Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo merupakan bintik-bintik berwarna hitam atau putih yang biasanya terdapat di daerah sekitar wajah, hidung dan mata. Penyebab terjadinya komedo adalah karena terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit hingga akhirnya muncul tonjolan kecil berwarna hitam yang biasa disebut dengan Blackhead dan tonjolan putih yang dikenal sebagai Whitehead. Jika tidak ditangani dan dibiarkan terus menerus, komedo dapat berkembang menjadi jerawat yang biasa disebut dengan Pustule atau Papul. Secara umum komedo muncul dan berkembang ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih, biasanya hal ini terjadi saat dan setelah masa pubertas.

Sebum berfungsi sebagai zat untuk melembabkan kulit ini mengalir keluar dari pori-pori yang terbuka. Jika aliran sebum itu keluar dengan lancar, maka tak akan terjadi komedo. Namun ketika sebum itu terhambat ketika akan keluar dan bertumpuk di pori-pori, dari sinilah komedo bisa muncul.

Di pasaran sana, banyak obat-obat yang menyajikan cara menghilangkan komedo secara cepat dan instan. Namun kamu perlu hati-hati juga, jika salah memilih obat maka akan berakibat pada kerusakan kulitmu. Oleh karena itu, disini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Tentu dengan melakukan pengobatan secara alami akan sangat mengurangi efek samping yang akan didapat. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara-cara menghilangkan komedo secara alami.

 

Pepaya

obatpelangsingg.wordpress.com

Sudah kita ketahui semua, buah pepaya merupakan salah satu buah yang terkenal akan manfaatnya untuk perawatan kesehatan kulit wajah. Termasuk pepaya juga dapat menghilangkan komedo, yakni dengan dibuat masker pepaya. Cara membuatnya cukup mudah, pertama lembutkan potongan buah pepaya sampai mirip bubur. Kemudian oleskan pada area wajah yang terkena komedo. Tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukan cara ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur di malam hari.

Lidah Buaya

1000macammanfaat.com

Gel lidah buaya ternyata mempunyai khasiat untuk menghilangkan komedo. Caranya yakni siapkan 1 batang lidah buaya dan irislah menjadi tiga bagian. Ambil gel atau lendirnya kemudian oleskan pada area yang terkena komedo. Lakukan hal ini secara teratur 1-2 kali sehara hingga komedo sudah tak terlihat lagi. Selain dengan langsung mengoleskan gel, jika dirasa kurang kamu juga bisa memblender potongan lidah buaya itu.

Jus Lemon

wanista.com
wanista.com

Lemon dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan komedo. Caranya yakni dengan membuat jus lemon yang dicampurkan dengan gliserin dan minyak almod. Ketiga bahan itu dicampur dan dihaluskan dengan blender. Jika sudah jadi, kamu tinggal mengoleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa membuat scrub dengan campuran air lemon, yoghurt, madu dan air garam. Campurkan semua bahan itu kemudian gosokkan dengan lembut pada area yang berkomedo.

Putih Telur

alhadiid-z.us
alhadiid-z.us

Putih telur juga bisa menghilangkan komedo loh. Caranya dalah dengan membalurkan putih telur pada wajah yang terkena komdeo secara merata, kemudian diamkan 20-30 menit hingga terasa mengering. Jika ingin lebih maksimal bisa ditambahkan dengan satu sendok madu. Jika sudah terasa mengering, basuh muka menggunakan air hangat.

Uap Air Panas

miracleof-physics.blogspot.com
miracleof-physics.blogspot.com

Saat merebus air, manfaatkan uap air panas untuk menghilangkan komedo. Jika ingin lebih efektif, tambahkan sedikit garam pada rebusan air itu dan tunggu sampai mendidih. Kemudian uap area yang berkomedo atau wajah selama 7-11 menit. Jika ingin lebih maksimal lagi, tutup kepala menggunakan handuk dan hadapkan wajah di depan air panas yang ditaruh di dalam baskom.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Kamu dapat mempraktekannya di rumah tanpa harus perlu ke klinik kecantikan. Namun jika cara itu belum efektif juga, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar