Umbul Ponggok, Tempat Asyik untuk Berenang, Snorkeling, Hingga Diving

UMBUL PONGGOK – Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang kemudian dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup dikenal di daerah Klaten. Dasar kolam yang indah di tambah ada banyak jenis ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok membuat tempat ini menjadi lokasi favorit untuk snorkeling. Selain itu tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan diving.

Berbeda dengan kolam renang kebanyakan yang biasanya lantai dasarnya menggunakan keramik. Dasar kolam Umbul Ponggok masih sangat alami yakni berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan dan diisi dengan ribuan ikan hias sehingga memberikan sensasi seperti berada di bawah laut.

Kegiatan snorkeling biasanya dilakukan di laut yang kondisi perairannya tenang yang memiliki banyak terumbu karang dan ikan yang indah. Saat ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke laut untuk melakukan aktivitas tersebut, karena hal itu bisa kamu lakukan di Umbul Ponggok. Umbul Ponggok memiliki beberapa wahana yang bisa kamu nikmati, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Panorama Bawah Air yang Indah

Panorama Bawah Air yang Indah
catatanhariankeong.com

Umbul Ponggok mempunyai pemandangan/panorama bawah air yang sangat menawan. Kolam buatan ini dibuat dengan unsur-unsur alami diantaranya adalah dasar kolam yang menggunakan pasir dan diisi berbagai jenis air tawar yang akan membuat kamu merasa damai dan bahagia.

Snorkling? Why Not

Snorkling di Umbul Ponggok
tribunnews.com

Biasanya aktivitas snorkeling dilakukan di laut dengan perairan yang tenang. Tapi saat ini untuk melakukan aktivitas tersebut tidak perlu datang jauh-jauh ke laut, karena aktivitas tersebut bisa kamu lakukan di kolam buatan Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok mempunyai pemandangan bawah air yang sangat menawan, tidak kalah dengan Karimun Jawa atau tempat wisata laut daerah lain. Dasar kolam Umbul Ponggok yang berpasir dan berbagai jenis ikan warna-warni bisa kamu nikmati dengan snorkeling.

Air Kolam sangat Jernih dan Berkualitas

Air Kolam sangat Jernih di Umbul Ponggok
catatanhariankeong.com

Kebanyakan kolam renang di Indonesia memiliki kualitas air yang kurang baik, hal ini sangat berbeda dengan kolam Umbul Ponggok. Air yang digunakan untuk mengisi kolam di Umbul Ponggok berasal dari sumber alami sehingga airnya sangat jernih.

Sumber air di kolam ini sangatlah deras sehingga air yang ada di kolam akan terus mengalir. Hal inilah yang membuat kualitas air di sini sangat jernih, selain itu dengan air yang terus mengalir, tentu tidak akan berbahaya bagi kesehatan kulit pengunjung ketika berenang.

Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas di Umbul Ponggok
harianjogja.com

Ketika awal pembangunan, Umbul Ponggok masih sangat sederhana. Fasilitas yang tersedia hanya berupa 4 kamar ganti baju untuk pengunjung. Selain itu hanya ada beberapa warung yang menawarkan beberapa makanan dan minuman hangat bagi para pengunjung.

Saat ini pengelola tempat wisata ini sudah mulai berbenah. Umbul Ponggok sekarang sudah dilengkapi berbagai infrastruktur tambahan. Kamar ganti pakaian diperbanyak, warung makan sudah mulai dirapikan dan tempat persewaan alat-alat renang yang makin lengkap.

Selain itu juga tersedia kamera anti air, pelampung, alat-alat diving dan snorkeling yang bisa kamu sewa dengan harga yang terjangkau.

Akses yang Mudah Dijangkau

Akses Umbul Ponggok
detik.com

Lokasi obyek wisata yang satu ini cukup strategis yakni di pinggir jalan raya. Bila datang dari Jogja kamu tinggal melewati Jatinom kemudian lurus ke utara.

Akses lokasi di tempat ini sangat mudah, karena jalannya sudah sangat halus untuk dilewati kendaraan roda dua atau roda empat. Selain itu di lokasi wisata terdapat lahan parkir yang cukup luas sehingga kendaraan kamu aman.

