Tipe Siswa Saat Ujian, Kamu Masuk yang Mana?

Tipe orang itu pasti berbeda-beda, apalagi seorang siswa yang masih sekolah. Waktu ujian akan menjadi tempat buat kamu untuk memerhatikan teman-temanmu. Nggak usah perhatikan pengawas ujian karena itu nggak terlalu mempengaruhi kamu.

Kalau kamu lihat dengan seksama, lihat deh gaya masing-masing orang. Ada yang dengan tenangnya jalan, ada pula yang grogi karena belum siap dan posisi duduk kurang mendukung.

Nah, ada nih tipe-tipe siswa yang ikut ujian, kamu termasuk dalam jenis siswa yang seperti apa?

 

Pengen Selalu Jadi yang Terbaik

Prestasi Chelsea Fc
2.bp.blogspot.com

Mungkin tipe ini punya masa depan yang cerah. Karena, biasanya orang yang pengen selalu jadi yang paling baik itu persiapannya sangat matang. Dia belajar sudah dari jauh-jauh hari, kalau ngumpulin tugas selalu pertama dan paling tebal makalahnya.

Terus, kalau ujian, biasanya yang ngumpulin pertama kali. Udah gitu jawabannya tebel banget lagi, sampai kertas jawabannya nggak cukup dan harus minta tambahan dari pengawas.

Tapi, ada juga orang yang pengen jadi yang terbaik tapi dengan cara yang kurang baik. Ada yang menghalalkan segala cara demi memperoleh nilai sempurna. Sampai, kalau ada temen yang nyontek, dia pun tega melaporkan, padahal dia sendiri juga nyontek tuh.

Siswa Jenius

Taman Pintar di Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, Indonesia
soloraya.com

Orang kayak gini pasti yang bikin kamu jengkel. Sehari sebelum ujian, dia masih main sama kamu. Bahkan, malam sebelum ujian, teman jenius kamu ini masih begadang main game online bareng kamu.

Pokoknya, hari-hari sebelum ujian selalu dihabiskan bersama kamu. Kalau di dalam kelas, bahkan dia tidur dan nggak pernah ndengerin guru menjelaskan pelajaran.

Tapi, begitu ujian, tau-tau dia selesai paling awal. Udah gitu, ketika nilai keluar, ternyata dia dapat nilai tertinggi. Kamu hanya bisa murung di pojok kelas dengan hasil ujian yang hancur.

Ku Pasrahkan Semua Pada Mu

mazainulhasan1.sch.id
mazainulhasan1.sch.id

Biasanya ada tuh yang sebelum ujian dimulai, teman kamu masih sibuk bolak-balik buku, baca catatan, dan nulis-nulis nggak jelas gitu. Mukanya sih biasa, tapi kayak orang lagi galau. Mungkin karena malamnya, dia nggak belajar dengan serius.

Setelah lembar soal dibagikan, keringat mulai bercucuran. Dibukanya satu per satu lembar soal, kemudian dia menarik nafas yang panjang. Ditutupnya soal, dan dia mulai berdoa dengan khusuk.

Setelah waktu habis, dengan ragu-ragu dia mengumpulkan lembar jawaban. Setelah kamu intip, ternyata hanya terisi nama dan nomor ujian saja. Teman kamu ini memasrahkan hasilnya kepada Tuhan dengan penuh penghambaan.

Selalu Siap

Gaya Rambut Benedict Cumberbatch
i100.independent.co.uk

Tipe siswa seperti ini biasanya datang sebelum ujian dimulai. Kalau teman-teman yang lain mukanya udah lusuh karena begadang. Dia dengan percaya diri jalan tegap dan penuh energi.

Ketika yang lain disibukkan dengan membaca catatan dan buku. Tipe orang yang selalu siap ini dengan tenangnya duduk dan pasang sikap manis. Bahkan, dia mulai menyalakan musik dan mendengarkan sebuah lagu.

Waktu kamu tanya, dia sudah belajar atau belum, dengan mudahnya orang ini menjawab, “Ya, mudah-mudahan apa yang dipelajari keluar semua.” dan kamu pun cuma bisa mengamininya.

Tinggalkan komentar