Contoh Tulisan Arab Assalamualaikum beserta Arti dan Hukum Mengucapkannya

TULISAN ARAB ASSALAMUALAIKUM –┬áKalimat assalamualaikum adalah kalimat yang dianjurkan untuk diucapkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam ketika masuk rumah, bertamu, dan ketika berpapasan dengan sesama muslim atau umat Islam.

Kalimat salam ini mempunyai makna yang substansial, esensial dan kebaikan untuk umat Islam. Kalimat ini mengandung arti yang sangat baik, karena pada intinya kalimat salam adalah sebuah doa keselamatan. Pada artikel ini akan membahas tentang arti dari tulisan arab assalamualaikum dan hukum mengucapkan sekaligus menjawab kalimat salam. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjut baca artikel ini.

Tulisan Arab Assalamualaikum dan Artinya

Tulisan arab assalamualaikum wr.wb
Sumber: tokopedia.com

Kalimat salam adalah kalimat yang sering diucapkan oleh setiap umat Islam, namun banyak umat Islam yang belum tahu tentang tulisan arab assalamualaikum. Bagi yang belum tahu tulisan arab assalamualaikum, bisa kita lihat pada gambar-gambar yang tercantum di artikel ini.

Kalimat salam mempunyai arti yang dalam dan lengkap, arti dari kata assalamualaikum yaitu “Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah dan barakah dari Allah untukmu”. Jadi jika kita pahami dengan seksama arti dari kalimat assalamualaikum, kalimat tersebut adalah sebuah doa yang sangat bagus.

Hukum Mengucapkan Salam

Tulisan arab assalamualaikum
Sumber: bikindesign.files.wordpress.com

Hukum mengucapkan salam yaitu sunnah, dan hanya boleh diucapkan kepada sesama umat muslim. Sedangkan kepada non muslim umat Islam dilarang mengucapkan kalimat salam assalamualaikum.

Hal tersebut berdasarkan dengan hadits Rasulullah yang artinya ” Janganlah kalian mendahului orang-orang Yahudi dan Nasrani memberi salam”. Jadi hadits ini sangat jelas melarang umat muslim mengucapkan salam assalamualaikum kepada selain umat muslim.

Jika umat non muslim memberikan salam kepada umat muslim, maka jawablah dengan yang jawaban yang baik, bahkan dianjurkan untuk menjawab salamnya non muslim dengan yang lebih baik lagi. Hal ini berdasarkan ayat Al-Quran Surat An-Nisa ayat 86, yang artinya ” Dan jika dihormati dengan suatu penghormatan, balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau yang serupa”.

Hukum Menjawab Salam

Wa_alaikumsalam
Sumber: postimg.org

Jika mengucapkan salam hukumnya sunnah, lain dengan menjawab salam. Menjawab salam hukumnya wajib atau fardu ‘ain bagi umat Islam, dengan catatan apabila kita sedang seorang diri. Dan apabila kita sedang berada di rombongan, maka hukum menjawab salam menjadi fardu kifayah, dengan catatan salah seorang dari rombongan sudah ada yang menjawab salam.

Hal tersebut bersandarkan pada hadits Rasulullah yang di riwayatkan oleh Ahmad dan Baihaqi yang artinya ” Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, salah satu darinya mengucapkan salam”.

Demikian informasi tentang arti tulisan arab assalamualaikum dan hukum mengucapkan salam dan menjawab salam. Artikel ini ditulis dengan sumber yang terpercaya dan pengetahuan dari penulis pribadi. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar