17 Tips Ibu Hamil agar Tetap Sehat

Siapapun yang sedang hamil pasti ingin tetap sehat. Sebab terkadang ada ibu hamil yang kondisi fisiknya tidak stabil dan gampang ngedrop. Bahkan ada juga ibu yang sejak hamil sampai melahirkan, rasanya selalu dilingkupi rasa lemas dan lesu.

Dengan kondisi ibu hamil yang tetap prima, harapannya kondisi bayi dalam kandungan juga akan sehat. Sang ibu pun tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Nah ini ada tips ibu hamil agar selalu sehat. Buat kamu yang tengah hamil atau berencana hamil, wajib baca tipsnya di bawah ini.

 

Makan Sehat

balitsa.litbang.pertanian.go.id
balitsa.litbang.pertanian.go.id

Kalau sebelumnya kamu suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, baiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu. Mulai beralihlah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Rutin Kontrol

essentialparent.com
essentialparent.com

Selalu rutin periksakan kondisi kehamilanmu. Biar kamu bisa pantau terus bagaimana si kecil yang ada di dalam sana.

Rutin Olahraga

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Walau rasanya malas, tapi kuatkan tekadmu. Ingat kamu adalah calon ibu. Buah hatimu menginginkanmu sebagai ibu yang kuat. So, berolahragalah biar tubuh tetap segar dan kuat. Penyakit pun akan segan untuk datang kalau tubuhmu sehat.

Makan Sayur dan Buah

Buah Stroberi *Strawberry)
www.freedomvillageorangecounty.org

Mulai sekarang jadikan sayur dan buah sebagai menu sehari-hari. Nutrisinya sangat penting dan baik untuk kehamilanmu biar tetap sehat.

Jangan Makan Sembarang Obat

Obat-obatan
kaskus.co.id

Sangat berbahaya kalau kamu makan sembarang obat. Baik obat kimia maupun obat tradisional sebaiknya tidak dikonsumsi, kecuali kamu sudah lakukan konsultasi dengan dokter. Makan obat secara sembarangan bisa berbahaya bagi kondisi ibu dan juga janin.

Jauhi Produk Berbahan Kimia

keseimbangan zakt kimia
Seperti misalnya pembersih lantai. Mintalah suami atau pembantu untuk memindahkannya ke tempat yang jauh dari jangkauanmu.

Hati-Hati Menyentuh Hewan

hd-wallpapersdownload.com
hd-wallpapersdownload.com

Khawatirnya ada parasit pada hewan. Jika sampai kamu menyentuhnya, takutnya hal itu mempengaruhi kehamilanmu. Jadi mulai sekarang berhati-hatilah jika ada kucing, anjing, ayam, bebek, hamster yang berkeliaran di dekat rumahmu.

Jangan Sampai Kelelahan

Istirahat yang cukup akan meningkatkan metabolisme tubuh
huffingtonpost.com

Upayakan untuk menghindari aktivitas fisik yang menguras banyak tenaga. Biar kandunganmu tetap aman dan sehat.

Minum Air Putih yang Cukup

Air Putih
www.ishape.id

Minimal 8 gelas air putih setiap harinya harus kamu minum. Biar tubuh tidak dehidrasi dan kondisimu tetap fit.

Penuhi Kebutuhan Kalsium

Susu dan produk olahannya
foodsafetyhelpline.com

Kalsium berperan dalam pembentukan otot dan tulang. Untuk itu kamu harus pastikan asupan kalsium tercukupi. Sekitar 1300 mg kalsium tiap harinya yang kamu butuhkan. Kamu bisa dapatkan kalsium dari susu, tahu dan produk susu olahan.

Perbanyak Kalori

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
duniainformasikesehatan.com

Kalori sangat penting bagi ibu hamil. Agar kondisi tetap prima dan bertenaga. Saat usia kandungan berada di trimester pertama, ibu hamil butuh kalori sebanyak 180 kilo kalori lebih banyak tiap harinya. Sementara, ketika usia kehamilan masuk trimester kedua dan ketiga lebih banyak lagi kalori yang dibutuhkan, yaitu butuh tambahan 300 kilo kalori setiap hari.

Hindari Kafein

intisari-online.com
intisari-online.com

Kafein tidak baik untuk pertumbuhan janin. Oleh karenanya kamu wajib menghindarinya. Kafein biasanya banyak terdapat pada minuman seperti kopi, teh serta softdrink.

Hindari Alkohol

memangbaik.blogspot.com
memangbaik.blogspot.com

Jangan sekali-kali mencobanya karena bisa berakibat buruk bagi bayi. Resiko cacat fisik atau mengalami keterbelakangan mental bisa menimpa bayi. Selain itu, mengkonsumsi alkohol membuat ibu rentan alami keguguran.

Jangan Stres

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Jaga selalu kondisi mental agar sehat dan jauh dari stres. Berpikir positif dan merasa bahagia. Juga selalu bersyukur.

Stop Merokok

windavia.blogspot.com
windavia.blogspot.com

Bukan hanya untuk ibu hamil, sebisa mungkin suami juga berhenti merokok. Khawatirnya asap rokok bisa mempengaruhi perkembagan janin dan kehamilan.

Penuhi Kebutuhan Zat besi

Sayuran Bayam
www.indonews.co.id

Zat besi sangat berguna untuk membuat kondisi ibu hamil tetap sehat. Begitupun dengan janin yang dikandungnya. Upayakan untuk selalu memenuhi kebutuhan zat besi. Kamu bisa peroleh zat besi misalnya dengan konsumsi bayam dan daging merah.

Vitamin C yang Cukup

http://www.fitho.in/
http://www.fitho.in/

Untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, selalu penuhi kebutuhan vitamin C. Kamu bisa sering makan buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, tomat, apel,stroberi, brokoli dan mangga.

Tinggalkan komentar