Mengenal Lebih Dekat Tokoh Sumpah Pemuda di Negara Kita Indonesia

Tak dapat dipungkiri bahwa kemerdekaan Indonesia diraih dengan kegigihan para pemuda dalam mempertahankan bumi pertiwi. Bagaimana tidak, para pemuda dengan gagah berani mengutarakan cita – cita bangsa Indonesia secara keseluruhan, untuk kehidupan kedepannya.

Tokoh sumpah pemuda juga merupakan lambang bahwa para pemuda siap dan bahkan rela bertaruh nyawa demi merenggut kemerdekaan dari kekuasaan kolonial.

Supratman contohnya, putra dari seorang sersan di Batalyon VIII bernama Senen ini sangat tidak senang dengan keberadaan kolonial Belanda, terwujud dengan adanya buku Perawan Desa yang murni karangan WR. Supratman yang mengadopsi dari kehidupan para taun tanah yang berfoya – foya dengan memanfaatkan keberadaan gadis – gadis desa yang lugu. Hal ini dianggap menimbulkan kebencian antar golongan.

Supratman merupakan tokoh bersejarah dalam lingkup sumpah pemuda, karena dalam deklarasi sumpah pemuda ini pertama kali dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, karya asli pemuda Indonesia yang kemudian diabadikan dalam kepingan hitam saat itu. Sekarang tetap menjadi lagu yang berkumandang dalam seremonial penting di Indonesia, bahkan saat pemuda Indonesia Rio Haryanto menaiki podium dalam ajang GP2.

Kehadiran WR. Supratman di dalam kongres pemuda merupakan perwujudan kebhinnekaan Indonesia, karena dalam kongres tersebut, hanya WR. Supratman yang muncul selain dari kalangan tokoh pergerakan,tetapi ia merupakan tokoh dalam bidang seni dan musik.

Melalui gesekan-gesekan biolanya, munculah lirik-lirik pembangkit semangat perjuangan. Peserta kongres pun semakin berapi – api, semakin bersemangat mengumandangan sumpah yang selalu diperingati pada tanggal 28 Oktober tersebut.

Hadirnya musik dalam perjuangan, seperti perwujudan harapan, keinginan, serta cita-cita yang tertuang dalam lirik serta irama yang tersusun baik menjadi sebuah nada pembangkit semangat perjuangan.

Namun semangat WR. Supratman dalam menciptakan Indonesia Raya bukanlah semangat yang biasa saja, semangat beliau selalu berkumandang, selalu dan selalu berkumandang dalam seluruh acara di bumi pertiwi ini.

Demikianlah cerita singkat mengenai Tokoh sumpah pemuda. Semoga bisa menjadikan Inspirasi bagi kamu para pemuda. Semoga juga bisa menambah wawawan ilmu pengetahuan serta bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar