Memilih Tenda Untuk Kemah Jangan Asal Pilih

Ketika akan berkemah atau camping kesuatu tempat di alam yang kita tuju, pastinya menyiapkan segala persiapan yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Untuk menyiapkan apa saja yang dibutuhkan pasti sudah jauh-jauh hari.

Dan barang-barang yang akan dibawa tentunya memiliki kualitas terbaik demi kenyamanan saat berkemah. Salah satunya yang paling penting adalah tenda. Tenda yang umum, biasanya menggunakan tenda yang bentuknya seperti camping.

Ketika mempersiapkan tenda berbentuk camping tersebut, kamu harus memperhatikan beberapa hal terkait kualitas yang ada pada tenda camping. Jangan asal pilih tenda, karena hal tersebutdemi kenyamanan ketika kamu saat berkemah.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan memilih tenda:

Tinggi Tenda

beritawowbaru.blogspot.com
beritawowbaru.blogspot.com

Pertama yang dibahas adalah tinggi tenda, untuk tingginya yang rendah saja. Kenapa? Karena untuk berkemah di dataran tinggi sudah pasti terdapat angin kencang yang bertiup dari segala arah, tujuan tersebut untuk menghindari terjadinya terjangan angina kencang saat berkemah.

Bahan Tenda

..

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Bahan tenda ini jika kamu ingin berkemah di tempat yang tinggi, pilihlah bahan yang terbuat dari nylon, polyester atau bahan yang berkualitas menengah ke atas. Jangan pilih bahan tenda yang terbuat dari katun, karena di daerah dataran tinggi, kondisi lembap bisa menjadi sangat lembab dan bisa menjadi sangat dingin.

Bobot dan Dimensi

..

rck-adventure.blogspot.com
rck-adventure.blogspot.com

Hal tersebut juga perlu diperhatikan, karena jka kamu ingin berkemah di dataran tinggi tentunya tidak perlu membawa beban yang berat. Pilihlah tenda yang ringan utuk mengurangi beban yang kamu bawa saat akan berkemah. Beda halnya katika kamu berkemah beregu.

Bentuk Tenda

anakrimba46.blogspot.com
anakrimba46.blogspot.com

Bentuk tenda yang kamu perlukan ketika akan berkemah di daerah yang tinggi lebih baik gunakanlah tenda yang berbentuk camping, karena bentuk tersebut dapat terhindar dari tiupan angina kencang. Sebenarnya bentuk tenda camping cocok digunakan di daerah manapun.

Ruang Penyimpanan

www.eaglehill-outbound.com
www.eaglehill-outbound.com

Untuk ruang penyimpanannya, pilihlah ruang yang lumayan lebar, karena hal tersebut bisa untuk menyimpan barang-barang yang anda bawa saat berkemah. Jika perlu juga terdapat teras pada tenda tersebut.

Rangka Tenda

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Rangka yang bagus untuk tenda kamu adalah rangka yang terbuat dari aluminium, karena selain enteng juga lebih kuat saat menyangga tenda. disarankan untuk tidak memilih rangka yang terbuat dari fiberclass, karena bahan tersebut mudah retak dan seringali merusak kain tenda.

Tali Pengencang

www.pikenik.com
www.pikenik.com

Setiap tenda tentunya dilengkapi dengan tali pengencang. Fungsinya untuk menahan tenda saat tenda diterjang oleh angin kencang. Walaupun ada tenda yang tidak terdapat tali pengencang, di sarankan ketika berkemah di daerah tinggi menggunakan tenda yang ada talinya.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa kamu perhatikan ketika akan memilih tenda saat akan berkemah. Mau itu berkemah di daerah yang tinggi maupun berkemah di daerah yang rendah. Semua itu perlu diperhatikan. Jangan asal memilih tenda, kerenasemua itu demi kenyamanan dan keselamatan kamu.

Tinggalkan komentar