Ukuran kertas A4

Ada banyak sekali ukuran kertas yang bisa kamu pilih. Mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A4s, A5 dan masih banyak lagi lainnya. Standar ukuran kertas tersebut meliputi ukuran – ukuran amplop yang dikeluarkan dan sesuai dengan ukuran kertas Internasional.

Ketika kamu bersekolah juga kamu pasti mengenal apa itu mesin cetak kertas yang digunakan untuk keperluan sehari – hari. Selain itu kertas ukuran A4 juga merupakan ukuran standar dalam bentuk surat menyurat kantor maupun tugas kuliah dan sekolah.

Banyak dosen atau guru yang menganjurkan murid – muridnya menggunakan kertas A4 untuk mencetak tugas. Kamu mungkin baru mendengar apa itu kertas ukuran A4, bukannya kertas itu ukurannya sama saja? Setiap kertas mempunyai ukuran yang berbeda satu – sama lain sesuai dengan kebutuhan, kertas yang paling sering dipakai adalah kertas dengan ukuran A4 dan F4.

kertas-ukuran-a4
www.all-size-paper.com

Jika kamu terbiasa cetak fotokopi dokumen, kertas yang kebanyakan digunakan oleh tempat fotokopi adalah kertas dengan ukuran F4. Hal itu karena kertas F4 mempunyai lebar yang sama dengan A4 hanya berbeda sedikit pada panjangnya. Jadi ketika kamu mencetak fotokopi A4, maka petugas fotokopi akan mencetaknya dan memotong bagian bawah sesuai dengan ukuran kertas A4.

Kertas ukuran A4 mempunyai lebar 210 milimeter atau 21 centimeter dengan panjang 297 milimeter atau 29,7 centimeter. Penggunaan kertas A4 lebih bersifat penting atau formal. Jika kamu adalah seorang mahasiswa, maka kamu tidak akan asing lagi dengan kertas ukuran A4. Hal ini dikarenakan hampir setiap tugas yang kamu kerjakan harus dicetak dalam ukuran kertas A4. Selain itu yang juga menggunakan kertas ukuran A4 adalah skripsi untuk jenjang S1 dan thesis untuk jenjang S2.

Ketika kamu bekerja dan disuruh membuat surat penting, sebaiknya kamu juga menggunakan kertas A4 karena sifat formalnya. Dalam penggunaan kertas, gunakan secara bijaksana karena setiap lembar kertas yang kamu pakai merupakan hasil dari penebangan pohon di hutan Indonesia. Setiap 1 buku sama dengan 300 batang pohon. Hemat kertas sama artinya dengan menyelamatkan ratusan bahkan jutaan pohon. Demikian ulasan mengenai ukuran kertas A4, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar