Tips Buat Kamu yang Ingin Berwisata ke Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan sebuah kepulauan yang berada dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa dikenal sebagai pulau yang menawarkan sejuta keindahan. Banyak banget wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan Karimun Jawa baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika kamu punya hobi traveling atau berwisata, kita sangat menyarankan untuk berwisata ke Karimun Jawa paling tidak sekali aja. Karimun Jawa sangat recommended untuk para penikmat wisata alam.

Lalu apa saja tips yang harus kamu tau sebelum berwisata ke Karimun Jawa? Yuk kita bahas.

 

Jangan ke Karimun Jawa Saat Musin Hujan Lebat

Hujan
iwradio.co.uk

Jika ingin ke Karimun Jawa, pastikan kamu tidak datang di bulan Januari-Februari. Karena di kedua bulan itu biasanya hujan lebat di sana. Jika hujan lebat, tentu kamu tidak bisa menikmati Karimun Jawa dengan maksimal. Selain itu, bisa jadi kamu akan terjebak beberapa hari di Pulau Karimun Jawa karena buruknya cuaca sehingga kapal tidak berani nyebrang. Sebagian orang menganggap waktu  terbaik untuk berwisata ke sana adalah April s.d. September karena cuaca cukup cerah.

Pelajari Jadwal Penyeberangan Kapal

kapal karimun jawa
wikimedia.org

Kapal penyeberangan ke Karimun Jawa sangat terbatas jumlahnya. Makanya kamu mesti mempersiapkan liburan kamu ke sana jauh-jauh hari. Pesan tiket kapalnya juga jauh-jauh hari. Cari channel agar kamu bisa dapetin tiket kapal sesuai jadwal kamu. FYI, di hari libur tiket kapal bahkan bisa habis sebelum H-90 lho.

Jangan ke Karimun Jawa Sendirian

wisata bareng
ecotourtravel-karimunjawa.com

Solo Backpacking memang aktifitas yang menyenangkan. Kamu bebas melakukan apa saja sesuka hati kamu. Namun tidak begitu jika kamu ke Karimun Jawa. Transportasi di sini cukup mahal. Misal penyewaan kapal, angkutan darat dll. Semua biaya itu akan lebih ringan kalau kamu ke sana bareng teman-teman kamu dengan cara patungan. Atau jika kamu tetap ingin solo backpacking, sejak di kapal penyeberangan kamu harus sudah cari-cari orang yang bisa kamu ajak kerja sama agar pengeluaran kamu lebih murah.

Cari Tempat Nginep yang Sesuai Budget

penginapan karimun jawa
bestwisatakarimunjawa.com

Pilihan penginapan di Karimun Jawa beragam banget. Mulai dari yang harganya puluhan hingga ratusan ribu. Kamu tinggal memilih penginapan yang sesuai dengan budget yang kamu punya. Jika budget kamu minim, carilah penginapan murah seperti homestay. Jangan lupa kumpulin informasi dulu soal penginapan di sana. Gabung di forum atau komunitas yang suka sharing pengalaman mereka ke Karimun Jawa.

Agar Hemat, Beli Paket Makan Hemat dari Homestay

makanan karimun jawa
skyscanner.co.id

Salah satu trik agar hemat adalah membeli paket makan dari homestay-nya. Ajak ngobrol si Ibu atau Bapak pemilik homestay kalau mereka nggak nawarin duluan. Jika kamu ingin makan di luar, siap-siap dengan harganya yang relatif mahal. Atau, kamu bisa bawa makanan sendiri dari rumah. 🙂

Membawa Peralatan Wajib

sandal jepit
slankerindramayu.blogspot.com

Beberapa perlatan yang wajib kamu bawa saat ke Karimun Jawa antara lain:

1. Jaket.
2. Sandal jepit.
3. Obat-obatan pribadi.
4. Sunblock (jika perlu).
5. Sunglasses (jika perlu).
6. Gadget, buat dengerin musik atau main game saat di kapal.
7. Dll yang dirasa perlu.

Pelajari Tour Karimun Jawa

wisata karimun jawa
bluezzz.nl

Mempelajari tour Karimun Jawa sangat penting agar kamu tau kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di sana. Kamu juga akan tau estimasi biaya yang kamu butuhkan selama di sana. Berikut beberapa hal yang perlu kamu tau:

1. Secara umum yang bisa dilakukan di Karimun Jawa adalah aktifitas mengelilingi pulau-pulau cantik, menikmati pantai-pantai indah dan menikmati indahnya alam bawah laut Karimun jawa.
2. Untuk mengelilingi pulau, kamu harus menyewa kapal. Harga sewa kapal berkisar antara Rp350.000 hingga Rp600.000 per kapal. Tergantung banyak muatan.
3. Harga sewa alat snorkeling dan pelampung sekitar Rp30.000-Rp35.000 per hari.
4. Menyewa guide lokal. Jasa guide lokal sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000 per hari. Kabarnya setiap rombongan wajib menyewa guide lokal.
5. Harga sewa angkutan sejenis COLT sekitar Rp40.000 sekali jalan.

Beberapa hal ini bisa menjadi acuan kamu sebelum ke sana. Sekali lagi, jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas atau forum yang di dalamnya ada orang-orang yang sudah pernah ke sana lalu ambil pelajaran dari pengalaman mereka.

Jangan Lupa Ngobor!

ngobor
flickr.com

Ngobor adalah kegiatan mencari kepiting dan kerang saat air laut surut dengan menggunakan tombak. Kamu bisa meminta warga sekitar untuk menemani kamu ngobor dengan memberikan tip beberapa rupiah. 🙂

Bawa Uang Tunai!

uang cash
neverendingfootsteps.com

Iya, bawa uang tunai lebih dari cukup. Misal estimasi kamu 1 juta, bawalah sekitar 2 juta. Kenapa? Karena kamu hanya akan menemukan 1 ATM di sana. Bayangkan jika duit kamu tiba-tiba habis sementara ATM juga sedang bermasalah. Habis sudah, hehe.

Gunakan Biro Perjalanan Kalau Ingin Simple

paket wisata
karimunjawatourtravel.com

Kalau ingin simpel, gunain aja biro wisata. Banyak banget penyedia paket wisata ke Karimun Jawa. Kamu tinggal search di google lalu pilih paket wisata yang sesuai. Dengan paket wisata, kamu cuma perlu telpon dan bayar. Selebihnya urusan mereka, kamu tinggal siapain fisik aja untuk menikmati keindahan Karimun Jawa.

Itu saja 10 tips dari kita. Jangan lupa baca juga mengenai 9 pantai indah di dunia.

Semoga bermanfaat.

🙂

Satu pemikiran pada “Tips Buat Kamu yang Ingin Berwisata ke Karimun Jawa”

Tinggalkan komentar