Suka Belanja? 7 Tips Menawar Ala Ibu-Ibu Ini Patut Kamu Kuasai

Berbelanja di sebuah pasar tradisional memungkinkan akan terjadinya tawar menawar. Namun, dalam hal tawar menawar susah-susah gampang loh. Butuh trik khusus agar tawar menawar dapat berjalan dengan sukses dan kamu pun meadapatkan barang yang diidamkan.

Nah, jika kamu memang sukanya belanja di pasar tradisional atau sekedar menemani ibu belanja kamu juga harus mengusai seni tawar menawar berikut ini. Mari disimak ya.

 

Bandingkan Harga

jurnalasia.com
jurnalasia.com

Sebaiknya ketika kamu ke pasar jangan langsung membeli di pedagang pertama. Biasakan untuk membandingkan harga terlebih dahulu dengan bertanya kepada penjual yang lain. Jangan sampai kamu mendapatkan harga yang sangat tinggi, sementara di toko sebelah ada yang harga relatif murah dengan kualitas barang sama.

Misalnya saja seperti harga yang ditawarkan oleh grosir tas murah ini. Segala macam kebutuhan rumah tangga, fashion baik wanita maupun pria juga tersedia dan bisa kamu pesan secara online.

Meskipun harganya murah, namun barang yang dijual bukanlah barang murahan, melainkan barang-barang dengan kualitas ekspor yang sudah teruji kualitasnya.

Gunakanlah Bahasa Daerah Setempat

prahs.com
prahs.com

Jika kamu menguasai banyak bahasa daerah, akan memberikan banyak keuntungan saat berbelanja di pasar tradisional. Trik yang pertawama lihatlah dan amati baik-baik logat bahasa apa yang digunakan si pedagang tersebut. Jika, kamu mengerti bahasanya maka saat menannyakan harga dan barang gunakanlah bahasa yang sama dengan si pedagang.

Tawarlah 50% dari Harga yang Ditawarkan

wikimedia.org
wikimedia.org

Yang namanya penjual, pasti ingin untung. Kamu sebagai pembeli juga jangan mudah percaya begitu saja. Karena di pasar tradisional itu tawar menawar sah-sah saja. Tawarlah harga mulai dari 50% dari harga barang yang ditawarkan.

Pura-pura Pergi

newshub.id
newshub.id

Trik yang satu ini banyak yang sudah tahu. Jika pada saat kamu menawar dan tidak sesuai dengan keinginan. Maka kamu bisa pura-pura pergi dan ngak jadi beli. Tentu dengan sebuah harapan bahwa si pedagang akan memanggil kamu balik dan setuju dengan harga yang kamu tawarkan.

Ambil Banyak

jalansolo.com
jalansolo.com

Jika kamu ingin belanja super murah di pasar tradisional. Sebaiknya ambil lebih daru satu macam barang. Biasanya pedagang akan memberikan banyak diskon jika kamu ambil banyak barang.

Berjanjilah Jadi Pelanggan Tetap

menmyweirdthoughts.wordpress.com
menmyweirdthoughts.wordpress.com

Ketika menawar dengan berbagai cara diatas sudah ngak berhasil. Kamu sebenarnya masih punya kesmpatan lagi dan bilang kamu akan menjadi pelanggan setia di toko tersebut. Pastikan juga kamu akan langganan di situ kalau dapat harga murah.

Datanglah Pagi-pagi

jalansolo.com
jalansolo.com

Biasanya jika kamu menjadi pelanggan pertama, akan dikasih harga murah sama pedangannya. Karena kamu dianggap sebagai “penglaris” di hari itu. Biar setelah kamu beli dagangan yang mereka jual jadi ramai pembelinya.

Tinggalkan komentar