Sebelum Menikmati Asyiknya Berenang, Ikuti Dahulu Beberapa Tips Berikut Ini

Berenang adalah hal yang sangat menyenangkan. Meski kamu tak bisa berenang, asal tak takut dengan air, dengan melihat kolamnya saja kamu pasti sudah tak sabar untuk segera masuk ke dalamnya.

Sepertinya daya tarik kolam renang memang begitu tinggi, maka kamu pun ingin segera masuk dan mulai untuk bergerak bebas di dalam air. Bagi para pecinta olahraga renang, kegiatan ini sangatlah dinantikan dan dirindukan.

Ingatan untuk selalu bermain dan berenang melakukan berbagai macam gaya yang cantik pun menjadi hal yang tak ingin dilewatkan. Maka dari itu, berenang ini bisa menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan minimal satu kali seminggu.

Tetapi, sebelum memulai untuk berenang, pastikan dirimu mengikuti beberapa tips berikut ini agar tetap aman dan nyaman selama berada di kolam renang.

Memakai Baju Renang

global.rakuten.com

Beberapa kolam renang memang mengharuskan para pengunjungnya untuk berenang menggunakan baju renang, jika tidak memilikinya, biasanya mereka mempunyai tempat penyewaan baju renang disana. Namun, beberapa lagi membebaskan pengunjungnya untuk tidak menggunakan baju renang.

Tapi, tahukah kamu, ternyata berenang itu memang sebaiknya menggunakan baju yang sudah didesain khusus untuk berenang. Sebab, manfaat dari penggunaan baju renang itu bisa melindungi kulitmu menjadi kering karena kandungan kaporit yang ada di kolam renang.

Selain itu, baju renang juga akan melindungi kulitmu dari sinar matahari dan membuatmu bebas bergerak di dalam air.

Jangan Berenang Sesaat Setelah Makan

mazwo.com

Berenang itu sebaiknya tak dilakukan saat perut dalam keadaan kosong dan terisi penuh. Jadi, ketika kamu memiliki jadwal untuk berenang hari ini, aturlah waktu makanmu terlebih dahulu. Kamu bisa mengisi perutmu satu atau dua jam sebelum berenang.

Akan tetapi, jangan makan terlalu banyak hingga membuatmu terlalu kenyang, makanlah secukupnya saja. Sebab, ditakutkan ketika kamu berenang, perut akan menjadi kram dan resiko untuk dirimu tenggelam itu lebih tinggi.

Melakukan Pemanasan

arleyandtahnee.wordpress.com

Sebelum berenang, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu untuk merenggangkan otot-otot tubuh supaya tidak kaku. Pemanasan juga berguna untuk mencegah terjadi kram ketika kamu melakukan gerakan-gerakan renang saat berada di dalam kolam renang.

Kamu cukup melakukan pemanasan sekitar 5-15 menit saja, tak perlu berlebihan, jika berlebihan, pemanasan ini justru dapat membuat cidera pada otot. Gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan seperti lari-lari kecil, lompat-lompat dan dilanjutkan dengan peregangan tubuh.

Memakai Pelampung

ariefio.blogspot.com

Ketika kamu memang belum lancar betul dalam berenang, lebih baik memakai pelampung sebagai alat bantu untuk mengapung di dalam air. Jangan terlalu memaksakan diri jika kamu masih dalam tahap belajar.

Nantinya, ketika kamu memang sudah dapat berenang dengan lebih baik, maka simpanlah kembali pelampung itu dan mulailah menikmati kebebasan bergerak di dalam air. Setelah kamu merasa nyaman, kamu pasti akan sering-sering kembali untuk berenang.

Segera Bilas Setelah Berenang

www.poenyakoer.com

Apabila kamu sudah cukup dalam berenang, jangan berlama-lama berada di pinggir kolam, langsung saja segera bilas tubuhmu. Karena kamu butuh membersihkan tubuhmu yang telah berendam cukup lama di air yang telah tercampur dengan kaporit.

Kamu pun harus sebersih mungkin membersihkannya, dengan memakai sabun dan shampoo agar terhindar dari masalah kulit setelah berenang.

Jadi, begitulah tips-tips yang bisa kamu perhatikan sebelum memulai berenang. Pastikan untuk mematuhi juga peraturan dan tata tertib yang telah diberikan oleh pengelola kolam renang. Karena itu semua demi kebaikanmu juga. Kalau begitu, selamat berenang dengan nyaman guys.

Tinggalkan komentar