Cara Sukses Beternak Burung Cucak Ijo

Banyak yang mengira bahwa melakukan ternak cucak ijo adalah hal yang sangat tidak mungkin, hal ini dikarenakan cucak ijo senang di habitat aslinya dan sangat jarang sekali orang yang berhasil menangkarkan burung indah ini. Di dunia ini hampir tidak ada yang tidak mungkin, kamu harus terus mencoba untuk mencapai keberhasilanmu. Sebenarnya memungkinkan sekali untuk beternak cucak ijo, dibawah beberapa tips untuk ternak cucak ijo.

Memilih indukan

www.suggest-keywords.com
www.suggest-keywords.com

Yang paling pening dalam beternak cucak ijo adalah harus menggunakan indukan yang berkualitas. Indukan dengan histori pernah memerankan lomba akan menghasilkan anak – anak yang bagus juga. Dalam memilih indukan pastikan yang jantan berusia diatas 2 tahun sedangkan yang betina diatas 1 tahun sudah cukup. Indukan yang kamu pilih haruslah lincah, sering berkicau, tidak cacat fisik sama sekali dan mempunyai badan yang proporsional besar dan panjang.

Penjodohan

www.omkicau.com
www.omkicau.com

Setelah menemukan indukan yang tepat, saatnya penjodohan. Dalam melakukan penjodohan, kamu akan sedikit kesulitan karena biasanya cucak ijo akan sulit dijadikan satu kandang untuk pertama kalinya. Cara yang tepat untuk melakukan penjodohan dalam ternak cucak ijo adalah memisahkan kedua cucak ijo yang akan dijodohkan kedalam sangkar yang berbeda. Kemudian dekatkan kedua sangkar agar kedua burung cucak ijo saling mengenal. Jika sudah rukun dan cocok dengan ciri – ciri cucak ijo betina mau merespon cucak ijo jantan, kamu bisa menjadikannya satu kandang dengan teknik khusus. Kamu harus membuat sebuah kandang yang terdapat sekat yang bisa dilepas, satukan kedua burung kedalam kandang terpisah antar sekat, ketika sudah tidak ada reaksi saling menyakiti silahkan kamu lepas sekat tersebut.

Kandang

www.youtube.com
www.youtube.com

Ukuran kandang yang paling ideal untuk penjodohan adalah kandang dengan tinggi 2,5 meter dan lebar 3 meter. Didalam kandang beri pepohonan seperti sawo, belimbing atau mangga. Jangan lupa untuk menyediakan tempat pakan, tempat minum, tempat mandi, tangkringan dan juga tempat tinggal yang terbuat dari batok kelapa.

Pakan

Surya-jangkrik-peternakan-jangkrik-tulungagung-4
Pakan dari cucak ijo tidaklah sulit, cukup diberi makan dengan nutrisi yang baik seperti voer, cacing, serangga dan buah – buahan. Lebih bagus lagi jika kamu memberikan vitamin tambahan pada minumannya.

 Ingat, hampir tidak ada yang mustahil didunia ini. jadi kamu harus tetap semangat dan tlaten.

Tinggalkan komentar