Ingin Liburan Menyenangkan? Kunjungi 6 Tempat Wisata di Solo Ini

Solo merupakan salah satu kota yang kukuh melestarikan kebudayaannya. Banyak wisatawan yang terperangah saat mengunjungi kota ini. Pasalnya, selain sarat akan kekentalan budaya dan tata kotanya yang cantik, Solo juga punya segudang obyek wisata menawan.

Nah,bagi kamu yang sedang berencana menghabiskan akhir pekan atau liburan sekolah untuk bertamasya, inilah referensi tempat wisata paling menarik di Solo. Cekidot!

Grojogan Sewu

zonatiketpesawat.com

Grojogan Sewu sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan, traveler dan backpacker. Air terjun yang berlokasi di Karanganyar, Solo ini memang terbilang unik. Di sana kamu akan menyaksikan air terjun dengan ketinggian 80 meter dan memiliki pancuran yang bercabang.

Luas lahan Grojogan Sewu sekitar 20 Ha. Selain air terjun, di sana juga ada fasilitas kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa. Ketika musim hujan tiba, kamu akan melihat seluruh tebing dihujani air terjun.

Belum lagi hutan pinus dan pohon berumur ratusan tahun yang menghiasi alam Grojogan Sewu. Tidak perlu khawatir dengan medan bebatuan dan tebing di sana, karena kamu dapat berjalan di jalan setapak hingga sampai ke tempat tujuan.

Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta

visitcentraljava.com

Sangat merugi jika kamu berkunjung ke Solo namun tidak mampir ke Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta. Wisata sejarah dan budaya akan kamu dapatkan ketika menyempatkan diri ke sana.

Dahulunya, keratin ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram. Tapi, terpecah jadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Baik Kerajaan Surakarta maupun Kasultanan Yogyakarta sampai sekarang masih utuh dan berdiri di kota masing-masing.

Kamu dapat melihat peninggalan kerajaan zaman dahulu di dalam keraton. Pada hari tertentu, biasanya pihak keraton mengadakan upacara adat, seperti sekaten dan arak kebo Kyai malam satu suro.

Waduk Cengklik

myemmolia.blogspot.com

Ingin lokasi wisata terdekat dari Kota Solo? Kunjungi Waduk Cengklik. Kamu hanya butuh waktu perjalanan 30 menit untuk sampai ke sana.

Luas waduk tersebut sekitar 300 hektar. Waduk Cengklik dibangun sejak zaman penjajahan colonial Belanda. Dulu, fungsinya untuk mengairi sawah penduduk. Kini, tak hanya untuk pengairan tetapi juga sebagai tempat wisata yang menarik.

Kamu dapat melakukan banyak permainan air, diantaranya jetsky, memancing dan berlayar dengan perahu. Untuk bisa berkeliling waduk dengan perahu, kamu harus mengeluarkan kocek Rp40.000. Kurang lebih 20 menit, kamu akan diantar mengitari kawasan waduk.

Sempatkan waktu untuk menyaksikan eksotisnya matahari terbenam di ufuk barat. Pesonanya tidak kalah dengan sunrise di pantai.

Kampung Batik Solo

joglosemar.com

Solo merupakan salah satu kota yang tersohor keindahan batiknya. Bagi kamu yang ingin berwisata belanja, cobalah berkunjung ke Kampung Batik Laweyan atau Kauman. Di sana banyak sekali pengrajin batik tradisional khas Solo.

Namun, setelah diperhatikan lebih detil, Batik Laweyan dan Kauman punya perbedaan. Kalau di kawasan Kauman, motif batiknya cenderung gelap. Sementara di Laweyan lebih terang daripada batik di Kauman.

Meskipun demikian, keduanya sama-sama indah dan cantik. Kamu tidak akan rugi jika memilih salah satu atau bahkan keduanya.

Istana Mangkunegaran

jalansolo.com

Satu lagi bekas jejak kerajaan tempo dulu yang dapat kamu kunjungi adalah Istana Mangkunegaran. Jadi, setelah Kerajaan Mataram dipecah menjadi dua, ternyata Kasunanan Surakarta juga terpecah seusai peristiwa perjanjian Giyanti.

Belanda yang licik memecah kerajaan menjadi Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran. Namun, Mangkunegaran tidak bertahan lama. Kini hanya tinggal jejak sejarah saja.

Di istana Mangkunegaran banyak terdapat koleksi barang-barang peninggalan raja zaman dahulu. Meskipun sudah tidak terdengar lagi gaung pemerintahannya, tapi kerajaan yang satu ini tetap dijadikan lokasi upacara adat dan tari beksan.

Pasar Klewer

yogyakartapanduwisata.id

Kamu pasti ingat Pasar Klewer yang terkenal ini. Waktu Jokowi masih jadi Walikota Solo, Pasar Klewer melewati banyak pembenahan. Bahkan tanpa perlawanan dari pedagang pasar.

Ketika berkunjung ke Pasar Klewer, kamu akan menyaksikan lebih dari 2000 pedagang tekstil berjualan setiap hari. Di sana kamu juga akan menemukan batik. Pokoknya, semua barang yang kamu inginkan, semua ada di Pasar Klewer.

Tinggalkan komentar