Cara Ternak Lovebird yang Benar dan Terbukti Menghasilkan

Ternak lovebird sekarang sedang trend terjadi di kalangan masyarakat. Peminat dari burung love bird sendiri makin hari makin bertambah, baik dari perkotaan atau pedesaan. Burung Lovebird tidak hanya dijadikan sebagai peliharaan atau kicauan saja, banyak yang membudidayakan burung ini karena melihat peluang bisnis yang menggiurkan didalamnya.

Bagi pemula yang ingin berternak burung ini mungkin akan kesulitan dalam menentukan langkah-langkahnya. Selain mengatasi permasalahan yang ada, anda juga harus tahu cara merawat anakan Lovebird jika nanti sudah mulai beranak.

Burung Lovenird bersifat monogami, namun tetap bisa dikembangbiakkan secara poligami. Agar ternak anda berhasil, anda harus tahu langkah-langkah pendukung dalam pengembang biakkan burung ini.

Berikut adalah langkah-langkah dalam berternak Lovebird:

Memilih Jenis Kelamin Jantan dan Betina

Gambar burung lovebird yang bertengger saling berjajaran
barubatu.blogspot.co.id

Salah satu kendala dalam ternak Lovebird adalah memilih/membedakan jenis kelamin burung ini. Ada beberapa cara yang efektif untuk membedakan jenis kelamin dari burung ini, yaitu:

  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina lebih bulat berisi daripada jantan.
  • Jenis Lovebird betina mempunyai tulang panggul yang lebih lebar dari jantan yang berfungsi untuk memudahkan dalam bertelur.
  • Umumnya postur tubuh betina lebih besar daripada jantan, dan ukuran kepala biasanya betina lebih kecil daripada jantan.
  • Pada saat Lovebird bertengger sejajar, antara jantan dan betina bisa dibedakan dengan melihat kakinya. Biasanya Lovebird betina kakinya agak sedikit renggang dibandingkan dengan jantan.
  • Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Karena Lovebird jantan terkadang juga berpasangan dengan jenis jantan yang lain.

Usia Produktif Burung Lovebird

Usia produktif burung Lovebird idealnya adalah satu tahun untuk betina sedangkan yang jantan pada usia delapan bulan sudah siap untuk dikawinkan. Lovebird yang masih dalam usia 8-9 bulan umumnya belum matang alat reproduksinya.

Kandang Untuk Proses Perjodohan

Gambar kandang burung lovebird untuk ternak lovebird
omhoby.blogspot.co.id

Satu pasang Lovebird akan lebih mudah dalam penangkaran dibanding dengan yang dikumpulkan dengan jumlah banyak dalam satu kandang. Ukuran yang ideal adalah 40x40x40 cm sedangkan untuk kandang besi dengan ukuran 50x50x50 cm. Buatkan juga tempat untuk bertelur dengan ukuran 20x20x25 cm.

Siapkan juga bahan sarang dari serutan kayu kering, sobekan kertas dan rumput kering. Dan jangan lupa untuk membuat tempat bertengger sebanyak satu atau dua tangkai.

Mengawinkan Lovebird Jantan dan Betina

gambar burung lovebird yang sedang bercumbu
Satwapedia.com

Setelah sepasang Lovebird jantan dan betina memasuki usia matang untuk dikawinkan, langkah selanjutnya adalah menempatkan sepasang burung itu dalam satu kandang. Sepasang burung ini bisanya akan segera kawin dan akan menghasilkan telur setelah kira-kira antara 4-11 hari setelah terjadi perkawinan.

Proses Pengeraman

Gambar ternak lovebird saat pengeraman
www.aak-share.com

Usahakanlah saat terjadi proses pengeraman lingkungan di sekitar kandang bersih dan steril supaya lovebird bisa lebih fokus dalam mengerami telurnya tanpa adanya gangguan. Selain itu juga jangan sering-sering melihatnya apalagi sampai memegang telurnya.

Tunggu sampai kira-kira 22-25 hari biasanya akan terjadi penetasan. Apabila sampai25-26 hari telurnya belum juga menetas, maka anda harus segera mengambil telur tersebut karena kemungkinan telur itu tidak akan menetas atau biasa disebut dengan istilah kopyor. Hal ini perlu dilakukan agar Lovebird bisa bertelur lagi.

Menyiapkan Makanan Untuk Anakan dan Indukan Lovebird

Gambar ternak lovebird saat pembarian makan
dedirohman111 – WordPress.com

Siapkan makan untuk Lovebird indukan berupa kangkung, biji sawi, milet, tauge, atau jewawut. Hal ini perlu untuk dilakukan karena biasanya indukan jantan akan melolohkan makanan yang dikonsumsinya kepada anak-anaknya yang baru menetas.

Selain itu juga untuk menjaga asupannutrisi dan vitamin agarLovebird tetap terjagakesehatannya. Ada banyak tersedia bermacam macam makanan untuk lovebird anakan yang tersedia di toko-toko penjual makanan burung.

Selain itu bisa juga anda coba makanan seperti bubur bayi yang dicampur dengan air hangat secukupnya setelah anakan lovebird berusia antara 12 sampai 16 hari. Anda bisa menyuapkannya menggunakan sendok kecil atau dengan jarum suntik.

Pemberian makanan usahakan setiap empat jam sekali dan waktunya terserah anda. Setelah anakan Lovebird genap berusia satu bulan anda bisa mencoba melatihnya untuk makan sendiri dengan cara memberi makanan di tempat makanan yang telah disediakan. Makanan yang baik adalah telur rebus, potong-potong sayur dan potong-potongan buah.

Tinggalkan komentar