Tips Merawat Kacer Mabung yang Kurang Dimengerti Banyak Orang

Kacer merupakan salah satu jenis burung yang sangat diminati oleh para pecinta fauna burung kicau. Namun dalam merawat kacer kamu juga harus tahu apa yang harus kamu lakukan ketika burung kacermu sedang mabung. Pada saat burung kacer mabung, kamu harus memberi perawatan extra agar proses mabung berjalan dengan baik dari awal sampai dengan akhir. Banyak sekali para pemain burung kicau kurang mengerti cara merawat kacer mabung.

Jika kamu kurang tlaten dan tidak sukses merawat kacer yang sedang mabung, kacermu akan tetap dipenuhi oleh bulu – bulu indah namun tidak mungkin kamu bawa untuk kompetisi lagi. Dibawah beberapa ciri burung kacer yang sedang dalam proses mabung.

  • Bulu – bulu halus kacer mulai rontok.
  • Bulu tampak lebih kusam
  • Kacer lebih malas untuk berkicau
  • Burung tidak bersemangat
burung mabiugn
osnz.org – burung mabung

Jika kamu suka memelihara burung kacer pasti akan mengalami hal ini, dan biasanya menurut saran dari orang lain akan langsung di gantang agar cepat lepas bulunya. Padahal jika kacer mabung diperlakukan seperti itu akan meningkatkan stress dan membuat kondisi kacer sulit pulih. Cara merawat yang tepat adalah dengan mengistirahatkan dan diperlakukan dengan kondisi khusus seperti dibawah ini.

  1. Memberi makanan ekstra seperti jangkrik, kroto dan juga ulat hongkong ketika muncul tanda – tanda mabung.
  2. Bersihkan kandang dengan shampoo agar tidak ada kutu dan jamur yang bersarang.
  3. Krodong sangkar selama kacer mabung dan jangan sesekali dimandikan sampai bulu tumbuh seluruhnya.
  4. Ketika mabung beri makan voer yang berkualitas saja, jangan menggunakan pakan lain.
  5. Pada air minum beri penambah vitamin dan juga beberapa at tambahan seperti nicotinic acid dan folic acid.

Perlakuan diatas akan mengurangi stress yang dialami burung kacer ketika mabung. Sangat penting sekali tingkat stress pada burung, ketika burung selesai mabung maka burung akan segar dan dapat langsung diikutkan kompetisi.

Kamu boleh memandikan burung kacer mabung ketika sudah tidak muncul lagi ketombe pada kulitnya. Setelah dimandikan langsung saja di krodong, jangan langsung dijemur. Proses penjemuran hanya dilakukan sehari setelah dimandikan.

Tinggalkan komentar