14 Tips Aman Saat Mudik Lebaran dengan Menggunakan Kendaraan Sendiri

Sebentar lagi menjelang ramadhan, dan kita dipersiapkan untuk menyambutnya. Nah, dikala sesudah melaksanakan puasa penuh saat bulan ramadhan, banyak sekali kegiatan kita yang harus dilakukan setelah selepas hari raya ada juga untuk mempersiapkan mudik ke kampung halaman.

Mudik sendiri sudah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan pada setiap tahunnya. Peristiwa macet adalah hal yang biasa dan bukan menjadi rintangan sekalipun. Bukan jadi perjalanan jadi lebih tidak pendek dibandingkan hari aktivitas setiap harinya. Nah, bagi mereka yang berkeinginan mudik dengan kendaraan pribadi, berikut tips aman yang perlu kita persiapkan agar perjalanan saat mudik nanti menjadi aman dan nyaman. Simak berikut 10 tips yang diberikan satujam untukmu:

 

Buatlah Daftar Barang Bawaan Sebelum Berangkat

www.babatpost.com
www.babatpost.com

Sebelum berangkat mudik, cobalah untuk membuat daftar barang-barang yang nantinya akan dibawa dalam perjalanan nanti. Lakukan pekerjaan sebelum mulai beres-beres rumah. Daftar barang yang akan dibawa akan menimaslisasi kemungkinan akan lupa. Mulailah dengan membuat dari barang-barang yang penting saja, kurang penting dan terakhir tidak penting tidak usah dibawa.

Cek Kondisi Kendaraan

hipwee.com

Kendaraan sendiri bisa diibaratkan sebagai tulang punggung dalam perjalanan. Maka, pastikanlah kendaraan yang akan dipakai untuk mudik, siap untuk digunakan dalam perjalanan jauh nantinya. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi dengan tujuan diperiksa terlebih dahulu secara menyeluruh sebelum berangkat.

Cek Perlengkapan Kendaraan yang Akan Dipakai

www.carmudi.co.id

Memastikan perlengkapan sudah siap itu penting dalam perjalanan jauh, dan kalau bisa pastikan dengan teliti pada kendaraan adakah yang kurang. Ingatlah, jangan sampai ketika terjadi dalam kondisi gawat darurat tidak menemukan sebuah peralatan, seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, roda cadang, dan lain-lain di dalam keandaraan yang digunakan untuk bepergian jauh. Ini akan berakibat fatal dan akhirnya perjalanan tidak sesuai target.

Bawalah Suku Cadang

bengkelhyundaikia.blogspot.com
bengkelhyundaikia.blogspot.com

Hal seperti ini jangan sampai diabaikan sama sekali oleh kita ketika mudik. Kita sendiri juga tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya saat berpegian. Ingatlah pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan beberapa bagian dari sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaranmu.

Kotak P3K

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Di dalam daftar yang sudah ditulis tadi jangan dilupakan soal kotak P3K. Seperti minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala dan lain-lain yang diperlukan ketika perjalanan.

Beberapa yang disebutkan tadi merupakan yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama tersebut. Ingat periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah ada kadaluarsa ataukah tidak. Kalau diperlukan obat-obatan lain, bisa ditmbahkan dalam isi kotak P3K.

Hiburan

rumahceritaanak.com
rumahceritaanak.com

Macet merupakan peristiwa utama yang tidak mungkin hindari dalam perjalanan jauh seperti mudik setelah lebaran. Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk membawa barang-barang yang sekiranya bisa menghibur dari kebosanan ketika mudik. Koleksi kaset, CD, MP3 atau sebuah buku yang pada umumnya jadi teman setia dalam perjalanan.

Sebuah Peta Perjalanan

inovasipintar.com

Banyak perusahaan jasa atau sebuah lembaga institusi swasta yang sudah menyediakan peta jalur perjalanan mudik yang akan dituju. Carilah sebuah refensi di mana bisa mendapatkannya. Pada umumnya peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik dalam perjalanan memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan para pemudik tentunya.

Misal seperti, pom bensin, bengkel, posko lebaran, dan kondisi jalan. Jika tidak menemukan refensi sama sekali maka carilah dengan memakai kecanggihan teknologi saat ini, seperti hp atau gadget lainnya.

Layanan Gratis Otomotif

www.liputan6.com

Layanan gratis otomotif tentu akan membuka posko layanannya dengan cara gratis di sejumlah titik tertentu di jalur perjalanan mudik. Mereka juga biasanya menyediakan juga satu nomor darurat yang dapat dihubungi jika mendapatkan sebuah kendala dengan kendaraan yang sedang dipakai.

