Yuk Ketahui 7 Tips Mengatasi Insomnia

Tidur bagi kebanyakan orang mungkin perkara yang sangat mudah. Bagi mereka mungkin tidur cukup hanya memerlukan tempat yang nyaman. Kemudian, mereka pun bisa menghendaki kapan dia akan tidur atau tidak.

Namun untuk sebagian orang yang lainnya, hal ini sangatlah susah. Mereka sulit untuk tertidur hingga akhirnya sering terjaga semalaman. Walaupun mempunyai kamar yang sangat nyaman, waktu yang santai, akan tetapi untuk tidur sedikitpun mereka tidak bisa melakukannya.

Penyakit sulit tidur sering dikenal dengan nama Insomnia. Penyebabnya bisa dari stres, pengaruh obat, faktor psikologis dan masih banyak yang lainnya. Bagi kamu pengidap Insomnia, dibawah ini kami sajikan beberapa tips untuk mengatasi penyakit sulit tidur (Insomnia). Selamat mencoba.

 

Pilih Warna yang Tepat

http://modelruangan.com

Hal pertama jika mengalami Insomnia, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengganti warna dekorasi kamar dengan warna yang sesuai seleramu. Menurut beberapa ahli, ternyata suatu warna itu memperngaruhi psikologi seseorang. Nah, jika seseorang berada di kamar tidur dengan dekorasi warna yang tidak seseuai seleranya, hal ini bisa mempengaruhi pola tidurnya. Namun jika kamu menngalami kesulitan dalam memilih warna, hasil riset menunjukkan bahwa warna hijau muda atau biru muda dapat memberikan efek relaksasi, menyenangkan, damai, tenang dan penuh harapan. Selain itu, warna kalem bisa kamu coba juga seperti merah muda, krem. Warna-warna ini dapat juga membuatmu merasa tenang ketika menjelang tidur.

Kasur yang Tak Sesuai

compass.co.id
compass.co.id

Pemilihan kasur untuk tidur juga ternyata mempengaruhi pola tidur seseorang. Biasanya hal ini terjadi karena ada bagian kasur yang tidak rata atau tekanan kasur yang tidak berimbang. Sebelum membeli kasur, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu dan perhatikan dengan seksama, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pembelian kasur.

Kurangi Cahaya

jasadesainrumahmodern.com

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalahlampu kamar tidur. Jangan sampai terlalu terang cahayanya, usahakan gunakan cahaya redup agar bisa tidur dengan nyenyak. Jika terlalu terang, bisa jadi kamu akan kesulitan untuk tertidur. Namun ada sebagian orang juga yang harus tidur dengan lampu yang menyala terang. Semua ini tergantung pada selera masing-masing.

Pindahkan Jam

photobucket.com
photobucket.com

Keberadaan jam yang terlalu besar di kamar tidur ternyata sedikit banyak mempengaruhi pola tidur seseorang loh. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun kenyataannya memang benar adanya. Contohnya, jika jam itu terbuat dari bahan yang berkilau, mungkin bisa saja cahaya pantulan dari jam itu mengarah ke diri kita hingga akhirnya menggangu tidur kita. Selain itu dengan ukuran jam yang begitu besar, ha; itu juga dapat mengganggu kita. Saat sudah telentang menjelang tidur, kita akan terus melihat jam hingga akhirnya tau berapa lama kita terjaga yang akhirnya membuat kita stres.

Alat Elektronik

daftarhargane.blogspot.com

karena saking sibuknya, akhirnya kamar tidur dijadikan juga tempat kerja. Komputer dan televisi dipasang di dalam kamar untuk menemani aktifitas kerja kita. Terlihat sepele mungkin, namun hal ini sebenarnya bisa mengganggu tidur kita. Ada baiknya ketika hendak tidur, alat elektronik tesrebut dipindahkan terlebih dahulu.

Berantakan

kaubukansapi.files.wordpress.com

Atur tata letak rak buku dan lemari sehingga tidak ada tumpukan buku dan pakaian yang berserakan di dalam kamar. Jikaa da proyek yang belum selesai dan bertumpuk di kamar, maka segera bereskanlah. Kondisi kamar yang berantakan juga dapat mempengaruhi pola tidur dan bisa mengakibatkan stress. Bersihkanlah kamar secara teratur, hal ini bertujuan agar kamar selalu bersih dan menciptakan suasana tenang dan memudahkan relaksasi.

Kesegaran Udara

googleusercontent.com

Jika udara di dalam kamar itu bersih, maka hal itu akan memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Maka dari itu, bukalah jendela kamr secara teratur di pagi hari agar sirkulasi udara bisa masuk dan keluar silih berganti. Selain itu jika memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan alat pemebersih udara. Jangan lupa gunakan aroma terapi sebagai tamabahan untuk membuat tenang dan rileks.

Demikian indormasi dan tips mengatsi sulit diru (Insomnia). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar