Ukuran Foto 10R dalam mm, cm, dan Inchi beserta Penjelasannya

UKURAN FOTO 10R – Di dalam dunia percetakan foto, ada istilah tertentu yang tidak diketahui banyak orang. Seperti bahasa-bahasa tertentu untuk sebutan ukuran cetak foto, seperti ukuran foto 2R, 3R, 4R, sampai seterusnya. Bagi mereka yang sudah bertahun-tahun hidup di dunia percetakan foto, bahasa ini tentunya sudah merupakan bahasa kesehariannya.

Namun, bagi orang awam atau orang yang tidak tahu-menahu tentang dunia percetakan foto, bahasa-bahasa tersebut tentu masih membingungkan. Perlu dikeahui, sebutan ukuran seperti 2R, 3R, 4R, atau 10R dan seterusnya merupakan sebutan-sebutan yang sudah menjadi standar di dunia perfotoan.

Bahkan, sebutan tersebut sudah ditetapkan oleh standar Internasional (ISO). Jadi, di negara lain pun juga memakai sebutan tersebut untuk masalah cetak foto. Sebutan seperti 10R sebenarnya hanya untuk menggantikan ukuran standar yang sudah ditentukan. Maksudnya, di dalam sebutan 10R terdapat ukuran yaitu 25,4 x 30,5 cm.

Sebutan-sebutan di dalam tersebut ada baiknya, kita ketahui dan ingat-ingat. Terutama bagi yang sering mencetak foto. Supaya ketika ditanya oleh tukang cetak foto, kita tidak perlu banyak tanya, atau banyak ditanya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh lagi seputar ukuran foto.

Ukuran Foto 10R

Ukuran foto 10R
Sumber: haiwiki.info

Ukuran 10R merupakan ukuran foto yang paling familiar, karena ukuran 10R merupakan ukuran cetak foto yang paling sering dipakai oleh banyak orang. Alasannya, ukuran 10R merupakan ukuran yang paling bagus untuk dipajang. Maksud dari kata paling bagus adalah ukuran 10R ini tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jadi, karena alesan inilah ukuran tersebut sering dipakai.

Banyak orang yang belum tahu berapa ukuran sebenarnya dalam kategori 10R. Seperti yang sudah disinggung di atas, ukuran foto 10R jika dideskripsikan dalam satuan centimeter (cm) yaitu 25,4 x 30,5 cm. Ukuran tersebut kurang lebihnya sebesar ukuran kertas quarto. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat tabel di bawah ini.

  • Ukuran foto 10R = 254 X 305 milimeter (mm).
  • Ukuran foto 10R = 24,5 X 30,5 centimeter (cm).
  • Ukuran foto 10R = 10,0 X 12,0 inchi.

Demikian, sedikit penjelasan ukuran foto 10R dalam cm, mm, dan inchi. Jadi, sebelum mencetak foto sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu ukuran-ukuran foto, supaya tidak terjadi kesalahan atau hasil yang tidak memuaskan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar