Daftar Tempat Wisata di Malang yang Patut Kamu Kunjungi

TEMPAT WISATA DI MALANG – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Malang memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, untuk bisa mengunjungi semuanya tidak cukup sehari atau seminggu. Mungkin, kamu butuh waktu lebih dari seminggu untuk bisa mengunjungi semuanya.

Namun, bagi kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengunjungi semuanya, ada beberapa tempat wisata yang sangat direkomendasikan saat kamu merencanakan liburan di malang. Tempat wisata tersebut antara lain:

Menapaki Kisah Cinta di Coban Rondo

malangonline.com
malangonline.com

Bagi kamu yang pernah mengunjungi Malang, nama Coban Rondo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ya, Coban Rondo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Malang.

Memang, nama dari tempat wisata ini cukup unik, yaitu Coban Rondo. Coban sendiri memiliki arti air terjun, sedangkan rondo berarti janda. Ada kisah tersendiri dibalik nama Coban Rondo.

Menurut sejarah, tempat ini ada karena kisah cinta antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma. Raden Baron Kusuma diceritakan tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono. Pertempuran tersebut disebabkan Joko Lelono naksir berat dengan istri Raden Baron Kusuma.

Kemudian, Joko Lelono berusaha untuk merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun, Raden Baron Kusuma menyembunyikan Dewi Anjarwati di tempat yang saat ini dinaman Coban Rondo. Pada saat itu juga, air terjun baru ada.

Belajar Sambil Makan di Inggil Museum Resto

agushoe.wordpress.com
agushoe.wordpress.com

Dari namanya saja sudah bisa ditebak isi dari museum resto. Ya, museum ini menyediakan restoran di dalamnya. Jadi, jika kamu lapar saat melihat-lihat apa yang ada di Museum Resto, kamu tidak perlu keluar museum untuk mencari tempat makan. Kamu bisa membeli makanan di dalam museum.

Tengok Kecantikan Air Terjun Sumber Pitu

nahwatour.com
nahwatour.com

Melihat satu air terjun saja sudah takjub, apalagi jika melihat tujuh air terjun sekaligus di satu tempat pariwisata. Tentu akan dibuat terkagum-kagum.

Nah, menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus bukanlah hal yang mustahil. Kamu cukup mengunjungi Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Air Terjun Sumber Pitu menawarkan pemandangan alam dengan kecantikan luar biasa. Gak percaya? Datang saja sendiri.

Menikmati Keperawanan Pantai Sipelot

surabaya.panduanwisata.id
surabaya.panduanwisata.id

Kebanyakan orang akan mengunjungi tempat wisata yang banyak pengunjungnya. Mereka beranggapan bahwa tempat wisata yang banyak pengunjungnya berarti tempat wisata tersebut sangat menarik untuk dikunjungi.

Hal ini bisa benar dan bisa juga salah. Karena ternyata di Malang ada sebuah pantai yang indah, namun jarang dikunjungi oleh orang banyak. Sehingga, patai tersebut dijuluki pantai perawan. Padahal, sebenarnya pantai tersebut bernama Panta Sipelot.

Pantai Sipelot atau Pantai Perawan ini terletak di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih. Keindahan tersebut menjadi magnet kuat yang dimiliki Pantai Sipelot.

Sayangnya, kamu tidak bisa berenang dan hanya bisa menikmati saja karena ombaknya sangat tinggi. Meskipun tidak bisa berenang di sana, tetapi kamu bisa menikmati keindahan dari pantai dan kamu juga bisa menikmati Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter.

Mengunjungi Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya Jawa Timur

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Mungkin di Bali, kamu akan mendengar tempat wisata Tanah Lot. Namun saat kamu berada di Malang, kamu akan mendengar Pantai Balekambang.

Saat kamu mengunjungi Pantai Balekambang, kamu akan teringat dengan Tanah Lot, Bali. Karena pantai ini memiliki kemiripan dengan Tanah Lot, yaitu terdapat pura di tengah laut. Pantai yang terletak 65 KM di Selatan Kota Malang ini memiliki bibir pantai sepanjang 2 km.

Museum Kesehatan Jiwa Malang

kekunaan.blogspot.com
kekunaan.blogspot.com

Jika kamu kuliah dengan Jurusan Kesehatan atau kamu suka dengan hal yang berhubungan dengan kesehatan, kamu bisa mengunjungi Museum Kesehatan Jiwa Malang.

Museum Kesehatan Jiwa ini memiliki berbagai alat-alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Namun, museum ini hanya memiliki sekitar 700 koleksi alat kesehatan. Karena gedung museum masih belum memadai untuk menyimpan banyak peralatan kesehatan.

Museum Angkut

wisata.javaindonesia.org
wisata.javaindonesia.org

Apakah kamu ingin mengetahui sejarah tentang transportasi dari zaman dahulu hingga sekarang? Museum Angkut di Kota Batu malang adalah jawabannya.

Tempat wisata Batu yang terletak di kota Malang ini memiliki konsep yang berbeda apabila dibandingkan dengan museum lain pada umumnya.

Kalau pada museum lain mayoritas menyediakan berbagai benda-benda bersejarah seperti bebatuan di zaman purbakala, ataupun alat makan orang-orang zaman dahulu, atau mungkin juga senjata-senjata perang.

Nah, pada museum yang satu ini, di dalamnya terdapat koleksi-koleksi mobil tua yang autentik banget deh.

Mobil-mobil tua tersebut berasal dari berbagai benua seperti Amerika, Eropa, dan juga Asia kamu bisa menemukannya disini.

Bahkan, kendaraan-kendaraan yang pada zaman dahulu beroperasi seperti kereta yang ditarik oleh kuda, ataupun sapi disini pun juga ada.

Museum Angkut yang terletak di wilayah Malang ini baru saja dibuka pada bulan Maret 2014 yang lalu, dan merupakan satu-satunya museum di Asia Tenggara yang menyajikan tema transportasi.

Pada museum ini pokoknya kamu akan dibawa untuk mengetahui dan menjelajahi sejarah transportasi-transportasi dari segala jenis transportasi pada setiap negara di dunia.

Selain itu, buat kamu yang suka selfie, museum yang satu ini dijamin bakalan cocok banget deh sama kamu, apalagi di alam museumnya juga terdapat berbagai replika bangunan-bangunan terkenal yang ada di seluruh dunia.

Beberapa zona daerah yang ada di museum angkut, diantaranya:

  • Zona Jepang
  • Zona Edukasi
  • Zona Holywood
  • Zona Sunda Kelapa
  • Zona Uni Eropa
  • Zona Gangster & Broadway
  • dan beberapa zona lainnya

Jadwal buka museum angkut mulai dari: 12.00 am – 20.00 pm

Untuk harga tiket masuknya tidak terlalu mahal kok, cukup 60 ribu di hari senin-kamis, untuk hari Jumat-Ahad 80 ribu. Murah bukan?

Kalau kamu pernah dengar pasar terapung yang ada di Kalimantan, di museum ini juga ada loh replikanya. Jadi kalau mau ngerasain gimana suasananya pasar apung, nggak usah deh jauh-jeuh ke Kalimantan. Apalagi disini juga tersedia berbagai makanan khas Indonesia.

Cukup dateng ke museum angkut, kamu jadi ngga perlu jauh-jauh untuk menikmati berbagai kuliner Nusantara yang menggoda. Tertarik untuk mengunjunginya??

Jatim Park 1 Malang

cloudinary.com
cloudinary.com

Nah, kalau wisata yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi kalau kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur, Malang.

Jatim Park adalah salah satu tempat paling favorit untuk di kunjungi oleh wisatawan maupun orang lokal, baik itu ketika masa-masa liburan, ataupun ketika akhir pekan

Jatim Park dibagi menjadi 2 bagian taman bermain, yakni Jatim Park 1 dan 2. Kalau ada yang bertanya lebih seru yang mana, saran kitas sih lebih baik yang ke Jatim Park 1, karena pada taman bermain yang ini terdapat kurang lebih 50 wahana bermain yang mengasyikan yang bisa kamu dan keluarga rasakan.

Misalnya seperti, play gorund, jet coaster, bioskop 3D, remote car, dan masih banyak permainan lainnya yang juga mengasyikan.

Lokasi tempatnya sekitar 20 kilometer dari kota Malang di bagian sebelah barat (yang ke arah Batu).

Salah satu wahana yang paling populernya adalah kolam renang raksasa, yang dilengkapi dengan latar belakang patung Ken Arok, Ken Dedes, dan Mpu Gading.

Kalau kamu ingin belajar tentang pengetahuan, di taman bermain yang satu ini jug tersedia kok Amazing Human Body, Outdoor Science Center, Galeri Nusantara Science Center Kimia & Biologi, dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Untuk jadwal operasi tempat wisatanya, Jatim Park 1 mulai buka setiap hari pada pukul 08.30-16.00 WIB.

Nah, untuk harga tiket masuknya, IDR 60 ribu untuk hari Senin-Kamis, sedangkan untuk selain hari tersebut IDR 80 ribu untuk hari Jumat-Minggu.

Kalau kamu sedang mengunjungi Malang, akan sangat disayangkan kalau kamu sampai melewatkan wahana bermain yang satu ini. Bagaimana anda tertarik untuk berlibur ke Jatim Park 1 ini? Ayo ajak keluarga untuk berlibur ke Jatim Park.

Pulau Sempu

wisata pulau sempu malang
bligum.wordpress.com

Sebelumnya pulau sempu merupakan objek wisata yang jarang terjamah dan kurang dikenal oleh masyarakat. Namun saat ini pulau sempu telah dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi salah satu tujuan wisata Malang.

Keindahan pulau sempu memang menakjubkan, pulau sempu sangat cocok untuk trackking. Bagi anda yang kurang suka dengan trackking mungkin bisa berfikir ulang untuk mengunjunginya, kecuali jika anda memang  sudah mempersiapkan fisik dengan baik.

Kebanyakan tujuan pengunjung yang datang ke pulau sempu adalah ingin merasakan sensasi camping di pantai yang bernama segara anakan. Segara anakan adalah pantai yang letaknya tersembunyi ditengah-tengah pulau dan dikelilingi tebing.

Sekilas, segara anakan ini mirip dengan pantai phuket. Keindahan pantai segara anakan ini telah menjadikan pulau sempu sebagai surganya wisata alam di Malang. Jika anda berkunjung ke pulau sempu atau segara anakan, ingatlah bahwa pulau sempu ini merupakan cagar alam yang wajib dijaga dan dilestarikan. Oleh sebab itu jagalah kebersihannya.

Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung malang
triptrus.com

Pantai Batu Bengkung berada di sebelah selatan pesisir Malang, tepatnya di desa Gajah rejo, kec. Gedangan, Kab. Malang.

Pantai Batu Bengkung menyuguhkan keindahan panorama yang berupa tebing-tebing karang yang begitu indah dan ombak besar ala pantai selatan. Meskipun begitu tempat ini bukan untuk berenang. Tapi keindahan panorama alamnya begitu memanjakan mata dan sangat cocok untuk anda yang suka berfoto-foto.

Satu lagi keindahan yang tak boleh terlewatkan dari pantai Batu Bengkung, yaitu keindahan pemandangan sunsetnya. Pantai Batu Bengkung ini memiliki posisi yang sangat tepat untuk melihat pemandangan sunset, yaitu dengan pesisir yang menghadap langsung kearah barat. Akan semakin indah lagi jika saat airnya sedang surut, anda bisa mengabadikan karangnya sebagai foreground dengan latar matahari terbenam yang indah.

Pantai Bengkung juga menjadi salah satu pilihan wisata camping di Malang. Dengan fasilitas parkir 24 jam, toilet, dan juga warung-warung yang tersedia membuat pantai Batu Bnegkung cocok ini nyaman untuk dijadikan tempat camping.

Masjid Tiban Malang

masjid tiban malang jatim
ngalam.co

Apabila kalian ingin melakukan wisata religi, masjid agung tiban yang berada di kecamatan Turen Kabupaten Malang ini sepertinya wajib dikunjungi. Jadi masjid ini memiliki bangunan yang sangat megah dan mewah serta memiliki banyak menara yang di desain dengan ukiran-ukiran dan kaligrafi Arab.

Bangunan utama masjid turen ini total memiliki 10 lantai. Untuk lantai pertama sampai ke 4 biasanya digunakan untuk aktivitas dan kegiatan para santri, kemudian di lantai 6 digunakan seperti ruang keluarga dan di lantai yang lain di isi oleh toko-toko yang menjual berbagai macam pernak-pernik seperti sajadah, tasbih, sarung, jilbab, pakaian muslim dan lain sebagainya.

Adapun untuk naik dan turun lantai masjid juga tersedia lift yang bisa digunakan, untuk menuju ke pintu utama masjid juga terdapat sebuah lorong besar yang di hiasi dengan ornamen lampu-lampu khas timur tengah.

Jadi bisa dipastikan bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di sana akan merasa kagum dengan ornamen dan desain masjid Tiban. Sebenarnya masjid ini telah dibangun sejak tahun 1991, namun pada pembangunan pada saat itu tidak ada perencanaan sama sekali. Sang pendiri hanya melakukan sholat istiqoroh dan dibuatlah sebuah masjid yang sangat megah dengan ukiran kaligrafi dan ornamen khas Arab.

Masjid tiban malang ini juga menyimpan berbagai macam misteri yang sangat terkenal adalah bahwa pembangunan masjid tersebut dibantu oleh para jin. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa masjid tersebut ada secara tiba-tiba. Jadi opini-opini masyarakat seperti di ataslah yang semakin membuat banyak orang ingin mengunjungi dan menyaksikan secara langsung keindahan masjid tiban malang.

