Tips Mudah untuk Merangsang Janin Lahir Normal

Berbagai masalah akan bunda hadapi seiring usia kehamilan yang semakin tua. Terlebih saat semakin mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) namun belum nampak tanda-tanda kontraksi.

Kekhawatiran bunda yang semakin memuncak dapat mengganggu kondisi psikologis bunda. Alhasil impian persalinan secara normal semakin jauh dari harapan.

Bagaimanapun persalinan adalah hal yang alami terjadi pada semua wanita. Seperti halnya menstruasi yang terjadi setiap bulan pada wanita.

Namun, akhir-akhir ini sering terjadi kasus operasi caesar sebagai cara untuk mengeluarkan bayi dari rahim. Ada yang memilih caesar dengan sengaja untuk menentukan tanggal kelahiran yang unik.

Ada juga bunda yang sebenarnya menginginkan persalinan normal. Sayangnya karena berbagai hal tidak bisa melahirkan secara normal.

Tahukah bunda bahwa sebenarnya ada tips-tips yang mudah dilakukan untuk merangsang janin lahir normal? Berikut ini tips yang dapat bunda lakukan.

Ikuti Senam Hamil

www.sinarharapan.co

Masa kehamilan terjadi banyak perubahan dalam diri bunda. Selain itu badan terasa lebih berat untuk bergerak seiring dengan perut yang semakin buncit. Kondisi ini tak jarang membuat sebagian bunda malas untuk bergerak.

Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Bunda harus tetap bergerak agar sehat dan bugar sehingga lebih siap menghadapi persalinan. Salah satu olahraga aman bagi bunda hamil adalah senam hamil.

Ikutilah senam hamil di klinik bersalin atau rumah sakit. Gerakan senam hamil dapat membantu melemaskan jalan lahir janin, membantu kontraksi rahim, serta membuat posisi janin turun sehingga lebih mudah saat persalinan.

Lakukan Hubungan Intim Bersama Suami

www.kabarmuslim.tk

Beberapa orang takut melakukan hubungan suami istri disaat masa kehamilan. Hubungan suami istri memang dapat beresiko pada usia kehamilan trimester pertama.

Namun, hubungan suami istri dimasa kehamilan tua justru dapat membantu kelancaran persalinan. Cairan yang dikeluarkan laki-laki mengandung prostalglandins yang membantu leher rahim menjadi lunak sehingga memperlancar persalinan. Sperma juga mengandung zat yang dapat merangang munculnya kontraksi.

Perbanyaklah Berjalan Kaki

istiadzah.com

Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah. Setelah sholat subuh dan udara masih segar, ada baiknya bunda berjalan kaki di depan rumah. Mondar-mandir beberapa kali di depan rumah sudah cukup saat menjelang persalinan.

Ada beberapa bidan yang juga menyuruh bunda berjalan kaki saat sudah siap melahirkan di klinik bersalin. Berjalan kaki sangat membantu memperlancar proses persalinan.

Saat berjalan kaki atur posisi tubuh agar tetap tegak dan tidak terlalu condong ke belakang. Jangan sungkan untuk beristirahat sejenak jika bunda mulai merasa lelah.

Lakukan Stimulasi pada Puting Payudara

www.rninggalih.wordpress.com

Tanyakan pada bidan atau carilah informasi di internet bagaimana cara menstimulasi puting payudara bunda. Lakukan sendiri dengan hati-hati selama kurang lebih 5 menit.

Lakukan fokus pada salah satu payudara terlebih dahulu. Kamu juga dapat meminta bantuan suami untuk melakukannya. Stimulasi puting payu dara dapat melepaskan oksitosin yang dapat merangsang rahim agar berkontraksi.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah jangan berlebihan dalam melakukan stimulasi ini. Jika berlebihan malah menyebabkan kontraksi yang sangat panjang, kuat, dan malah mengganggu aliran darah pada janin.

Jaga Kondisi Psikologis Bunda

www.riamirandadiary.com

Kekhawatiran menjelang status baru sebagai ibu pasti dialami hampir semua wanita. Namun, kekhawatiran ini tidak boleh berlebihan karena hanya membuat bunda semakin tidak siap menghadapi persalinan.

Luapkan kekhawatiranmu kepada suami, bidan, atau teman-teman yang sudah mengalami persalinan. Tak masalah jika kamu merancang aktivitas yang menyenangkan bersama suami menjelang persalinan seperti candle light dinner.

Satu pemikiran pada “Tips Mudah untuk Merangsang Janin Lahir Normal”

  1. Wah lengkap sekali tipsnya. Juga blognya bagus sekali 🙂

    Tapi blog nya ini campur campur ya temanya, bukan tentang satu tema saja misalnya tentang program kehamilan saja gitu ?

    karena saya sampai sini karena Search engine

Tinggalkan komentar