pantai ini berada di Kabupaten Lombok Barat, lebih tepatnya berada di Kecamatan Sekotong. Dan jika diukur dari Kota Mataram, maka jarak pantai ini kira-kira 60 kilometer. Untuk menuju ke pantai ini dapat ditempuh menggunakan minibus atau sejenis angkutan umum kira-kira 1,5-2 jam. Selain dapat dilalui dari Mataram, bisa juga dilalui dari Pelabuhan Nusa Penida dengan menggunakan perahu sewaan, perjalanan dilakukan dari Nusa Penida-Sekotong yang memakan waktu sekitar tiga jam.

Pantai di Sekatong ini banyak dikelilingi oleh kawasan perbukitan melingkar yang tidak jauh dari pinggiran pantai. Lautnya memiliki air yang cukup biru dengan pantainya yang berpasir putih. Pantai Sekotong ini masih natural dan asli, bebas dari polusi serta belum banyak dijamah oleh manusia. Meskipun begitu kini mulai banyak dibangun sarana akomodasi seperti penginapan dan hotel.

Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak
wonderfullomboksumbawa.blogspot.com

Pantai Selong Belanak adalah salah satu dari wisata pantai yang ada di Lombok. Pantai Selong Belanak berada di Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki pasir putih dan bersih. Butiran pasirnya begitu halus dengankeunikan saat terkena air laut pasirnya akan mengeras. Oleh sebab itu, para pengunjung dapat melihat sejumlah kendaraan lalu lalang yang melewati bibir pantai.

Di dekat pantai Selong Belanak ini juga banyak terdapat tempat penginapan yang bisa dipilih, ada banyak hotel hotel murah di Mataram. Di pagi hari setelah sarapan para wisatawan bisa langsung berangkat menuju pantai Selong Belanak. Apabila ingin menginap di area sekitar Selong Belanak ada beberapa hotel yang bisa jadi pilihan seperti Aerotel Tastura Lombok, Aerotel Mandalika Hotel, Kuta Paradise Lombok, Kuta Cove Hotel atau Novotel Lombok Hotel.

Pantai Kerandangan

pantai kerandangan
hellolombokku.com

Pantai Kerandangan ini terletak di sebelah utara Pantai Senggigi. Tak hanya indah di masyarakat sekitar kota Mataram, beberapa kalangan masyarakat lombok  serta turis asing pun sangat menyukai pantai ini. Disaat hari libur, objek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Namun sayangnya, objek wisata ini terbengkalai telah jatuh ke tangan investor. Oleh sebab itu, pengelola pantai yang mengurusi pantai ini mulai memungut retribusi kepada para pengunjung yang datang  ke pantai ini. Para pedagang pun juga ditarik retribusi untuk setiap bulannya. Dan saat hari libur retribusi akan dinaikkan karena banyaknya masyarakat yang berkunjung ke lokasi ini.

Desert Point Bangko-Bangko

desert point bangko bangko
bluerapture.eu

Desert Point Bangko-Bangko adalah tempat surfing atau beeselancar di Lombok yang sangat layak untuk dikunjungi. Desert Point Bangko-bangko adalah salah satu tempat surfing terpopuler yang ada di Indonesia yang juga dinobatkan sebagai salah satu tempat surfing dengan ombak terganas dari 10 yang ada di dunia versi International surfing Association.

Di Desert Point ini banyak tersedia pondok-pondok penginapan sederhana sebagai tempat untuk menginap para pengunjung. Desert Point adalah salah satu dari objek wisata yang ada di Lombok yang direkomendasikan untuk dikunjungi, khususnya untuk para peselancar.

Selain surfing atau berselancar bisa juga menikmati keindahan alam sekitar dengan menjelajahi hutan yang ada di area sekitar pantai Bangko-bangko. Hutan yang ada di pantai ini adalah hutan Magrove dengan luas sekitar 2.169 hektare. Saa berada di tepi tebing hutan pengunjung akan menemukan sisa runtuhan bekas dari benteng penjajahan Jepang dan alat tempurnya berupa meriam.

