Tujuan Sosialisasi dan Fungsinya

TUJUAN SOSIALISASI – Sosialisasi adalah sebuah hubungan yang terjadi diantara perorangan yang satu dengan yang lainnya. Ada beberapa ahli melontarkan pendapatnya bahwa pengertian sosialisasi ialah sebuah proses yang teralami oleh seorang saat mempelajari lingkungan hidupnya sampai akhirnya sesuai dengan nilai sosial, norma, dan kebiasaan yang dipercayai oleh sebuah kelompok dimana ia tinggal.

Tujuan Sosialisasi

Tujuan Sosialisasi
landasanteori.com

Sosialisasi mempunyai tujuan yang baik untuk kehidupan seseorang pada kelompok masyarakat, berikut adalah beberapa tujuan dari sosialisasi:

  • Mengajarkan seseorang mengenai keterampilan yang ada manfaatnya di dalam bertahan hidup atau untuk menyesuaikan diri pada sebuah kelompok masyarakat.
  • Mengembangkan akan komunikasi seseorang supaya dapat berinteraksi dengan efektif dan besar.
  • Mengajarkan cara bagaimana untuk saling introfeksi diri yang tepat supaya dapat mengembangkan fungsinya.
  • Mengajarkan mengenai tugas pokok yang wajib dilakukan dengan cara menanamkan nilau dan sebuah kepercayaan pada pribadi seseorang.

Fungsi Sosialisasi

Tujuan sosialisasi
sosiologi-pintar.blogspot.co.id

Fungsi sosialisasi mempunyai dua fungsi utama dari suatu peroses sosialisasi di dalam lingkungan masyarakat, dari dua fungsi itu antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dilihat dari keperluan yang dimiliki tiap-tiap orang, sosialisasi mempunyai manfaat sebagai tanda pengenal identitas nilai dan budaya, yang mana tujuannya agar seseorang dapat mengakui, mengenal, mempelajari dan juga menyesuaikan kepribadiannya dengan norma, budaya, juga peraturan sosial yang terdapat pada sekelompok masyarakat.
  2. Sedangkan jika ditinjau akan kepentingan yang dimiliki masyarakat, sosialisasi mempunyai fungsi sebagai sebuah alat untuk menjaga norma, nilai dan juga budaya yang ada pada sekelompok masyarakat.

Selain beberapa fungsi sosialisasi ditas, masih ada beberapa fungsi dari sosialisasi antara lain adalah:

  • Dengan adanya sosialisasi bisa mempelajari norma yang berlaku pada sebuah kelompok.
  • Dengan adanya sosialisasi seseorang bisa mengetahui masyarakatnya ataupun masyarakat yang lainnya.
  • Dengan adanya sosialisasi seseorang bisa mengenal akan peran yang ada pada setiap anggota kelompok masyarakat juga bisa mengembangkan kemampuan yang ada demi sebuah kepentingan peranannya dalam kelompok masyarakat.

Peranan sosialisasi sangat penting untuk kehidupan bermasyarakat, maka dari itu dari masing-masing orang baru harus mengenal dan juga mempelajari akan nilai dan kebiasaan kelompok dengan cara bersosialisasi dengan kelompok itu yang tujuannya agar bisa berbaur dan layak menjadi bahagian dari kelompok masyarakat itu.

Jadi sosialisasi merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh perorangan di dalam kehidupannya supaya bisa menyesuaikan diri fdengan nilai, norma, budaya, kebiasaan dan cara hidup berkelompok.

Tinggalkan komentar