Ternyata Inilah 5 Cara Simpel Agar Awet Muda

Kerutan pada wajah dan munculnya uban pada rambut kebanyakan menjadi masalah atau kekhawatiran bagi semua orang, terutama bagi kaum wanita. Kebanyakan dari kaum wanita rela menghabiskan harta yang cukup besar untuk melakukan terapi maupun pengobatan-pengobatan untuk menghindari keriput yang sebenarnya sudah wajar terjadi pada usia senja.

Tanda-tanda penuaan biasanya disertai dengan tumbuhnya uban, kulit keriput dan pikun. Rata-rata penuaan ini terjadi pada seseorang yang berusia 30-40 tahun. Di masa-masa inilah biasanya muncul kekhawatiran akan mengalami perubahan pada fisiknya.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Diantara tanda-tandanya adalah kesehatan jiwa dan mental. Kesehatan pada mental tersebut karena pengaruh otakk manusia. Otak manusia yang kerap berfikir lama-kelamaan dapat menimbulkan tekanan jiwa dan mental, oleh sebab itu kinerja pada otak semakin lemah dan berdampak pada kejiwaan yang menimbulkan penuaan dini.

Memainkan Permaianan yang Mengasah Otak

omahl4was.wordpress.com
omahl4was.wordpress.com

Diantara permainan yang dapat melatih otak adalah teka-teki, catur dan scrabble. Beberapa permainan tersebut dapat melatih ketajaman otak dan neuron otak. Otak yang selalu terasah akan semakin tajam ingatannya dan akan memunculkan ide dan konsep-konsep yang positif.

Cara melatihnya tidak harus dengan memikirkan masalah-masalah yang berat, cukup dengan permainan yang simpel dan menyenangkan seperti catur dan teka-teki dapat melatih dan memancing otak untuk berfikir positif.

Berpetualangan

puteriputeri.com
puteriputeri.com

Berpetualang ke tempat yang belum pernah dikunjungi dapat menjadikan otak menjadi rilex, apalagi yang kita kunjungi adalah tempat yang sangat indah. Jika otak terasa segar, maka kinerja pada otak akan meningkat. Kondisi otak yang baik dapat mencegah stress, sehingga dapat menghindari penuaan dini.

Selain berpetualang bisa juga joging dengan rutin di pagi hari, hal ini akan membuat jantung kita sehat, selain itu juga melatih otot-otot untuk senantiasa bergerak dan mengencangkan sendi-sendi pada tubuh.

Penuh Nutrisi yang Dibutuhkan Otak

healthytimes.co.id
healthytimes.co.id

Semua makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada otak. Hal ini agar otak dapat bekerja lebih baik. Oleh sebab itu makanan yang bernutrisi juga perlu diperhatikan, karena nutrisi yang baik pada makanan dapat memperbaiki sel-sel dan mencegah peradangan pada otak yang dapat menimbulkan penyakit Alzheimer.

Makanan yang dapat merusak sel-sel pada tubuh biasanya makanan yang mengandung bahan-bahan kimia seperti bahan pengawet, zat pewarna, zat perasa dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung zat kimia akan berdampak negatif seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu untuk urusan makanan alangkah baiknya yang organik.

Melakukan Suatu Hal yang Menantang

blogois.com
blogois.com

Melakukkan suatu hal yang menantang atau kegiatan yang ekstrim dapat menimbulkan efek yang hampir sama dengan berpetualang. Tantangan dapat memacu adrenalin dan berpengaruh terhadap otak.

Otak akan memacu hormon yang ada di dalam tubuh untuk membakar energi menjadi semangat yang positif. Hal ini berdampak pada jiwa yang merasa muda. Sehingga dapat terhindar dari penuaan dini.

Pantang Menyerah Terhadap Usia

www.jenkemmag.com
www.jenkemmag.com

Kadang-kadang umur bukanlah penentu dari perubahan mental maupun fisik seseorang. Banyak yang berusia tua, akan tetapi jiwanya masih tetap bugar dan dapat beraktifitas layaknya orang yang berusia muda.

Hal tersebut karena mereka menerapkan pola hidup yang sehat dan fikiran yang positif dalam keseharian mereka. Oleh sebab itu tidak perlu khawatir akan bertambahnya usia, karena jika jiwa kita terawat dan sehat, maka fisik juga terasa sehat pula.

Tinggalkan komentar