5 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Menarik untuk Dikunjungi

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat yang sudah sangat terkenal dengan pariwisatanya. Karena memang Dataran Tinggi Dieng menghadirkan berbagai macam keindahan alam yang mungkin tidak bisa kamu lihat di daerah lain.

Kawasan vulkanik aktif ini secara admistratif terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Di tempat ini, banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, baik tempat wisata yang dikelola oleh Kabupaten Banjarnegara maupun pariwisata yang dikelola oleh Kabupaten Wonosobo.

Langsung saja, berikut ini tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng yang berhasil kami rangkum.

Bukit Sikunir Dieng

ariffst.wordpress.com

Keindahan matahari terbit tidak bisa dipungkiri. Bisa dikatakan kebanyakan orang akan mengamini bahwa matahari terbit sangat menarik untuk disaksikan. Apalagi jika lokasinya sangat cocok untuk menikmati matahari terbit.

Nah, di kawasan Dataran Tinggi Dieng terdapat lokasi yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit. Lokasi tersebut bernama Bukit Sikunir Dieng. Bukit Sekunir Dieng ini terletak di Desa Sembungan.

Kamu bisa datang di desa tersebut dan menyaksikan keindahan matahari terbit. Sebagai bocoran saja bahwa waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit adalah pada bulan Juli hingga Agustus.

Karena pada bulan tersebut merupakan musim kemarau dan langit terlihat bersih. Sehingga kamu tidak ada penghalang untuk menyaksikan matahari terbit.

Kawah Sikidang

www.travelmatekamu.com

Karena Dataran Tinggi Dieng merupakan gunung api raksasa yang masih aktif, maka kamu bisa menemukan kawah di Kawasan Dataran Tinggi Dieng ini. Kawah tersebut dinamakan Kawah Sikidang. Kawah Sikidang ini memiliki luas sekitar 200 m2.

Kawah ini terlihat sangat aktif karena selalu mengeluarkan gumpalan-gumpalan asap tebal. Sehingga kamu bisa melihat dengan jelas gumpalan-gumpalan asap tersebut. Kamu juga bisa melihat dari dekat.

Namun, kamu perlu hati-hati karena kawah ini mengandung belerang yang tinggi. Makanya di tepi kawah terdapat pembatas demi keamanan pengunjung.

Pendakian Gunung Prau

batcaveminis.blogspot.co.id

Nah, kalo tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka mendaki gunung. Gunung Prau namanya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Hal yang paling populer di Gunung Prau ini adalah bukit teletubbies.

Bukit ini merupakan hamparan padang rumput hijau yang menyerupai dengan lokasi serial anak-anak teletubbies. Oleh karena itu, bukit ini dinamakan Bukit teletubbies.

Candi Arjuna

cerittempat.info

Selain pemandangan alam, Kawasan Dataran Tinggi Dieng juga terdapat candi. Candi tersebut bernama Candi Arjuna. Candi Arjuna ini hanya satu dari beberapa candi yang ada Kompleks Candi Arjuna.

Candi lainnya yang berada di Kompleks Candi Arjuna adalah Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa. Komleks Candi Arjuna ini diperkirakan dibangun pada awal abad IX M.

Sumur Jalatunda

diengmurah.com

Sumur Jalatunda merupakan sumur yang tidak dibuat oleh manusia. Sumur ini merupakan hasil dari fenomena alam. Menurut penelitian, sumur ini terbentuk dari letusan Gunung Merapi yang terjadi jutaan tahun yang lalu.

Kemudian, karena tempat ini berlubang, lama kelamaan terisi dengan air, baik air dari tanah maupun air hujan. Sehingga saat ini tempat ini terlihat seperti sumur. Maka dari itu, tempat ini dinamakan Sumur Jalatunda.

Untuk bisa menyaksikan sumur ini, kamu harus rela menaiki 257 anak tangga.

Gardu Pandang Dieng

pemicuwaktu.wordpress.com

Gardu Pandang Dieng merupakan bangunan yang terletak di tepi jalan Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gardu ini difungsikan untuk melihat keindahan yang dimiliki Dataran Tinggi Dieng. Kamu akan terpesona dibuatnya saat melihat pemandangan Dataran Tinggi Dieng dari Gardu Pandang Dieng ini.

Tinggalkan komentar