Tanjung Bloam

tanjung bloam
wisatadilombok.com

Tanjung Bloam juga salah satu objek wisata di Lombok yang belum begitu dikenal oleh para wisatawan. Akses jalan untuk menuju Tanjung Bloam juga tidak begitu baik. Jalan untuk menuju tempat ini belum beraspal, selain itu juga sering dijumpai pemandangan gersang dan tandus dalam perjalanan saat menuju Tanjung Bloam ini.

Tanjung ini terletak di Lombok bagian selatan, secara administratif sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Barat. Di Tanjung ini, para pengunjung dapat menyaksikan konservasi penyu dengan habitat di sekitar tebing yang berada di sepanjang pantai terbentang dari ujung utara sampai selatan.

Di Tanjung Bloam ini, pengunjung dapat melihat dua tebing dari batu padas yang mengapit pantai. Panorama alamnya begitu indah, para pengunjung dapat menyaksikan hamparan pasir putih serta menyaksikan betapa biru dan jernihnya air laut yang ada di Tanjung Bloam.

Penginapan yang Rekomended Saat Berlibur Ke Lombok

santai beach inn
zoover.com
  • Santai Beach Inn

Santai Beach Inn bisa menjadi pilihan tepat, buat traveler yang menginginkan penginapan keren, nyaman dan murah. Terletak di Jalan Raya Mangsit Batu Layar, Lombok Barat, kecamatan Mataram hotel, ini mendapatkan review yang bagus dari tamu yang pernah menggunakannya. Situs booking online TripAdvisor saja memberinya 4,5 bintang dari total 5 bintang. Tarif yang ditawarkan berkisar antara Rp 120.000 – Rp 360.000 per malam.

  • Hakiki Inn

Jika kita melihat dari segi rating yang diberikan oleh para mantan tamu yang sudah pernah menginap di hotel bersangkutan, adapun Hakiki Inn ini memang layak untuk kamu jadikan pilihan menginap selama liburan di Lombok. Mengapa ? karena dari lima bintang yang tersedia, untuk hotel yang terletak di Jalan Air Terjun ini mendapat review yang cukup baik dengan 4,5 bintang pada situs TripAdvisor. Fantastis bukan !. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh penginapan bertarif mulai Rp 127.000 – Rp 207.00 per malam ini? mungkin kalian bisa langsung melihat di situsnya langsung. Tentu ini sudah menjadi tujuan penginapan utama bagi para wisatawan yang berlibur ke Lombok.

  • Hotel Catur Warga

Penginapan yang rekomended kedua ada Hotel Catur Warga beralamat di Jalan catur Warga No. 10c, Mataram dan bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk menginap di Lombok. Jadi dengan tarif berkisar antara Rp. 100 ribuan -Rp. 300 ribuan kalian sudah bisa menikmati fasilitas yang ada, Hotel Catur Warga menjadi salah satu pilihan penginapan yang murah. Di samping itu, lokasinya juga dekat dengan Bandara Internasional Lombok, yang bisa ditempuh hanya 30 menit perjalanan.

  • Dedy’s Homestay

Tempat menginap yang bernama Dedy’s Homestay mendapatkan nilai bintang 3,5 dalam review di berbagai situs booking hotel online. Jadi hotel ini berada di Jalan Pariwisata, Kuta, Nusa Tenggara Barat atau berada di kawasan Lombok Tengah. Untuk tempat wisata yang lokasina dekat dengan hotel ini adalah Pantai Gerupuk dan Tanjung Aan yang bisa dijangkau dengan berkendara dalam waktu 15 menit.

  • Icha Cottage

Jika kamu ingin penginapan murah di kawasan Gili Trawangan? Icha Inn bisa jasi pilihannya. Adpaun hotel ini hanya berjarak 30 menit dari pelabuhan Bangasal yang memudahkan traveler untuk menjangkau gili-gili yang ada di Lombok.

