Tips dan Trik Mengalahkan Soal Reading Comprehension Test TOEFL

Globalisasi menuntut kita untuk bisa berbahasa Internasional. Beberapa lowongan kerja mensyaratkan skor TOEFL tertentu. Begitu juga dengan beasiswa S2 maupun S3. Beasiswa dalam negeri atau luar negeri mensyaratkan skor toefl tertentu.

Biasanya soal yang paling bikin malas adalah reading comprehension. Selain teks bacaannya panjang, waktunya juga sangat terbatas. Padahal jawaban soal sudah pasti ada di teks bacaan tersebut.

Jenis-jenis soal dalam reading comprehension diantaranya topik, gagasan utama, informasi rinci, kesimpulan, tujuan, judul, rujukan, list tipe, dan kesimpulan yang berdasarkan fakta tanpa disebutkan penulis.

Oleh karena itu diperlukan tips dan trik untuk bisa mengalahkan soal reading comprehension.

Berikut beberapa tips dan trik tersebut.

1

Sering-Seringlah Membaca Artikel Bahasa Inggris

www.vistaeducation.com

Biasakanlah membaca artikel berbahasa Inggris setiap hari. Bacalah berbagai artikel ilmiah seperti ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi, kesehatan, budaya, filosofi, lingkungan, pendidikan, politik, psikologi, sastra, sejarah, dan seni.

Kebiasaan membaca artikel memberi manfaat manambah kosa kata. Semakin banyak kosa kata yang kamu ketahui akan mempermudahmu menyelesaikan soal reading comprehension.

 

2

Seringlah Berlatih Soal

www.higheredublog.com

Sering berlatih mengerjakan soal membuatmu lebih percaya diri mengadapi test TOEFL. Kamu dapat membeli buku TOEFL preparation untuk mendapatkan soal-soal reading.

Selain itu banyak juga situs internet yang menyediakan latihan soal reading comprehension.

3

Selalu Bawa English Dictionary

www.pelangi-hitam.blogspot.com

Kemanapun kamu pergi, selalu bawa English Dictionary. Saat kamu menemukan kata sulit dalam berita on line ataupun yang lainnya, kamu dapat dengan segera mencari artinya.

Kebiasaan ini akan memberimu banyak pengetahuan kosa kata baru. Agar praktis instal kamus bahasa inggris pada androidmu. Kosa kata pada kamus ini cukup lengkap.

4

Jangan Membaca Teks dari Awal Sampai Akhir

the-mba-guide.info

Saat kamu menghadapi ujian TOEFL reading comprehension, jangan membaca teks dari awal sampai akhir.

Hal ini hanya akan membuang waktumu. Jumlah soal dan waktu yang disediakan untuk mengerjakan sangat tidak sebanding.

5

Bacalah Soalnya Terlebih Dahulu

www.gerakjalanesq.wordpress.com

Jika kamu membaca soalnya terlebih dahulu, kamu akan lebih fokus mencari bagian mana yang kamu inginkan saat kamu membaca teks di atasnya. Hal ini akan menghemat waktu.

Berbeda jika kamu membaca teksnya terlebih dahulu, setelah membaca soalnya kamu harus kembali membaca teks diatasnya. Sama halnya kamu 2 kali kerja membaca teks.

6

Jangan Terpaku pada Kata atau Frase yang Tidak Kamu Ketahui

www.kampunginggrisoxford.com

Beberapa orang memang merasa gemas dengan kata atau frasa yang tidak di ketahui. Selama beberapa waktu berpikir dengan keras menemukan jawaban yang pas.

Pilihlah jawaban yang kira-kira pas. Waktu kamu mengerjakan soal hanyalah 45 detik. Oleh karena itu kamu harus bersegera mengerjakannya.

7

Jawab Semua Soal

www.toefljr-teachertips.weebly.com

Tidak ada pengurangan nilai jika kamu salah menjawab dalam tes TOEFL. Oleh karena itu jawablah semua pertanyaan meskipun kamu belum sempat membaca soalnya.

Isi lembar jawabmu dengan jawaban B semua misalnya. Jika kamu beruntung maka kamu mendapat skor tambahan. Hal ini juga berlaku pada listening comprehension serta structure and written expression.

Hal terpenting dalam mengerjakan test TOEFL adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan berpikirlah jernih. Fokus dengan lembar jawabanmu dan abaikan yang lainnya.

Sebuah masa depan perlu untuk diperjuangkan. Jika kamu gagal mencapai skor toefl pada ujian yang pertama, janganlah menyerah. Teruslah belajar dan berlatih sampai kamu bisa mencapai skor sesuai persyaratan mimpimu.

Biasanya ujian test TOEFL yang kedua memberikan skor yang lebih tinggi.

Tinggalkan komentar