in

Teori Terbentuknya Negara

caragigih.id

TEORI TERBENTUKNYA NEGARA – Teori asal negara selain bisa dilihat berdasarkan pendekatan teoritis, bisa juga dilihat berdasarkan proses pertumbuhannya. Asal mula terjadinya keadaan yang dilihat berdasarkan pendekatan teoritis ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

Teori Terbentuknya Negara

teori terbentuknya negara
satuem.com

Teori Allah, menurut teori ini negara dibentuk oleh kehendak Tuhan Semesta Alam (Allah).

Teori Perjanjian, teori yang berpendapat, terbentuknya suatu negara, sebab adanya antar kelompok-kelompok yang berkumpul dan hidup sendiri, kemudian bertemu lalu mengadakan suatu kesepakatan dalam tujuan mengorganisir, suatu organisasi dalam mengatur kehidupan secara bersama.

Teori Kekuatan, kekuatan Tuhan dan, kekuatan ciptaan orang-orang yang paling kuat. Teori Kedaulatan, setelah asal negara ini jelas maka orang tertentu didaulat menjadi penguasa (pemerintah). Berikut teori kedaulatan meliputi:

  • Teori Kedaulatan Allah, menurut teori ini, otoritas tertinggi di negara bagian berasal dari Allah semua.
  • Teori Kedaulatan Hukum, menurut teori ini, hukum adalah ungkapan penghakiman yang terbit dari kesadaran hukum manusia dan hukum itu adalah sumber kedaulatan.
  • Teori Kedaulatan Rakyat, teori ini berpendapat bahwa rakyat berdaulat dan mewakili kekuatan mereka terhadap suatu badan, yaitu pemerintahan.
  • Teori kedaulatan negara, teori ini berpendapat bahwa negara adalah sumber kedaulatan di dalam negara.

Teori asal negara, bisa juga dilihat berdasar proses tumbuh terbagi menjadi dua, dalam arti terjadi dalam keadaan primer dan kemunculan terbentuknya negara secara sekunder.

Asal Mula Terbentuknya Negara

teori terbentuknya negara
MUSLIM MINANG – WordPress.com

Asal mula terjadinya keadaan yang dilihat berdasarkan pendekatan teoritis ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

  1. Teori Allah, menurut teori ini negara dibentuk oleh kehendak Allah.
  2. Teori Kovenan, Teori yang berpendapat, bahwa terbentuk negara sebab antar sekelompok orang yang pernah hidup sendiri, mengadakan kesepakatan untuk mengorganisir sebuah organisasi yang mampu bermasyarakat secara bersama.
  3. Teori Kekuatan, Kekuatan adalah ciptaan orang-orang yang paling kuat dan kuat
  4. Teori Kedaulatan, Setelah asal negara ini jelas maka orang tertentu didaulat menjadi penguasa (pemerintah). Teori berdaulat ini meliputi:
  • Teori Kedaulatan Allah, Menurut teori ini, otoritas tertinggi di dalam negara berasal dari Allah sendiri.
  • Teori Kedaulatan Hukum, menurut teori ini, hukum adalah pernyataan penghakiman yang terbit dari kesadaran hukum manusia dan hukum itu adalah sumber kedaulatan.
  • Teori Kedaulatan Rakyat, Teori ini berpendapat bahwa orang berdaulat dan mewakili kekuatan mereka terhadap suatu tubuh, yaitu pemerintah.
  • Teori Kedaulatan Negara, Teori ini berpendapat bahwa negara adalah sumber kedaulatan di dalam negara.

Kemudian, teori pertama negara, dilihat juga berdasar proses tumbuh yang sudah terbagi dua, yaitu dalam terjadinya situasi primer maupun teori datangnya negara secara sekunder.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai teori terbentuknya negara, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Teks Eksposisi dan Jenis-jenisnya

tujuan demokrasi pancasila

Tujuan Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara Beserta Fungsinya