6 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Gajah mati meninggalkan gading, tapi manusia mati meninggalkan nama yang harum. Begitulah yang terjadi pada kesepuluh orang berikut ini.

Mereka adalah orang-orang paling berpengaruh sepanjang masa. Rankingnya disusun berdasarkan penelitian dari Astrofisikawan, Michael H. Heart.

Penelitiannya itu dibukukan dengan judul The 100 dalam waktu yang sangat lama dan studi yang tajam. Kini konsep buku tersebut ditiru secara luas oleh peneliti dan penulis lainnya.

Inilah daftar 6 orang paling berpengaruh di dunia.

Nabi Muhammad SAW

kumpulanmisteri.com

Heart secara gamblang mengakui dan mengemukakan tentang pengaruh Nabi Muhammad SAW yang sangat luar biasa. Beliau adalah manusia satu-satunya yang meraih kesuksesan di semua bidang.

Nabi Muhammad yang membawa Agama Islam ini mampu mengubah Bangsa Arab yang jahiliyah, terbelakang, bar bar dan egois menjadi bangsa maju. Kemajuan tersebut ditunjukan secara signifikan hampir di semua bidang.

Bahkan Beliau mampu membuat Bangsa Arab mengalahkan kekuatan militer Bangsa Romawi yang kala itu menjadi bangsa terkuat. Hingga sekarang, nama Beliau adalah nama yang paling sering disebut.

Issac Newton

biography.com

Hampir seluruh orang di dunia tahu bahwa Issac Newton merupakan Bapak Ilmu Fisika Klasik. Ia berhasil menemukan teori dasar fisika.

Sampai sekarang ilmu tersebut digunakan dalam sains dan teknologi. Karyanya merupakan ujung tombak kemajuan revolusi bidang ilmiah.

Christoper Columbus

cortijohuerto.com

Asalnya dari Genoa Italia. Christoper Columbus dikenal sebagai penjelajah handal yang menyeberangi Samudera Atlantik menuju Benua Amerika.

Ratu Issabela dari Spanyol adalah orang yang membiayai penjelajahannya. Banyak yang mengklaim bahwa Christoper merupakan orang pertama yang menemukan Benua Amerika.

Namun, beberapa waktu ini ditemukan sebuah bukti mengejutkan. Orang pertama yang menginjakan kaki di Benua Amerika bukan Christoper.

Menurut peneliti, sebelumnya ada orang Viking yang ke sana dan membentuk koloni L’anse Auxe Meadows di Amerika Utara.

Tapi, pengaruh Christoper mampu membawa Bangsa Eropa untuk berimigrasi ke Benua Amerika. Itulah sebabnya nama Christoper lebih dikenal sebagai penemu Benua Amerika.

Albert Einstein

interestingengineering.com

Albert Einstein merupakan orang Yahudi yang lahir di Jerman. Ia dikenal sebagai fisikawan teoritis. Salah satu karya besarnya adalah teori relativitas.

Teori tersebut menjadi tonggak berkembangnya mekanika kuantum, statika dan kosmologi. Albert Einstein merupakan ilmuwan terbesar di abad ke-20. Hingga detik ini penemuannya paling berpengaruh dalam perkembangan sains modern.

Karl Marx

counterpunch.org

Karl Marx adalah filsuf, pakar ekonomi, politik dan teori kemasyarakatan yang hidup di tahun 1818-1883. Ia menulis banyak hal semasa hidupnya.

Karyanya yang paling terkenal yakni analisis sejarahnya mengenai pertentangan kelas. Analisisnya tertulis tajam dalam kalimat pembuka di Manifesto Komunis.

Galileo Galilei

zpravy.idnes.cz

Tokoh paling berpengaruh berikutnya adalah Galileo Galilei. Ia merupakan seorang astronom, filsuf dan fisikawan asal Italia.

Galileo melakukan perubahan besar dalam revolusi ilmiah. Ia berhasil menyumbang beberapa hal, seperti menyempurnakan teleskop, menemukan hal baru di bidang astronomi dan hukum dinamika.

Seluruh orang di dunia mengenal Galileo sebagai pendukung teori Copernicus tentang orbit bumi adalah bulat dan mengelilingi matahari.

Akibat dukungannya itu, ia dihukum pihak gereja Italia karena dianggap melanggar iman.

Julukan yang melekat pada Galileo diantaranya Bapak astronomi Modern, Bapak Fisika Modern dan Bapak Sains. Ia berhasil membuat terobosan besar dari usahanya menentang teori Aristoteles.

Hingga kini, pemikiran Galileo masih berpengaruh dalam perkembangan sains di dunia modern. Bahkan ia dikenal sebagai manusia paling cerdas di dunia.

Itulah tadi deretan nama tokoh paling berpengaruh sepanjang masa. Semoga menginspirasi!

Tinggalkan komentar