Struktur dan Manfaat Tumbuhan Paku yang Penting Untuk Diketahui

Tumbuhan paku dalam ilmu biologi disebut juga Pteridophyta.Tidak seperti tumbuhan lumut strutur pada  tumbuhan paku lebih komplit karena memiliki daun, akar, dan batang sejati. Tubuhan paku biasanya tumbuh didaerah yang lembab, namun tumbuhan paku ini juga bisa tumbuh diberbagai tempat yang lainnya seperti di atas tanah,menempel di pohon, dan di air.

Berikut ini beberapa ciri-ciri tumbuhan paku:

  • Tumbuhan paku merupakan Organisme eukariotik dan multiseluler.
  • Tumbuhan paku disebut kormophyta berspora. Karena  Sudah memiliki akar, daun dan batang sejati

Adapun struktur penunjang tumbuhan paku diantaranya.

Struktur Akar

sciencebooth.com
sciencebooth.com

Struktur Akar pada tumbuhan paku berbentuk serabut yang terdiri dari korteks, epidermis dan silinder.

Struktur Batang

slideplayer.infoslideplayer.info

Struktur batang tumbuhan paku juga terdiri dari korteks, epidermis, dan silinder pusat. Pada silinder pusat pada tumbuhan paku terdapat berkas pembuluh angkut, yaitu xilem dan floem yang berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis keseluruh tubuh  tumbuhan paku.

Struktur Daun

www.gbif.orgwww.gbif.org

Struktur daun tumbuhan paku terdiri atas jaringan mesofil,  epidermis, dan pembuluh angkut.daun tumbuhan Jika ditinjau dari ukuran daun, maka daun tumbuhan paku berukuran besar (makrofil) yang sudah memiliki tangkai, jaringan tiang, bertulang daun, bunga karang, dan juga memiliki stomata serta mesofil  dan ada yang berukuran kecil (mikrofil) yang tidak bertangkai dan tidak bertulang.

Tumbuhan paku cukup berperan penting meskipun masih banyak orang yang tidak mengetahui fungsi tanaman tersebut. Dan berikut ini beberapan fungsi dari tanaman paku, meliputi:

  1. Tanaman Hias
  2. Sayuran (semnngi dan paku garuda)
  3. Pupuk Hijau (Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan Anabaena azolle)
  1. Obat-Obatan : Fungsi dari tumbuhan paku adalah digunakan sebagai obat diuretik yaitu Equisetum (paku kuda) dan juga digunakan sebagai obat luka yaitu Selaginella.
  2. Bahan Bangunan : Pasti kamu baru tahu jika tumbuhan paku dapat dijadikan bahan bangunan. Tumbuhan paku Alsophila glauca  banyak digunakan untuk pembuatan tiang bangunan.
  1. Alat Penggosok : Manfaat tubuhan paku yang ke 6 adalah sebagai pembersih biasanya Fequisetum sp yang  banyak dimanfaatkan sebagai alat penggosok/ampelas.
  1. Bahan Pembuatan Petasan : Tumbuhan paku Lycopodium sp dan Pyrotechnics ini dapat digunakan sebagai Bahan pembuatan petasan

 

 

Tinggalkan komentar