Wisata Selecta

wisata alam selecta malang
villahotelbatu.com

Selecta adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan. Wisata alam yang satu ini sebenarnya sudah menjadi tempat rekreasi keluarga sejak tahun 1930an. Adapun wisata alam ini berada di daerah pegunungan sehingga untuk mencapai tempat tersebut kita juga akan disuguhi dengan pemandangan pegunungan yang hijau dan indah.

Selecta juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar karena di sana tersedia berbagai macam permainan anak-anak maupun dewasa, tersedia taman bunga yang luas dan memiliki fasilitas-fasilitas lengkap lainnya.

Untuk kalian yang senang dengan permainan menantang, kalian wajib mencoba bermain outbound yang memiliki berbagai macam halang rintang yang sangat seru. Selain itu harga tiket masuk ke wisata ini juga cukup murah, bahkan jika kalian ingin bermalam atau menginap di area sekitar wisata bisa menyewa hotel bersama keluarga.

Laut Tiga Warna

pantai tiga warna malang
ytimg.com

Siapa yang menyangka jika ternyata Malang juga memiliki pantai yang sangat indah. Salah satu pantai yang populer di sana adalah pantai 3 warna. Ya, untuk bisa liburan ke sana bahkan kabarnya kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu, karena pantai ini ditujukan sebagai tempat wisata dengan tetap mempertahankan ekosistem yang ada di dalamnya.

Jadi pantai tiga warna ini berada di daerah konservasi sendangbiru dan merupakan tempat wisata pantai baru yang ada di Malang – Jawa Timur. Berbicara mengenai tiket masuk ke tempat tujuan wisata kita hanya perlu mengeluarkan uang 5rb, namun apabila kita masih baru pertama kali datang dan sebaiknya menyewa saja seorang guide untuk menemani dan menjelaskan seputar informasi yang belum kita ketahui selam di sana dengan budget 100rb.

Di pantai 3 warna ini juga terdapat banyak toko yang menyewakan kebutuhan snorkling. Karena seperti yang kita tahu bahwa di pantai tersebut memiliki keindahan bawah laut, maka olahraga snorkling menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan

Jatim Park 2

Jatim Park 2
Jatim Park 2

Jatim Park atau Jawa Timur Park adalah tempat rekreasi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Jatim Park terbagi menjadi 2, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Jatim Park 1 menjadi juara 1 dalam kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional yang diberikan oleh Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada hari Jumat tanggal 27 September 2013 di Jakarta.

Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika no.2. Di sini anda bisa menikmati 4 macam wahana, yaitu wahana edukasi, wahana anak, wahana keluarga dan wahana ekstrim. Di dalam wahana edukasi antara lain terdapat Etnik Nusantara, Etnik Papua, Science Centre, dll. Di wahana anak antara lain terdapat Mini Jet, Midi Skater. Di wahana keluarga terdapat Sky Copter dan Galaxy Bumper Car. Yang terakhir di wahana ekstrim berisi wahana-wahana ekstrim seperti Volcano Coaster, Aero Test, dll.

Jatim Park 2 terletak pada lokasi yang berbeda yaitu di Jalan Oro-oro Ombo no.9 Kota Batu, berjarak 750 meter dari Jatim Park 1. Berbeda dengan Jatim Park 1 yang mengusung konsep taman bermain dan hiburan, tempat ini mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa.  Jatim Park 2 ini terbagi menjadi 3 area utama yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Batu Secret Zoo.

Harga tiket masuk ke Jatim Park 1 adalah Rp60.000 untuk hari Senin sampai Kamis dan Rp80.000 untuk hari Jumat sampai Minggu. Sedangkan Jatim Park 2 harga tiketnya Rp75.000 untuk hari Senin sampai Kamis dan Rp105.000 untuk hari Jumat sampai Minggu, sudah termasuk tiket masuk ke Secret Zoo dan Museum Satwa

Eco Green Park

Eco green Park
Eco green Park

Eco Green Park terletak di lokasi Jatim Park 2 yang beralamat di Jalan Oro-oro Ombo no.9. Eco Green Park adalah tempat wisata bertemakan alam yang akan memberikan pelajaran bagaimana sebagai manusia, kita harus bisa melestarikan alam serta menanfaatkan daur ulang menjadi bentuk baru yang berguna.

Harga tiket masuk ke Eco Green Park adalah Rp40.000 untuk hari Senin sampai Kamis dan Rp60.000 untuk hari Jumat sampai Minggu. Wahana unggulan yang terdapat di sini di antaranya adalah Jungle Adventure, Rumah Terbalik dan replika candi-candi terkenal yang ada di Indonesia.

