Tidur Ibu Hamil yang Aman

Sesungguhnya tubuh ibu di ciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan bagi janin dalam kandungan. Selama dalam kandungan, keberadaan janin mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas. Kondisi membuat calon bayi selalu merasa nyaman bagaimanapun posisi ibu tidur.

Meskipun demikian, ibu hamil tetap harus hati-hati dalam memilih posisi tidur, terutama ketika memasuki trimester ke dua. Ketika itu ukuran perut semakin membesar seiring dengan pertumbuhan janin.

Cara Tidur Ibu Hamil yang Aman

Anda ibu hamil? Simak ulasan berikut agar tidur Anda nyaman dan janin Anda aman.

Posisi Telentang

Posisi ini hanya berlaku hingga usia kehamilan 16 minggu. Setelahnya, tidak dianjurkanbagi ibu hamil untuk tidur telentang. Ketika posisi tidur telentang Anda akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Posisi ini dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir dan gangguan pencernaan, serta mengganggu pernapasan dan sirkulasi udara. Posisi tidur telentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi telentang sangat tidak dianjurkan.

Posisi Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan tidur dengan posisi tengkurap jika telah memasuki masa kehamilan trimester kedua. Hal ini dikarenakan adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Pada saat itu perut Anda sudah mulai membesar. Anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Posisi Miring

Posisi inilah yang sangat dianjurkan setelah usia kehamilan 16 minggu. Sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Posisi ini memberi keuntungan bagi bayi Anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta.

Anda juga diperbolehkan tidur posisi miring ke kanan. Anda dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman letakkan bantal di antara lutut Anda dan satu di punggung anda. Anda dapat membeli bantal khusus ibu hamil yang dijual di pasaran.

Demikian cara tidur yang disarankan bagi ibu hamil. Apabila Anda terbangun di malam hari dan menemukan ternyata Anda tidur telentang, Anda tak perlu kwawatir. Kembali saja pada posisi miring karena Anda tidak melakukan sesuatu yang mencelakai bayi Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar