6 Tips Membuat Taman di Rumah Sederhana

Penduduk negara kita yang mayoritas adalah kelas menengah, lebih memilih rumah sederhana yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keluarga.

Namun tak lantas rumah sederhana tidak memiliki kekurangan. Dengan harga yang minim, rumah sederhana seringnya juga punya lahan yang minim. Minimnya lahan membuat semua luasan dimanfaatkan untuk kebutuhan ruang. Apalagi bagi keluarga besar yang butuh banyak kamar.

Akhirnya tidak jarang rumah model ini yang mengabaikan tata ruang terbuka dan taman. Jikalau kamu ingin punya taman dalam rumah sederhanamu, kamu harus pintar-pintar menyiasati hal tersebut.

Berikut beberapa tips buat kamu dalam membuat taman yang sesuai untuk rumah sederhana.

Menambahkan Kolam Ikan Mini

desainkamarmandi.com

Taman di rumah yang sederhana akan terlihat sempit manakala hanya berisi rumput dan tanaman. Menyiasati taman yang monoton, kamu bisa membuat kolam ikan mini di taman rumah minimalismu.

Dalam membuat kolam juga harus memperhitungkan kedalamannya. Idealnya bagi kolam ikan sedalam 80 cm. Tujuannya untuk menjaga kelangsungan hidup ikan di dalam kolam.

Kedalaman kolam menstabilkan temperatur air saat terkena sinar dan saat terkena hujan, sehingga memastikan ikan hias tetap aman dalam air. Kedalaman juga menjaga dari gangguan pemangsa ikan seperti kucing.

Membuat Pembatas atau Pagar Taman

ideaonline.co.id

Pembatas sangat bermanfaat bagi taman rumah yang sederhana. Sempitnya lahan, mengharuskan kamu membuat garis penegas antara taman dan ruang lainnya.

Tentunya agar pengunjung rumahmu akan mudah mengetahui keberadaan ruang taman.

Kamu bisa memilih pembatas apa yang sesuai, dinding atau pagar, berbahan material kayu atau berbahan bata ekspos. Pilih mana yang cocok dengan desain tamanmu.

Air Terjun Buatan

rumahminimaliss.info

Sebagai tambahan dalam mempercantik taman dan kolam, kamu bisa menambahkan air terjun buatan dalam ukuran kecil. Bagusnya kamu membuatnya dengan desain relief bebatuan yang sederhana dan mudah dibuat.

Dalam penempatannya juga harus tepat. Kamu bisa menempatkan air terjun ini pada sisi taman yang tidak terlalu banyak tanaman, agar menghilangkan kesan kosong pada taman

Selain itu air terjun buatan akan sangat bermanfaat sebagai obat stres setelah menjalani rutinitas yang padat.

Pemilihan Tanaman

Kamu bebas saja untuk memilih tanaman yang kamu suka karena setiap orang tentu punya selera tersendiri tentang tanaman. Namun itu semua tentu harus sesuai standar kebutuhan dan kesesuaian taman anda.

Standar bagi rumah minimalis tentu lebih prefer memilih tanaman dengan ukuran kecil. Tanaman hias yang cocok seperti aglaonema, adenium, agave attenuata, mawar, tanaman bonsai dan sebagainya.

Kalau kamu menginginkan taman yang lebih hijau lagi, kamu dapat menambahkan tanaman jalar yang menjalar ke pagar taman atau tembok rumahmu.

Penataan Tanaman

modelrumahterbaru.com

Salah satu hal penting dalam membuat taman adalah penataan tanaman. Tanaman yang asal-asalan penempatannya bukannya semakin cantik, malah menambah semrawut rumah anda.

Ciptakan harmonisasi dan kombinasi yang tepat saat menata tamanmu, dengan menggabungkan beberapa jenis tanaman berbeda di satu tempat.

Kamu bisa menempatkan tanaman berdasarkan warna yang sama, namun dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Kombinasi lainnya adalah penempatan tanaman dengan gambaran alami.

Menambahkan Furniture Taman

bangku-tamanrooang.com

Untuk menambah kenyamanan kamu dan keluarga, kamu bisa meletakkan furniture taman seperti kursi panjang yang tidak terlalu besar.

Fungsinya tentu sebagai tempat kamu bersantai setelah aktivitas padatmu. Merasakan udara segar dan gemericik air, ditemani tanaman, kolam ikan dan rumput hijau disekelilingmu.

Tinggalkan komentar