Eco Green Park memiliki visi membangun objek wisata yang memiliki nuansa alam hijau dan segar, berwawasan pendidikan baik yang berorientasi pada pendidikan lingkungan maupun pendidikan teknologi terbarukan, tersedianya pendidikan konservasi satwa dan tidak meninggalkan fungsi objek wisata sebagai tempat rekreasi dan hiburan terbaik di Kota Batu.

Batu Night Spectacular

batu
http://www.wisatajatim.info/

Bagi anda yang suka jalan-jalan di malam hari, Batu Night Spectacular dapat menjadi tempat yang sangat cocok untuk anda. Sudah terlihat dari namanya bahwa Batu Night Spectacular akan terasa spektakuler apabila dikunjungi pada malam hari. Gemerlap cahaya warna-warni yang terpasang di sini membawa kesan spektakuler pada tempat ini. Saat di sini, kita akan merasakan suasana pasar malam namun bergaya modern.

Batu Night Spectacular terletak di Jalan Raya Oro-oro Ombo 200 Kota Batu. Buka pada pukul 15.00 sampai 23.00 untuk hari Senin sampai Kamis dan hari Jumat, Sabtu serta hari libur buka sampai pukul 24.00.
Disini anda akan menemukan banyak sekali wahana menyenangkan seperti rumah kaca, Cinema 4D, Magic Bounce, Cray Mentis, Thunder Pary, Avatar, Thunder Party dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Batu Night Spectacular adalah Rp20.000,- sampai Rp25.000,-. Untuk menikmati wahana-wahana di sini anda diharuskan membayar sesuai tarif di masing-masing wahana.

Mata Air Sumber Sirah

http://liburmulu.com/
http://liburmulu.com/

Ingin mencari tempat liburan yang menyegarkan? Kalian dapat mencoba untuk berkunjung ke Sumber Sirah, tempat wisata terbaru Kota Malang yang bisa me-refresh kondisi tubuh.  Mata air yang satu ini berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Karena tergolong baru, tempat wisata ini masi belum banyak diketahui masyarakat. Padahal tempat ini menyimpan daya tarik yang luar biasa. Adapun daya tarik utama dari kawasan wisata Sumber Sirah sendiri adalah kolam pemandian air tawar yang menawarkan kesegaran dan kejernihan airnya. Yang mana kalian dapat dengan bebas berenang di sini.

Tempat ini memiliki kolam pemandian sedalam 1,5 meter dengan kualitas air yang sangat jernih. Kalian juga dapat menikmati pemandangan bawah air yang sangat indah. Air yang jernih memungkinkan kita untuk melihat dasar kolam yang terdapat banyak tanaman-tanaman kecil, bebatuan, dan ikan-ikan. Sungguh pemandangan yang sangat eksotis nan menenangkan.

Kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berkunjung ke tempat ini, kalian hanya perlu menyiapkan uang 20.000-25.000. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian renang yang nyaman agar sensasi berenang semakin menyenangkan.

Untuk akomodasi, kalian dapat menggunakan motor atau mobil pribadi. Karena masih belum tersedia kendaraan umum dengan rute menuju tempat ini. Jika tidak, kalian dapat menyewa motor dari malang. Jika dari arah malang, kalian dapat berkendara menuju ke arah Buluwalang dan pabrik gula Klebet. Kemudian menuju kearah pabrik Pioneer.

Jika kalian ingin libuan ke Sumber Sirah, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum dengan rute menuju tempat wisata terbaru Malang ini. Atau, kalian bisa menyewa sepeda motor dari Malang. Dari arah malang, kalian bisa berkendara menuju ke arah bululawang setelah itu kalian bisa menuju arah pabrik gula krebet dengan mengambil arah lurus. Dari sana nanti kalian akan menemui pabrik Pioneer.

Karena masih baru, belum ada pentunjuk tempat wisata yang jelas. Seletah melewati pabrik pioneer, kalian akan melalui 2 buah pertigaan. Pada pertigaan kedua, kalian belok ke arah kanan dan masuk ke gerbang kecil. Wisata Sumber Sirah tidak jauh dari sana.

Mata Air Kalireco

https://1.bp.blogspot.com
https://1.bp.blogspot.com

Tempat wisata eksotis ini bernama Mata Air Kalireco. Tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata baru di Malang.

Pemandian Kalireco berada di Sumber Waras, lawas, Malang. Awalnya Kalireco bukanlah objek wisata, tempat ini dulunya merupakan pemandian dan irigasi yang dimanfaatkan penduduk setempat.  tempat ini menjadi terkenal dan banyak peminatnya setelah diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat. Memang kalau dilihat sekilas hanya sebuah pemandian biasa, tapi kalau sudah nyebur pasti kamu bakal merasakan sensasi yang luar biasa.

