6 Tips Mencegah Penuaan Dini pada Mata

Dalam perawatan kulit wajah, area sekitar mata seringkali tidak tersentuh perawatan. Padahal kulit di sekitar mata jauh lebih tipis, lembut, dan sensitif jika dibandingkan dengan bagian kulit tubuh lainnya.

Kulit sekitar mata relatif lebih mudah teriritasi dan mengalami penuaan dini. Biasanya hal itu ditandai dengan munculnya kerutan halus, kantung mata, dan garis tawa sekitar mata.

Karenanya, penting bagi kamu untuk merawat area sekitar mata agar terhindar penuaan dini. Berikut tips untuk perawatan area sekitar mata.

Mengatur pola makan

hemaviton.com

Banyak yang menyangka bahwa muculnya kantong mata dan lingkaran gelap sekitar mata hanya akibat kurangnya waktu tidur. Sebetulnya selain soal tidur, ada penyebab lain yaitu soal pola makan yang tidak teratur.

Aturlah pola makan dengan meminum banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Lalu yang perlu dihindari adalah garam, minuman berkaffein, dan alkohol.

Garam jika dikonsumsi terlalu besar akan mengakibatkan pembuluh darah di sekitar mata bengkak. Sedangkan keffein dan alkohol ditengarai dapat menimbulkan warna gelap di sekitar mata.

Jangan Sering Mengucek Mata

caraka-online.com

Kebiasaan menggosok atau mengucek mata bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata kita. Jika itu terus dilakukan bahkan menjadi kebiasaan, akan muncul efek bayangan pada penglihatan dan mata terlihat lelah. Lingkaran gelap pun akan terbentuk di sekitar mata.

Selain itu jangan pula mengucek-ucek mata atau membersihkan makeup di area sekitar mata dengan produk yang mengandung alkohol. Zat dalam alkohol akan akan berdampak negatif bagi kulit.

Menggunakan Tabir Surya

lifestyle.analisadaily.com

Sinar utraviolet dari matahari diketahui dapat berakibat buruk bagi mata. Bukan hanya mata, kulit di area mata juga akan terkena imbasnya. Maka dari itu, penting buat kamu untuk memakai tabir surya dalam beraktivitas di luar rumah.

Krim Kulit Mata

skinbleaching-cream.com

Selain cara alami, krim yang khusus untuk area sekitar mata juga bisa digunakan untuk menghindari penuaan dini. Tentunya dengan bahan yang aman dan bukan menggunakan krim wajah.

Gunakan krim dengan bahan yang mengandung Haloxyl, peptida, asam nikotinat, kafein, ceramides, retinol dan pelembap. Bahan-bahan tersebut dapat mencegah keriput, perubahan warna, garis-garis halus dan serta kulit sekitar mata yang bengkak.

Selain itu pilih juga krim dengan kandunga hyaluronic acid karena bisa menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

Pemijatan Mata

papasemar.com

Melakukan pemijatan di area sekitar mata secara rutin ternyata efektif untuk mencegah penuaan dini seperti terbentuknya lingkaran hitam, bengkak, dan garis kerutan.

Agar kamu bisa melakukan secara rutin, bagi wanita yang akan membersihkan makeup mata bisa dibiasakan untuk disertai pemijatan mata. Atau saat kamu sesaat sebelum kamu menggunakan krim mata.

Masker Mata

id.wikihow.com

Banyak produk masker mata yang beredar di pasaran. Kamu dapat memilih yang sesuai dan yang paling bisa membuat kulit dan mata lebih rileks. Yang terpenting bisa mengurangi lingkaran gelap dan bengkak.

Namun, kita lebih sarankan untuk menggunkan masker yang alami karena cenderung lebih aman. Kamu bisa memanfaatkan es batu yang dibungkus kapas, potongan kentang segar, timun, dan kantung teh celup sebagai masker pada mata

Tinggalkan komentar