Keuanganmu Berantakan? Ikuti 5 Tips Ini

Apakah kamu mengalami kegagalan dalam hal keuangan di tahun ini? Tidak perlu berkecil hati meskipun waktu tidak akan pernah berputar ke belakang.

Waktu akan terus melaju ke depan. Kala kamu menikmati perjalanan dari hari ke hari, semuanya berlalu begitu cepat. Tiba-tiba saja kamu sudah sampai di pertengahan tahun.

Jika sekarang kamu merasa belum bisa mencapai tujuan kamu, cobalah untuk membangun rencana lagi dari awal. Berhenti untuk menyalahkan siapapun atas apa yang terjadi padamu.

Inilah 5 tips yang dapat kamu lakukan agar keuanganmu kembali normal.

Membangun Kembali Komitmen Kamu

fitriyooo.blogspot.com

Sebagai orang yang disiplin, kamu tentunya harus mempersiapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai pada tahun berikutnya. Termasuk dalam masalah keuangan.

Kamu tentu tidak ingin pengelolaan keuanganmu berantakan. Tapi, jika ternyata yang kamu dapatkan justru sebaliknya, janganlah buru-buru putus harapan.

Atur kembali rencanamu dan berusahalah untuk berkomitmen sebagaimana awalnya. Niatkan dengan hati yang mantap disertai action yang jelas.

Buatlah Rencana Pengeluaran

portalkeuangan.net

Siapa bilang hanya perusahaan yang harus punya catatan keuangan? Kamu juga perlu kalau ingin menjadi orang yang sukses mengelola keuangan.

Tulislah rencana pengeluaran sekecil apapun. Juga buatlah catatan realisasi keuangan dalam buku terpisah. Jadi, jangan hanya dicatat di otak saja.

Catatan juga perlu agar kamu tidak mengalami kegagalan untuk kedua kalinya. Selain itu, catatan tersebut akan membantu kamu memperbaiki langkah-langkah yang salah.

Disiplin Dalam Pengeluaran

rifa-mulyawan.blogspot.com

Sebelum memasuki tahun baru, tentunya kamu sudah mempersiapkan rencana-rencana pengeluaran berikut tata tertibnya. Nah, cobalah untuk mematuhi apa yang sudah kamu buat.

Jika kamu ingin memiliki pasangan hidup, carilah pasangan yang bisa menjadi navigator untuk kamu. Artinya, dia bisa mengingatkanmu ketika kamu berniat melenceng dari tata tertib.

Buatlah Catatan Pengeluaran Dengan Rinci

nehand.hol.es

Tidak banyak orang yang bisa melakukan hal ini. Bahkan lebih banyak yang meremehkan. Menyusun catatan pengeluaran memang sederhana, tapi dapat menghasilkan keberhasilan luar biasa.

Pepatah mengatakan, hal besar itu datang dari hal-hal kecil. Ternyata pepatah tersebut benar adanya. Jika kamu mampu melakukannya, lihatlah hasil menakjubkan yang akan kamu dapatkan.

Catatan pengeluaran tidak perlu dalam buku. Misalnya, catatan belanjamu sehari-hari kamu tulis di kertas kecil yang bisa disimpan dalam dompetmu.

Kamu bisa rekap pengeluaran dalam sebuah buku besar misalnya seminggu sekali. Buatlah serapi mungkin agar kamu mudah membacanya.

Usahakan Tidak Berhutang Selamanya

rahasialunashutang.blogspot.com

Hidup tanpa hutang memang sulit. Apalagi dicekam situasi ekonomi di zaman sekarang. Rasanya ada saja yang kurang tatkala tak berhutang.

Namun, kamu perlu tahu bahwa berhutang banyak risikonya. Misalnya, kamu berhutang ke bank, risikonya adalah harus membayar bunganya juga.

Begitu juga kalau kamu berhutang pada orang lain, mungkin saja orang tersebut terdesak untuk terus menagihnya padamu. Risikonya, kamu akan mengalami kegelisahan karena harus segera melunasinya.

Jika kamu ingin berhutang untuk investasi jangka panjang, itu tidak masalah. Investasi jangka panjang yang dimaksud, seperti pendidikan, rumah dan lain-lain. Tapi, kamu harus menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Usahakanlah sekuat mungkin, hidup tanpa beban hutang. Jangan tergiur kartu kredit yang terkesan memudahkan, padahal membahayakan kalau berujung tagihan yang menumpuk.

Itulah tadi 5 tips yang akan membantu kamu ketika tahun ini mengalami kegagalan mengelola keuangan. Hal yang paling penting yakni bertekad kuat untuk mengatur keuangan sebaik-baiknya dan membebaskan diri dari hutang.

Tinggalkan komentar