Mata air Kalireco ini menyuguhkan pesona wisata air yang sangat menyegarkan. Jernihnya mata air yang dikelilingi pepohonan rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Hawanya yang sejuk serta terpaan angin yang sepoi-sepoi membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Karena keasrian dan eksotisnya objek wisata inilah, kini banyak traveler dari berbagai kota yang berkunjung ke sana. kebanyakan mereka penasaran dengan tempat yang lagi ngehits di Malang ini. Sekaligus ingin merasakan sejuk dan segarnya mandi di mata air Kalireco.

Walaupun baru, tempat ini bisa disejajarkan dengan tempat-tempat indah lainnya di Malang. Pesona tempat ini membuat siapapun betah untuk berlama-lama di sana. Karena masih baru, Kalian tidak dipungut biaya sedikitpun untuk menikmati tempat wisata ini. Namun, kalian juga dapat menyumbang untuk pengembangan infrastruktur penunjang di tempat wisata ini.

Masak iya sih kamu sudah merasakan segar dan sejuknya tempat ini, lalu pulang begitu saja tanpa memberikan sesuatu yang bisa membantu pembangunan tempat wisatanya.

Bagi kamu yang kangen dengan suasana pemandian yang bisa bikin mood kamu bangkit lagi, kamu bisa cobain berendam di pemandian Kalireco. Ketika kamu menceburkan diri, hawa segar akan langsung menjalar ke seluruh tubuh kamu. Rasa letih dan panas akibat jalan-jalan seharian pun rasanya langsung hilang. Setelah ini kamu bisa langsung kembali ke penginapan untuk istrirahat.

Mengingat pemandian Kalireco masih baru, jadi untuk akomodasi dan fasilitasnya masih sangat terbatas. Untuk itu kalau ingin pergi ke pemandian Kalireco jangan lupa bawa baju ganti ya, soalnya di sana belum ada tempat penyewaan baju. Selain itu kamu juga bisa membawa makanan dan minuman ringan, untuk cemilan kamu di waktu istirahat.

Omah Kayu

omah-kayu-malang
http://infovillabatu.com/

Tempat ini jadi wisata favorit anak-anak muda. Tahu kan kalau anak muda zaman sekarang sukanya foto selfie di tempat-tempat menarik, yang kemudian hasil jepretannya diunggah di sosial media seperti facebook, twitter atau pun instagram. Objek wisata ini jadi ngetren baru-baru ini ya karena view-nya sangat instagramable yang cocok banget untuk foto selfie. Coba lihat foto di atas, bagus banget kan untuk foto-foto.

Bukan hanya buat foto aja ya yang bikin tempat ini recomended untuk kamu kunjungi. Saat duduk di Omah Kayu ini kamu bakal bisa melihat indahnya pemandangan area sawah dari ketinggian. Sejuknya angin khas pegunungan kota Malang juga bisa menambah kedamaian. Cocok untuk kamu yang bosan dengan bising dan ramainya perkotaan.

Kalau kamu penasaran dengan tempat ini, kamu bisa langsung datang ke kota Batu Malang, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 25 kilometer dari pusat kota malang.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil rute ke arah barat jalur Jombang Kediri. Sesampai di desa Pandesari (perbatasan kota Batu dan Pujon), ambil jalur alternatif ke kota Batu yang bernama jalan Klemuk. Kemudian ambil arah kiri untuk menuju lokasi wisata Omah Kayu. Kalau kamu bingung mencari jalan alternatifnya (jalan Klemuk), kamu bisa tanya penduduk sekitar.

Ketika sampai di lokasi Omah Kayu, kamu diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp. 5.000. Pembayaran ini diserahkan ke resepsionis yang berada di dekat pintu gerbangnya. Pembayaran retribusi ini berbeda dengan retribusi masuk wisatanya yang nominalnya sama yaitu Rp. 5.000. Jadi untuk ke lokasi wisata Omah Kayu, kamu cukup menyiapkan budget Rp. 10.000 untuk satu orang. Cukup murah bukan.

Teluk Bidadari

teluk-bidadari
http://ngadem.com/

Bisa dibilang Malang adalah kota seribu objek wisata. meng-eksplore malang tak ada habisnya, kota ini selalu menawarkan objek wisaa baru yang eksotis. Satu lagi objek wisata yang lagi nge-hits di kalangan anak muda. Namanya Teluk Bidadari. Teluk Bidadari terletak di dekat pantai Mbehi, jaraknya sekitar 30-40 menit kalau jalan kaki. Lokasinya di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, Malang.

