in

Ingin Bisa Menghemat Pengeluaran Bulanan? Lakukan 7 Tips Ini dengan Segera

kaskus.id

Entah itu karena tingkah laku yang boros atau salah perhitungan, uang bulanan yang harusnya bisa nyisa hingga akhir bulan, malah ludes tak tersisa, padahal gajian masih lama pula. Hmmp, mungkin kamu yang mempunyai kelakukan kaya gini harus sering-sering pelajarin ilmu berhemat lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan beberapa tips buat kamu supaya uangmu nggak hilang dengan sendirinya lagi. Kalau kamu lakuin tips ini dengan benar, dijamin kamu nggak akan kelaparan lagi deh meskipun sudah menginjak tanggal tua.

Supaya Sekali Makan Bisa Kenyang Sepuasanya, Coba Beli Makan di Warung Parasmanan

detik.com

Yap, sekarang ini sudah banyak sekali warung-warung yang menerapkan sistem seperti ini. Mau makan dikit atau banyak, tetap harganya sama saja. Nah, kesempatan ini harusnya kamu manfaatin untuk mengambil nasi sebanyak-banyaknya serta lauk kesukaan kamu. Supaya tidak cepat basi, pilih lauk yang tahan lama ya.

Masak Nasi Sendiri

wikihow.com

Kalau tips yang satu ini sih cocoknya digunakan buat kamu sudah punya rice cooker sendiri. Nasi sebagai makanan utama tentu harus ada di setiap makan kita. Nah, kalau kamu punya rice cooker sendiri kan tinggal beli lauknya aja, sedangkan kalau nasinya tinggal masak sendiri.

Kebayang kan kalau sekali beli nasi di warung makan seharga Rp3.000. Perharinya kalau kita makan tiga kali udah Rp9.000 aja. Coba kalau dikali sebulan berapa? Lumayan kan 270.000 bisa dihemat dari nasinya saja. Jadi dari sekarang, usahakan masak nasi sendiri ya.

Membawa Botol Minum (Tumbler) Sendiri

mhdanugrah.wordpress.com

Selain karena air putih memang harus dikonsumsi setiap hari buat ngejaga kesegaran kita, bawa tumbler sendiri juga dapat mengontrol pengeluaran kita untuk membeli minuman botol hanya karena haus-haus sebentar gitu.

Kalau dihitung-hitung, minuman botol harganya sekitar Rp.5000an. Kebayang kan kalau lagi dilanda haus harus ngeluarin uang Rp.5000 terus? Mending bawa tumbler aja, selain bisa menghemat bawa tumbler juga bisa menjaga kehigienisannya. Karena ya tumblernya emang punya kita sendiri, hehe.

Puasa

putihkental.co

Selain bisa menghemat keuangan, puasa juga bagus buat kesehatan loh. Perlu kamu ketahui, dengan puasa dapat memberikan tubuh waktu untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh (detoksifikasi).

Nah, kalau kamu ingin menghemat uang sekaligus dapat pahala juga, sering-sering puasa aja ya. Banyak kok puasa sunnah yang bisa kita lakukan, salah satunya puasa senin kamis, puasa pertengahan bulan, dan masih banyak yang lainnya.

Menghemat Barang-Barang Sampai Titik Penghabisan

kaskus.co.id

Mulai dari sampo, sabun mandi, odol, kecap, saus, dan keperluan sehari-hari lainnya. Kalau sudah mau habis, jangan langsung dibuang gitu aja. Karena dari yang tinggal sedikit itu, ternyata masih bisa dipakai loh.

Misalnya seperti botol sabun atau sampo, kamu bisa pakai formasi “balik botol, gerak”. Atau kalau untuk odol kamu bisa pencet-pencet hingga gepeng pakai sendok kemudian lipat sampai kecil. Jadi kalau kamu pakai cara ini, nggak ada alasan lagi buat kamu ke supermarket hingga tanggal yang dijadwalkan.

Menerapkan Konsep Reuse (Gunakan kembali)

kaskus.co.id

Salah satu contoh kecilnya jika kamu sering ngelaundry, coba deh sesekali nggak ngelaundry dulu. Kamu jadi harus nyuci sendiri di rumah. Supaya nggak boros, air nyuci bisa digunakan untuk pelembut serta pembilas sekaligus. Bukan hanya itu, sisa air cucian juga bisa dipakai untuk nyuci sepatu atau nyuci ban motor yang kotor.

Nah, hal seperti ini yang dimaksud dengan menerapkan konsep Reuse (gunakan kembali), pasti bisa lebih mengemat pengeluaranmu kan? Hehe.

Cari Wifi Gratisan

youtube.com

Zaman sekarang kalau nggak eksis di dunia maya tuh seperti ada yang kurang. Mau tidak mau, kita jadinya harus mengalokasikan dana khusus untuk membeli paket internet. Nah, dengan kamu terus mencari wifi gratisan, maka kamu tentu bisa menghemat dana untuk alokasi paket internetmu.

Demikian berapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat anggaran uang bulananmu. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Sofyan Hadi

Suka dengan hal-hal baru dan membaginya melalui rangkaian kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Wisata Kuliner Salatiga yang Wajib Kamu Cicipi

Inilah Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Membawa Anak-anak Berenang