Terowongan Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Terowongan bawah laut menjadi solusi untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas secara efisien dan praktis. Terowongan terkadang juga dibuat dibawah permukaan tanah atau di bawah pegunungan.

Berikut ini beberapa terowongan bawah laut terpanjang di dunia,

 

Seikan Tunnel, Jepang

www.youtube.com
www.youtube.com

Seikan Tunnel memiliki panjang 33,46 mil atau 53,85 KM dengan 23,3 KM berada di bawah dasar laut. Lajur terowongannya berada sekitar 460 kaki di bawah dasar laut dan 790 kaki di bawah permukaan laut.

Seikan Tunnel terletak di bawah Selat Tsugaru yang menjadi penghubung antara Prefektur Aomori di Pulau Honsu Jepang dengan Pulau Hokaido.

Seikan Tunnel menjadi terowongan bawah laut terpanjang di dunia sekaligus sebagai terowongan kereta api terpanjang di dunia.

Channel Tunnel, Inggris & Prancis

http://www.ascenda-mcl.com/
http://www.ascenda-mcl.com/

Tunnel Channel memiliki panjang 50,5 KM atau sekitar 31,4 mil. Terowongan ini menjadi penghubung Folkestone, Kent di dekat Dover Inggris dengan Coquellles, Pas de Calais di dekat Calais utara Prancis. Jadi, Channel Tunnel menghubungkan negara Inggris dan negara Prancis.

Channel Tunnel digunakan kereta berkecapatan tinggu Eurostar untuk mengangkut penumpang. Pada tahun 1996, American Society of Civil Engineers menobatkan Channel Tunnel sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

Shin Kanmon Tunnel, Jepang

http://coolphotojapan.com/

http://coolphotojapan.com/

Shin Kanmon Tunnel memiliki panjang 18,7 KM dan digunakan sebagai jalur kereta api Sanyo Shinkansen, kereta api tercepat di dunia saat ini.

Shin Kanmon Tunnel terletak di bawah Selat Kanmon. Selain digunakan sebagai jalur kereta api, ada juga jalur khusus untuk para pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Tinggalkan komentar