Berencana Liburan Akhir Pekan? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Surabaya Ini

Surabaya, Surabaya, oh Surabaya. Kota kenangan, kota kenangan, tak akan terlupa. Kutipan syair lagu tersebut menggambarkan betapa Surabaya menyimpan sejuta sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

Kini, kenangan akan sejarah masa lampau terekam erat dalam balutan pariwisata di Surabaya. Inilah 9 tempat wisata di Surabaya yang paling menarik.

Tugu Pahlawan

surabaya.panduanwisata.id

Ingat pertempuran arek-arek Surabaya melawan sekutu pada tanggal 10 November? Bung Tomo adalah pemimpinnya. Peperangan puluhan tahun lalu itu terjadi Jalan Pahlawan (sekarang). Kini, pertempuran-pertempuran tersebut terekam abadi dalam Tugu Pahlawan.

Tugu Pahlawan merupakan salah satu desnitasi wisata menarik di Kota Surabaya. Tugu dengan ketinggian 41,51 meter itu berbentuk seperti paku terbalik. Filosofi yang tersembunyi di balik bangunan tugu tersebut kerap menarik perhatian wisatawan.

Patung Budha Empat Wajah

youtube.com

Apa jadinya jika sebuah patung berwajah empat? Dan itulah yang nampak pada patung budha empat wajah di Kota Surabaya. Patung tertinggi di Indonesia ini memiliki aura eksotis yang menghipnotis ratusan mata pengunjung.

Uniknya, patung budha dikelilingi empat pilar emas dan pilar hijau. Tak heran, banyak kawula muda yang bertandang ke lokasi ini untuk bersua dengan kawan-kawannya.

Monumen Kapal Selam

panoramio.com

Lagi-lagi wisata sejarah mendominasi obyek wisata di Kota Surabaya. Kali ini Monumen Kapal Selam yang menjadi sorotan. Monument tersebut mengingatkan siapapun pada peristiwa KRI Pasopati 410 milik TNI.

Pengunjung yang menyambangi Monumen Kapal Selam berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kapal selam tersebut merupakan salah saut bukti kuat bahwa Indonesia memiliki kekuatan militer luar biasa.

Museum Mpu Tantular

kekunaan.blogspot.com

Surabaya memang sarat akan wisata sejarah dan budaya. Museum Mpu Tantular akan mengantarkanmu pada sejarah kebudayaan Hindu, Budha, Belanda dan Jepang di masa lampau saat berjaya di Indonesia.

Kamu dapat menyaksikan sekitar 15.000 koleksi peninggalan pada zaman itu. Edukasi, budaya dan sejarah, semua ada di Museum Mpu Tantular.

Jembatan Suramadu

agentwisatabromo.com

Jembatan fenomenal yang menghubungkan Madura dan Jawa ini juga menjadi destinasi wisata favorit bagi penduduk Indonesia. Performa Jembatan yang dinamai Suramadu tersebut tidak kalah dengan Jembatan Ampera Palembang.

Dengan panjang 5.500 meter, Jembatan Suramadu memecahkan rekor MURI sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Kawasan Jembatan Suramadu kekinian telah menjadi sentra obyek wisata menarik di Kota Surabaya.

Pantai Kenjeran

jadituris.com

Ingin menikmati suasana pantai di Kota Surabaya? Pantai Kenjeran akan jadi pantai yang apik untuk hari-hari liburanmu. Naik perahu, memancing sampai membeli ikannya, semua ada di Pantai Kenjeran. So, let’s go there!

Rumah Batik

rarakaton.com

Tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke rumah batik di Kota Surabaya. Aneka ragam motif batik dijajakan di sana. Jumlahnya kurang lebih ada dua ribu macam batik.

Bagi kamu yang ingin belajar tentang batik, rumah batik ini cocok sekali. Datang dan sempatkan belanja di rumah batik Kota Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo

auratour-sby.com

Surabaya tak melulu menyajikan wisata sejarah, ada juga wisata alam. Cobalah bertandang ke hutan mangrove Wonorejo. Di sana kamu akan menyaksikan keindahan alam mangrove yang memesona.

Kamu bebas menelusuri hutan mangrove dengan berjalan di atas jembatan yang dibangun di atas air. Kalau lelah berjalan, kamu juga bisa menaiki perahu yang sudah disediakan.

Kebun Binatang Surabaya

kekunaan.blogspot.com

Kota Surabaya mempersembahkan sebuah kawasan wisata edukatif dunia binatang di Kebun Binatang Surabaya. Nah, koleksi binatang di sana termasuk terlengkap di Asia Tenggara, lho.
Untuk masuk ke sana, kamu hanya perlu membayar Rp15.000.

Tinggalkan komentar