Dahsyatnya 7 Tingkatan Neraka Menurut Al-Qur’an

Diriwayatkan oleh Ibnu Mubarak dari Mu’amar, Ketika neraka diciptakan, para malaikat terkejut sehingga hati meraka terasa terbang. Ibnu Wahab dari Zaid bin Aslam meriwayatkan,

Jibril datang kepada Nabi Muhammad ditemani oleh Israfil. Setelah mereka mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad, tiba-tiba Israfil terlihat lunglai serta pucat pasi. Nabi muhammad bertanya “Hai Jibril, kenapa mendadak aku melihat Israfil lunglai dan pucat pasi?” Kemudian Jibril menjawab “Tadi ia sempat melihat kilatan api neraka Jahannam, itulah yang membuatnya terlihat seperti itu.”

Neraka Jahannam

dienull.wordpress.com
dienull.wordpress.com

Neraka Jahannam merupakan tingkatan paling atas. Yakni tempat orang-orang muslim, mukminat, mukminin yang mengerjakan dosa kecil ataupun dosa besar.

Salah satu firmannya berbunyi “….Demi Neraka jahanam di datangkan untuk semua orang walaupun hanya mampir atau lewat  dalam 1 hari

Firman Allah SWT yang lainnya:

Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah sekali bagi Allah.”” (Q.S. An-Nisa’ : 169)

Neraka Ladhoh, Luza

Gadis dan Neraka Jahanam
kisah-yang-penuh-hikmah.blogspot.com

Tingkatan neraka kedua diperuntukkan bagi orang-orang yang mendustakan agama. Salah satu firman Allah SWT berbunyi: ““Sebab itu Kami beri kabar pertakut kamu dengan Neraka Luza (neraka yang menyala-nyala). Tiada yang masuk kedalamnya selain orang yang celaka. Yaitu orang yang mendustakan agama dan berpaling dari pada-Nya“(Q.S. Al-Lail : 14-16)

Neraka Khutamah, Hathamah

gambaran-siksaan-neraka
iskconindonesia.com

Neraka ini berada di tingkatan ketiga, yakni diperuntukkan bagi orang yang lalai hanya memikirkan dunianya tanpa mengerjakan kepentingan atau kebutuhan untuk ibadahnya. Karena hartalah yang membuat orang menjadi durhaka.

Salah satu firman Allah SWT berbunyi: “Tahukah engkau apakah Hathamah itu? Yaitu api neraka yang menyala-nyala yang membakar hati manusia. Api yang ditutupkan kepada mereka. Sedangkan mereka itu diikatkan pada tiang yang panjang“.” (Q.S. Al-Humazah : 4-9).

Neraka Sair

beritaorangkampung.com
beritaorangkampung.com

Tingkatan ke empat adalah neraka Sair. Neraka ini diperuntukkan bagi orang yang tidak mau mengeluarkan zakat atau pun bagi mereka yang mengeluarkan zakat namun tidak sesuai porsinya. Di dalam neraka, mereka buta, pekak serta mempunyai kulit yang tebal seperti Gunung Uhud.

Salah satu firman Allah SWT dalam surat An-nisa berbunyi:

Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair“.” (Q.S. An-Nisa’ : 10).

Neraka Sahkhor, Saqru

yusnizal.blogspot.com
yusnizal.blogspot.com

Neraka Sahkhor diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak mengerjakan shalat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, menyembah selain kepada Allah.

Dalam kitab safina disebutkan “…orang yang tidak melaksanakan sholat dihukumi sebagai hewan yang tidak ada manfaatnya atau tidak ada harganya“.

Salah satu firman Allah SWT dalam surat Al-Mudatsir berbunyi : “Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqru? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat“.” (Q.S. Al-Mudatsir : 40-46)

Neraka Jahim

youtube.com
youtube.com

Tingkatan ke enam neraka adalah neraka Jahim. Neraka ini diperuntukkan bagi orang yang mendustakan agama, yakni orang-orang Islam yang berdosa. Mereka yang mengerjakan apa yang dilarang oleh Allah seperti meminum khamar, berzina, dan lain sebagainya. Selain itu, orang kafir juga dimasukkan ke dalam neraka Jahim.

Allah SWT berfirman: “Dan orang-orang yang kafir dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami, mereka itilah penghuni neraka Jahim“.” (Q.S. Al-Maidah : 86)

Neraka Hawiyah

berjagajaga.wordpress.com
berjagajaga.wordpress.com

Nerakah Hawiyah merupakan tingkatan neraka yang paling bawah. Neraka ini paling keras, diperuntukkan bagi orang yang matinya tidak membawa iman dan islam. Gambaran sekilas neraka Hawiyah yakni apinya hitam yang sebelumya sudah dibakar 1000 tahun lamanya. Disinilah tempat tinggal orang-orang yang berdosa berat seperti Firaun, Abu Lahab, Abu Jahal dan musuh-musuh nabi dan islam yang lainnya.

Firman Allah SWT : ““Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke
neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas“.“ (Q.S. Al-Qoriah : 8-11)

Tinggalkan komentar