in

Tempat Wisata Purwakata Terfavorit yang Sayang untuk Dilewatkan

tempat wisata gunung cupu purwakarta

Tempat Wisata Purwakarta – Siapa yang bilang, kalau Kabupaten Purwakarta tidak punya objek wisata yang mengagumkan. Buktinya seperti yang ditelusuri dan dilansir dari Satujam, banyak objek wisata di Purwakarta yang unik, asri, nyaman, tapi belum terekspos secara luas.

Bahkan keberadaraan dari objek wisata di Purwakarta ini dapat menyaingi objek wisata yang ada di kabupaten-kabupaten sebelah timur dari Provinsi Jawa Barat. Mulai dari Pangandaran, Ciamis, Kuningan, Cirebon sampai Bandung.

Purwakarta berletak di sebelah utara Kabupaten Bandung Barat dan berjarak lebih kurang 80 kilometer di timur Ibukota Jakarta. Kalau kamu sedang mencari tempat liburan di Purwakarta, Satujam rekomendasikan 5 tempat terbaiknya.

Taman Sri Baduga

tempat wisata purwakarta taman sri baduga
travelwisatahemat.com

Liburan ke Purwakarta, tempat pertama yang mesti dikunjungi adalah Taman Sri Baduga yang terletak di pusat kota. Taman dengan air mancur yang dihiasi light effect ini baru saja melewati masa peresmian kedua beberapa bulan yang lalu dan langsung menjadi ikon dari Kota Purwakarta.

Di sekitar air mancur ini, ada Situ Beleud dengan luas sekitar 4 hektar yang semakin mempercantik pemandangan di sekitar air mancur.

Kabarnya, air mancur di Taman Sri Baduga ini disebut-sebut akan menyaingi air mancur Wing of Time yang ada di Singapura. Datanglah di hari Sabtu dan Minggu malam untuk melihat light effect air mancur yang paling keren di Indonesia ini.

Curug Cipurut

tempat wisata curug cipurut purwakarta
dangiangkisunda.com

Curug Cipurut merupakan salah satu air terjun di Purwakarta yang harus masuk dalam daftar kunjungan kamu. Air terjun ini tidaklah terlalu tinggi dan terdiri dari 3 tingkatan, yang tingkat tertingginya berukuran 25 meter.

Akses untuk ke tempat ini tergolong mudah karena para traveler bisa menumpang di angkutan desa atau jalan kaki dari terminal Wanayasa.

Jarak Curug Cipurut hanya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Purwakarta, tepatnya berada di kaki Gunung Burangrang. Traveler yang berlibur bisa bermain air di kolamnya yang alami, yang berada di bawah air terjun, ataupun sekedar refreshing menikmati udara segar pegunungan.

Gunung Cupu

tempat wisata gunung cupu purwakarta
peakery.com

Tidak ada salahnya ketika liburan di Purwakarta kamu bermain ke puncak Gunung Cupu yang letaknya di daerah Anjun, Plered. Gunung ini tidak hanya menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya, tapi juga punya kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub.

Konon, dahulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, lalu bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya dinikahinya. Setelah punya anak, pria tersebut mengembalikan pakaiannya dan bidadari itu pun pulang ke kayangan.

Sebelum kembali ke kayangan, bidadari tersebut meninggalkan cupu tempat perhiasan sebagai pegangan anaknya. Cupu tersebut dipercaya masyarakat masih tertinggal di puncak gunung yang akhirnya dinamakan Gunung Cupu.

Gunung Bongkok

tempat wisata gunung bongkok purwakarta
ngadem.com

Gunung Bongkok ialah destinasi yang cocok untuk dikunjungi oleh para pendaki pemula. Gunung setinggi 875 mdpl ini sangatlah bersahabat untuk didaki dan dipakai sebagai tempat latihan atau pemanasan sebelum melanjutkan pendakian ke jajaran seven summit di negeri khatulistiwa ini. Gunung Bongkok berletak di desa Cikandang, Purwakarta.

Dari puncak Gunung Bongkok, para traveler bisa melihat keindahan waduk Jatiluhur dan juga Gunung Parang. Gunung ini memiliki dua puncak yang bernama Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar.

Traveler yang berlibur paling suka main ke Puncak batu Tumpuk. Hanya saja, puncak ini cuma cukup menampung hingga sekitar 30 orang saja. Di akhir pekan yang ramai, para traveler harus bergantian kalau mau mengambil potret pemandangan alam dari puncak ini.

Gunung Lembu

tempat wisata gunung lembu purwakarta
liburmulu.com

Ingin memotret golden sunrise di Kabupaten Purwakarta? Kalau begitu kamu harus mempertimbangkan Gunung Lembu sebagai tujuan selanjutnya yang wajib dikunjungi. Gunung ini dapat kamu daki lewat desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Gunung ini lumayan bersahabat untuk didaki karena tingginya cuma sekitar 780 mdpl. Yang menarik dari gunung ini ialah suguhan pemandangan yang terhampar di puncak gunung. Kalau berkunjung di pagi hari atau ber-kemping di sana, pesona golden sunrise akan membuat kamu kagum, ditambah lagi dengan indahnya pemandangan waduk Jatiluhur yang menghampar luas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Tempat Wisata Batam yang Wajib Kamu Kunjungi

teknik bulutangkis

Berbagai Teknik Bulutangkis Memegang Raket, Pukulan, Footwork, Lengkap Beserta Gambarnya