Carilah sebuah informasi penting ini di manakah posko-posko itu berada, asalkan dapat dipercaya informasi tersebut.

Baterai dan Pulsa Full

hanyareview.com

Hp atau telepon genggam di era ini tidak luput dari kehidupan kita. Ingat pastikan baterai dan pulsa telepon selulermu dalam kondisi penuh. Janganlah sampai peristiwa yang tidak diinginkan, dalam keadaan darurat telepon genggam tidak bisa dipakai, itu peristiwa yang tidak menyenangkan sama sekali ketika mudik.

Kondisi Tubuh Sehat Ketika dalam Perjalanan

caratono.blogspot.com
caratono.blogspot.com

Tidak hanya kendaraan yang dipakai dan dipersiapkan, kondisi tubuh perlu mendapatkan perhatian juga. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Dalam kondisi fit sebelum awal perjalnan jauh itu sangat diperlukan. Apabila mengantuk, cobalah untuk berhenti dan beristirahat.

Dianjurkan oleh kalangan dokter bahwa para pemudik beristirahat setiap empat jam sekali. Guna untuk menghidari sebuah kecelakaan.

Jangan Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

vibizmedia.com

Setiap rancangan sebuah kendaraan sudah didesain sendiri untuk dapat mengangkut beban atau orang, namun harus sesuai dengan kapasitas masing-masing. Jika mengangkut penumpang melebihi batas maksimum, yang akan berdampak buruk pada keselematanmu saat mudik.

Apabila saat mudik beramai-ramai, namun hanya memiliki satu kendaraan saja, sebaiknya menyewa beberapa mobil yang memenuhi kapasitasnya atau gunakan transportasi umum. Jangan sampai tidak memperhatikan hal seperti ini, meskipun kelihatannya sepele. Sebenarnya ini sangat berbahaya untuk para pemudik.

Bawa Uang yang Cukup

00.-Header-Fakta-Unik-Uangwww.merdeka.com
Lamanya perjalanan menuju kampung lahir, tidak selalu ada sebuah mesin ATM yang dipakai dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu debit atau sebuah kartu kredit. Pentingnya membawa uang tunai yang cukup, dan ini merupakan sebuah yang diharuskan. Sebelum perjalanan jauh, lakukan pekerjaan ringan seperti menghitung kisaran uang yang dibutuhkan nati.

Cobalah untuk membuat perhitungan secara teliti dan terperinci, dengan tujuan agar dapat dengan jelas mengatur keuangan. Hitunglah dari wal pengeluaran besar hingga sampai terkecil juga ada. Seperti biaya parkir dan biaya buang air di tempat WC umum.

Terawanglah kalau saja, jika dalam perjalanan nanti, macet, sedang kelaparan dan tidak ada sebuah makanan yang dimakan. Hanya ada tukang pedagang keliling saja di jalanan. Apakah mungkin membayar mereka tanpa adanya uang tunai? Jadi, hitunglah dan selalu siapkan uang tunai.

Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

bawa bekal
kelanakelapa.wordpress.com

Tidak luput bahwa ketika mudik, dan peritiwa macet. Tentu selalu terjadi dan peristiwa tesebut terjadi di mana-maa, misal di dalam tol, di jalanan panjang dan kosong tanpa ada pemukiman penduduk. Maka, para pemudik sendiri diharuskan membawa persediaan makanan dan minumanan yang cukup. Di lain pihak untuk menghilangkan rasa lapar di perut, makanan dan minuman tersebut berguna sekali untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Apabila dirimu berkendara saat lapar atau haus, dirimu bisa kehilangan konsentrasi dan kemungkinan yang akan terjadi sebuah kecelakaan.

Jangan Ngebut

www.kursusmengemudisurabaya.com

Semua pasti tahu, ketika ingin sampai kampung halaman dengan cepat. Namun itu bukan sebuah keterangan yang dapat membenarkan dirimu dengan cara kebut-kebutan agar cepat sampai. Memang cara kebut-kebutan dan selap-selip, malah akan membahayakan keselamatan kamu dan orang lain.

Sebaiknya kendarai kendaraan dengan baik dan dalam kecepatan yang aman saja.

Untuk bagi penyetir pemula, sebaiknya kuasai dulu arti indikator dashboard mobil. Sebelum mengendarai.

Tinggalkan komentar