Spesifikasi Tentang Tumbuhan Venus

Tumbuhan Venus  disebut juga dengan nama The Venus Flytrap. Tumbuhan venus merupakan sebuah tanaman yang bisa menangkap serangga untuk mendapatkan nutrisi. Jadi perlu kamu tahu bahwa tanaman venus menangkap serangga untuk mendapatkan nutrisinya saja bukan untuk memenuhi kebutuhan energi tumbuhan venus.

Selain membutuhkan air, tanaman juga  memerlukan zat hara  untuk membantu  proses fotosintesis  karena sebagai media pembentukan energi. Karena saat fotosintesis tumbuhan memerlukan unsur-unsur seperti fosfor, nitrogen, dan karbon yang digunakan sebagai bahan baku proses fotosintesis. Dengan menggunakan proses kapilaris di akarnya tumbuhhan mengambil semua unsur yang diperlukan dari dalam tanah. Karena tumbuhan venus biasanya hidup di tempat yang minim tanah, sehingga untuk memenuhi nutrisinya dengan cara mengkap hewan serangga, seperti laba-laba, belalang, jangkrik, kumbang dan lain sebagainya. Karena tumbuhan ini dapat mengkap serangga sehingga tanaman ini termasuk kedalam tanaman insektivora dan tergolong tanaman terunik yang ada di dunia.

www.chigulolli.blogspot.com
www.chigulolli.blogspot.com

Untuk mengecoh mangsanya tanaman venus menggunakan  tampilan dan aroma yang khas sehingga serangga mau untuk menghampirinya. Sehingga banyak serangga yang terkecoh lalu tertangkap oleh tanaman ini karena dalam tanaman ini memiliki kemampuan menutup daunnya denagn sangat cepat sehingga serangga tidak bisa menghindarinya.

Dalam bahasa latin Tumbuhan venus bernama  Dioneae muscipula. Tumbuhan venus mempunyai bentuk daun mirip sekali dengan buku yang terbuka,  pada bagian dalam dari tumbuhan venus ini memiliki warna merah yang bagus dan menawan sehingga hal ini mampu menarik perhatian serangga yang ada disekitar tanaman ini. Selain warna yang menawan tanaman ini jega memilki kelenjar atau cairan yang beraroma sedap sehingga dapat membuat serangga tertarik untuk hinggap pada tanaman ini.

Nah, sensor pada tumbuhan venus akan mengaktifkan sistem elektrik rumit ketika ada serangga hinggap diantara permukaan daun sehingga daun tersebut akan menutup rapat-rapat, daun semakin mengapit erat ketika serangga berusaha untuk kabur sehingga tak ada serangga yang bisa lolos ketika sudah terjebak dalam perangkap tanaman venus ini. Secara perlahan serangga yang sudah terjebak akan dicerna oleh cairan yang berada didalam kantung tumbuhan venus.

Tinggalkan komentar