7 Tumbuhan Langka dan Unik Asli Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tambah Cinta Tanah Air

Indonesia adalah surga bagi flora yang tumbuh diatas tanahnya. Negara dengan belasan ribu pulau ini menjadi rumah untuk 28.000 lebih spesies tamanan bunga, diantara terdapat beberapa tumbuhan langka dan unik.

Selain 2.500 jenis anggrek yang berbeda, ada juga 122 spesies bambu, 350 spesies rotan dan 400 spesies dipterocarpus, semacam tanaman obat – obatan. Namun, berikut adalah 7 tanaman langka dan unik asli Indonesia yang sangat otentik.

Nepenthes maxima

flickriver.com

Kamu akan lebih familiar dengan nama Kantong Semar untuk menyebut tumbuhan langka dan unik yang satu ini. Tentu saja hal tersebut karena organ tumbuhan ini sangat jelas berbentuk menyerupai kantong.

Kantong semar memiliki enzim proteolase atau cairan asam yang berfungsi mencerna tubuh serangga yang terjerat. Di dunia ada 129 jenis tanaman ini dan 64 diantaranya berada di Indonesia.

Barangkali dari semua tumbuhan yang pernah kamu ketahui, inilah satu – satunya tumbuhan yang sangat aneh karena dianggap sebagai tumbuhan karnivora. Kantong semar tersebar di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Rafflesia arnoldi

alamendah.org

Mungkin kamu akan mengira tumbuhan yang tidak memiliki daun, batang dan akar ini sebagai bunga bangkai. Padahal berbeda, terdapat kesalahan informasi yang terlajur beredar luas sehingga menyamakan bunga ini dengan bunga bangkai.

Raflesia merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh di dalam batang liana (semacam tumbuhan merambat). Saat mekar dapat mencapai diameter 70 – 110 cm dengan tinggi 50 cm dan berat 11 kilogram.

Terdapat 30-an jenis Rafflesia arnoldi di dunia, 15 spesies diantaranya ada di Indonesia. Tumbuhan yang telah ditemukan sejak tahun 1818 ini bisa kamu temukan di Bengkulu, tanah yang dikenal sebagai the land of Rafflesia oleh dunia.

Anaphalis javanica

id.wikipedia.org

Kalau kamu seorang pendaki gunung sejati, kamu mungkin tidak akan asing mendengar nama Edelweiss. Inilah bunga abadi yang haram dipetik oleh para pendaki gunung dan pecinta alam.

Abadi karena memang bunga iniĀ  tidak akan layu meskipun dipetik dari tangkainya. Bunga Edelweiss yang lazim dikenal di Indonesia adalah yang tumbuh di dataran pegunungan pulau Jawa.

Sayangnya, bahkan pada tahun 1988 saja, catatan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mencatat sebanyak 636 batang diambil dari kawasan ini. Bahkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyatakan tanaman ini telah punah.

Myrmecodia tuberosa

myrmecodia.invisionzone.com

Taman bernama Sarang Semut ini mungkin belum pernah kamu lihat. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan epifit yang hidup menumpang pada tanaman lain (seperti bunga anggrek). Rongga tanaman menjadi tempat hidup dan bersarangnya semut.

Amorphophallus

news.detik.com

Nah, kalau yang ini baru namanya Bunga Bangkai. Bunga yang berbau busuk ini mempunyai ukuran bunga tertinggi dari bunga lainnya. Tumbuhan ini bahkan dapat melakukan dua fase kehidupan, fase vegetatif dan fase generatif.

Terdapat sekitar 170 jenis bunga bangkai yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis.

Johannesteijsmannia altifrons

flickr.com

Nama asli tanaman ini dikenal di Indonesia sebagai Daun Sang. Daunnya tampak langsung menyembul dari dalam tanah. Tumbuhan langka dan unik ini Termasuk jenis tumbuhan anggota palem – paleman (arecacae).

Panjang daunnya dapat mencapai 6 meter dengan lebar 1 meter. Umumnya tumbuhan ini hidup di Sumatera dan Kalimantan.

Ficus annulata

indonesia.mongabay.com

Tumbuhan langka dan unik ini memiliki beberapa nama, Ara Pencekik atau Beringin Pencekik atau Kiara Koneng. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan parasit yang menempel pada pohon lain.

Sebagai tumbuhan parasit, tumbuhan ini akan menyerap nutrisi dari pohon yang ditempelinya. Tumbuh di kawasan Indo China, Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Satu pemikiran pada “7 Tumbuhan Langka dan Unik Asli Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tambah Cinta Tanah Air”

Tinggalkan komentar