Teluk Bidadari merupakan genangan berbentuk lingkaran dengan air berwarna biru kehijauan. Kalau kamu pernah ke Angel’s Billabong yang ada di Bali, teluk ini sangat mirip dengan tempat itu. Yah, bisa dibilang Angel’s Billabong-nya malang ya Teluk Bidadari ini.

Keindahan Pantai Lenggoksono dan Banyu Anjlok

dolandolen.com

Pantai Lenggoksono atau yang biasa disebut Banyu Anjlok merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk wilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Agar bisa sampai pantai ini dari Kota Malang kamu bisa menempuh perjalanan dari Kecamatan Dampit menuju Kecamatan Tirtoyudo, kemudian berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi, Desa Tirtoyudo. Dari pertigaan ini lokasi Pantai Lenggoksono masih sekitar 30 km lagi.

Kondisi jalan dari Tangsi Tirtoyudo menuju Lenggoksono Purwodadi sangat bagus beraspal, hanya saja ruas jalan sangat sempit. Sepanjang 30 km itu jalanan berbelok-belok. Ada belokan tajam disertai dengan tanjakan dan turunan yang curam.

Bahkan terdapat jurang curam di sisi kiri dan kanan jalan. Sekitar lima km menjelang masuk Desa Purwodadi kondisi jalan mulai tidak beraturan, namun sejumlah jalan ada yang sudah dicor sampai ke bibir pantai.

Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati keindahan perkebunan cengkeh dengan pohonnya yang tinggi hingga 15 meter. Hal itu tidak mengherankan karena Desa Purwodadi adalah pusat produsen cengkeh terbesar di Malang Raya.

Selain menyimpan potensi ikan bermacam jenis seperti cumi-cumi, lobster, cakalang, layur, dan layar pemandangan pantainya sangat menyejukkan mata. Ada hamparan pasir putih seluas satu kilometer melingkar, dikelilingi dua tebing yang cukup menghijau karena tumbuhan rindang.

Bagi yang suka mancing, Pantai Lenggoksono menawarkan banyak tantangan. Selain tempatnya yang nyaman, ikannya juga banyak. Pantai Lenggoksono sebenarnya memiliki pemandangan yang indah dengan deburan ombaknya saling sahut-sahutan. Banyak batu-batu kecil tersebar di sepanjang tepi pantai.

Sayangnya pantai ini kurang terawat karena masih ada sampah yang bertebaran di tepi pantai. Pantai Lenggoksono tidak hanya menawarkan potensi ikan, tetapi juga menjadi wilayah konservasi lobster pasir, lobster batu, dan lobster mutiara. Kebetulan di bawah Pulau Gadung yang masuk wilayah Pantai Lenggoksono terdapat sebuah goa lobster.

Di goa bawah laut inilah sarang lobster yang oleh masyarakat dan nelayan selalu dijaga dan diawasi dari nelayan nakal yang akan menangkap dengan potasium. Sehingga sampai saat ini goa yang menjadi tempat bertelur lobster itu masih sangat bagus dan terjaga dengan baik. Di pantai ini pun ditunjuk oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan sebagai wilayah ekowisata.

Tidak begitu jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kletekan terdapat sebuah air terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Untuk menuju air terjun yang oleh para nelayan disebut dengan Banyu Anjlok itu, wisatawan harus menempuh jalur laut. Kita bisa menyewa perahu jungkung nelayan untuk mengantarkan ke tempat itu.

Tetapi kita harus ekstra hati-hati ketika mengarungi teluk menuju Banyu Anjlok ini karena ombaknya yang cukup besar. Perjalanan ke Banyu Anjlok membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Keindahan air terjun Banyu Anjlok di Teluk Kletekan ini mungkin tidak ada duanya di Malang Raya.

Air terjun Banyu Anjlok berasal dari sumber air yang berasal dari bukit, lalu mengaliri tebing batu karang setinggi tujuh meter. Air menggerojok tidak dalam satu titik, tetapi menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah. Airnya jernih, bersih dan sangat dingin. Kita bisa berenang atau mandi di air terjun ini.

Bila Anda masih memiliki waktu bisa melanjutkan ke Pantai Bolu-bolu. Pantai ini seperti pantai tidak berpenghuni, maklum sangat jarang orang yang datang ke pantai ini. Meski indah sekali, tetapi untuk menuju ke pantai ini memang harus menyeberang laut, tidak semua orang berani kecuali para nelayan.

Pantai ini dipenuhi pasir sangat putih yang berbeda dengan pantai lain. Ombaknya juga sangat tenang, bahkan air begitu bening sehingga karang-karang bisa terlihat dari permukaan air. Bebatuan karang yang berada di pinggir pantai tersusun demikian rancak dan terstruktur.

Taman Kunang Kunang

hipwee.com

Taman kunang-kunang bisa kamu temukan di sepanjang jalan Jakarta dan simpang Ijen (sekitar kampus Wearness). Taman kunang-kunang ini dibangun atas prakarsa dari PT Bentoel Group melalui dana CSR tahun 2015. Taman kunang-kunang mulai dibuka untuk umum dan diresmikan bersamaan dengan ulang tahun kota Malang yang ke-101 oleh walikota Malang, Moch Anton.

Disebut kunang-kunang karena di arena taman ini dilengkapi dengan 96 lampu LED yang setiap malamnya menerangi kawasan Taman Kunang Kunang. Taman ini dibagi menjadi lima bagian atau plaza. Pada plaza pertama terdapat 18 lampu LED.

Setiap plaza mempunyai jumlah lampu LED yang berbeda dan tatanan tempat yang berbeda pula. Setiap plaza ini dipisahkan oleh jalan setapak. Di sekitar jalan setapak terdapat banyak jenis pepohonan yang sudah diberi tag nama.

Terdapat juga beberapa kursi dan sebua gazebo dengan penutup langit-langit yang bisa membuat kamu betah berlama-lama di taman kunang-kunang ini.

Taman kunang-kunang bisa menjadi tempat pilihan untuk menghabiskan waktu malammu bersama teman-teman. Nuansa lampu LEDnya seolah-olah kamu sedang dilingkupi oleh kunang-kunang.

Taman kunang-kunang terdapat di Jl. Jakarta, Oro Oro Dowo, Klojen, Kota Malang. Taman kunang-kunang ini buka 24 jam. Jadi kamu juga bisa bermain atau bersantai bersama teman-teman di taman ini pada siang hari. Tapi tentunya lebih asyik lagi jika berkunjung pada malam hari karena kamu bisa merasakan nuansa kunang-kunang.

Taman Singha Merjosari

youtube.com

Kota Malang pernah meraih prestasi terabiknya di bidang pembuatan taman kota se-Indonesia pada bulan Februari 2013. Taman sangha merjosari termasuk salah satunya, taman ini dibangun dengan konsep delapan elemen kota hijau. Taman ini mempunyai luas lahan 29.012 m2 dan diharapkan bisa menjadi sarana rekreasi dan edukasi masyarakat.

Pembangunan taman sangha merjosari dimulai pada tahun 2012 dan disempurnakan ditahun berikutnya. Lingkungan sekitar taman sangha merjosari terbilang cukup ramai karena berdekatan dengan akses jalan dari Institut Teknologi Nasional Malang.

Tepat di depan gerbang masuk taman sangha merjosari, kamu akan mendapati warung-warung makan berjajar yang menyajikan aneka makanan khas kota Malang. Saking ramenya taman ini ternyata juga menimbulkan beberapa masalah, diantaranya pengelolaan parker yang belum rapih, masih banyak pengunjung yang parker sembarangan karena memang taman ini hanya menyediakan tempat parker untuk sepeda saja.

Taman Cerdas Trunojoyo

malangtoday.net

Kota Malang memang dipenuhi dengan taman-taman yang indah di setiap sudut kotanya. Salah satu taman yang terkenal di kota Malang yaitu taman cerdas trunojoyo. Taman ini pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 1 Juni 2014 yang diresmikan langsung oleh walikota Malang saat itu, H. Moch Anton.

Lokasi taman cerdas trunojo cukup strategis berada ditengah kota Malang, tepatnya di Jl. Trunojoyo. Taman ini dibangun dengan menggunakan dana CSR dari Bentoel Group, sama halnya dengan taman kunang-kunang. Sesuai dengan namanya, taman cerdas ini mempunyai banyak fasilitas belajar khususnya untuk anak-anak.

Dibangun dengan konsep go green, taman ini cocok kamu bersantai sejenak sambil belajar bersama anak-anak kecil. Taman ini mempunyai luas lahan sekitar 5.840 meter persegi dan dilengkapi juga dengan beberapa pohon penaung untuk menambah kesejukan taman cerdas ini.

Taman cerdas trunojoyo ini terbagi menjadi dua bagian, taman trunojoyo sisi selatan dan sisi utara. Taman cerdas trunojoyo bagian utara dilengkapi dengan beberapa sarana bermain dan belajar untuk anak-anak. Sedangkan taman trunojoyo bagian selatan lebih berfungsi untuk tempat bersantai orang-orang dewasa.

Tinggalkan komentar