Berbicara mengenai fasilitas, hotel ini menyediakan 8 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas mini bar, kulkas, tv kabel/satelit, DVD player/CD player, dan ruangan bebas rokok. Pastinya hotel ini menyediakan kamar yang nyaman jika melihat ratingnya di situs booking yang memberinya empat bintang. Pihak hotel mematok tarif menginap per malam di kisaran Rp 165.000 – Rp 350.000 untuk per malam.

  • Hotel Bumi Aditya

TripAdvisor sebagai situs yang terpercaya memberikan rating tiga untuk Hotel Bumi Aditya yang beralamat di Jalan Raya Senggigi, dusun Loco. Adapun hotel tersebut menjual harga per malam sekitar Rp 130.000 – Rp 170.000 , lokasinyapun hanya berjarak 10 menit dari pusat kota dan juga kawasan wisata Candi Batu Bolong. Nah bagi kalian yang tertarik ntuk melakukan pemesanan, kamu bisa mencatat nomor ini, 0370 693336.

Jika kita melihat fasilitas di dalam penginapan, Hotel Bumi Aditya memberikan fasilitas free wifi dan juga lahan parkir yang luas, selian itu ada pula kamar mandi dalam dengan shower, berbagai macam meja tulis, tempat balkon dan ruangan bebas rokok. Masih pula ditunjang dengan fasilitas bersama seperti kolam renang, olahraga air dan taman.

  • Bale Sasak Bungalow

Jadi bale Sasak Bungalow merupakan sebuah penginapan dengan bangunan yang unik menyerupai rumah adat Lombok dan bertarif terjangkau. Tempatnya sendiri berada di Jalan Gili Trawangan sehingga memudahkan para tamu untuk mengakses kawasan-kawasan wisata utama di Lombok.

Adapun penginapan ini memang tersedia untuk memenuhi kebutuhan para backpacker yang suka dengan penginapan minimalis dengan tarif yang murah. Per malamnya para wisatawan yang menginap di bungalow ini traveler dipatok tarif sekitar Rp 85.000 – Rp 166.000 per malam. Di sana tersedia 10 kamar yang siap dipesan baik pemesanan secara langsung maupun online. Jadi apabila tidak ingin kehabisan kamar mending telepon nomor (0370) 653411 untuk memastikan ke pihak terkait.

  • The Wira Cafe and Guest House

Adapun hasil review di berbagai situs pemesanan hotel online seperti Booking dan TripAdvisor memang memberikan The Wira Cafe and Guest House bintang dua  dari total lima bintang. Namun demikian ini bukan berarti bahwa fasilitas yang ada di The Wira Cafe and Guest House jelek. Karena penilaian ini dilakukan oleh orang yang berbeda dari seluruh Indonesia.

Tapi, apabila dilihat dari berbagai ulasan yang dilakukan traveler yang pernah singgah di hotel ini, ada banyak yang merasa puas dengan fasilitas yang diberikan pihak manajemen hotel dengan berbagai alasan. Adapun alasan pertama yang di ungkapkan adalah jika hotel ini terletak sangat dekat dengan Pantai Senggigi. Sebab hotel ini terletak di Jalan Raya Senggigi Km. 8, traveler cuma butuh berjalan 2 menit saja untuk sampai di pinggir pantainya.

Pastinya harga sangat menentukan fasilitas-fasilitas yang ada, Jadi semakin tinggi biaya yang harus dibayar oleh para tamu, jadi umumnya fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh pun bisa berkali lipat. Akan tetapi bagi sebagian besar wisatawan, kenyamanan itu tentunya bukan menjadi faktor utama, yang paling penting mereka bisa mendapatkan tempat penginapan untuk bermalam. Apabila mereka mendapat penginapan yang murah dengan kualitas bagus itu bisa di bilang sebagai bonus. Paling tidak daftar penginapan di atas mendapatkan review yang cukup bagus, jadi kalian pun bisa menginap di tempat yang bisa dibilang nyaman dengan harga cukup ekonomis.

Tinggalkan komentar