Rute Menuju Umbul Ponggok

Umbul ponggok terletak di desa Ponggok yang berada lumayan jauh dari jalan jogja-solo. Untuk menuju kesana harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum pernah terlihat kendaraan umum yang melewati umbul ponggok.

Tapi jangan kawatir karena jalan masuk ke umbul pondok cukup mudah untuk ditempuh menggunakan motor ataupun mobil, dan disepanjang jalan juga banyak terdapat penunjuk jalan untuk menuju ke desa Ponggok.

Sebenarnya banyak rute lain yang bisa dilewati untuk sampai ke Umbul Pondok. Tapi rute yang akan saya beritahukan adalah rute termudah (bukan tercepat) menuju ke lokasi Umbul Ponggok.

Jika kamu dari arah Jogja, carilah GOR Klaten kemudian ikuti jalan utama arah menuju Karanganom. Lihat-lihat juga kalau terdapat penunjuk arah ke desa wisata Ponggok dan jangan malu memakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar alias tanya jalan ke orang-orang daripada tersesat di jalan).

Dari rute ini nantinya akan ada 3 pertigaan yang membuat sedikit bingung. Pertigaan pertama yaitu berada ditengah sawah yang rumah sepi, dari sini kemudian ambil arah kanan lalu ikuti jalan utama kembali.

Pertigaan kedua cukup ramai, ambil arah kiri dipertigaan kedua ini. Sekitar 50 meter dari pertigaan kedua ada pertigaan ketiga, dan disini harusnya sudah ada penunjuk arahnya juga, ambil kanan dan ikuti jalan utama. Jika sudah terlihat banyak tambak ikan disisi jalan berarti sudah dekat, dari arah umbul ponggok berada disisi kiri jalan. Jangan malu untuk bertanya kembali.

Jika kamu dari arah Solo, maka carilah pasar Delangu. Dari perempatan lampu merah pasar delangu maju sekitar 200 meter sampai ada Toko olahraga JEMPOL dikanan jalan, belok ke kanan dan ikuti jalan disamping toko tersebut, jika ragu karena terdapat rambu dilarang lewat cuekin aja hehe. Lurus terus ikutin jalan utama menuju Polanharjo.

Karena banyak terdapat pertigaan disepanjang jalan, terus ikuti jalan utamanya. Cari rambu petunjuk jalan ke arah Klaten kota atau Karanganom sampai kamu menemukan sebuah gapura besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK berarti kamu sudah dekat.

Tetap tetap ikuti jalan utama sampai masuk ke perkampungan dan menemukan tugu ikan kemudian belok kiri. Letak umbul ponggok kira-kira 50 meter dari tugu ikan tadi.

Jika masih bingung untuk denah lengkapnya, kamu bisa menggunakan google maps dan jangan malu untuk bertanya.

Harga yang Sangat Terjangkau

Daftar sewa alat snoerkling di Umbul Ponggok
missrisna.blogspot.com

Untuk menikmati semua wahana yang ada di Umbul Ponggok kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 5000,-. Harga ini tentu sangat terjangkau untuk sebuah obyek wisata air sekelas Umbul Ponggok.

Dengan tiket tersebut kamu sudah bisa berenang sepuasnya dan melihat pemandangan bawah air yang tidak terlupakan. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, teman atau pasangan kamu.

Tips Memotret di Umbul Ponggok

cara menfoto di dalam air
http://shooteditlearn.com/

Salah satu hal yang harus dilakukan saat berwisata ke Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir.

Karena di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam. Jika kamu ingin pemotretan yang berkonsep, di Umbul Pondok juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga yang relatif murah.

Jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, wisatawan disarankan datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Sedangkan untuk akhir pekan Sabtu – Minggu untuk mendapat hasil foto yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari, akan menghasilkan gambar yang lebih bagus dan keren karena air umbul lebih jernih pada saat sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala.

Selain itu kalau siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus dan keren.

Rahasia Memasukkan Motor Ke Dalam Air

cara memasukakn motor ke air di umbul ponggok
https://i.ytimg.com

Ternyata tak sedikit traveler yang bertanya gimana caranya memasukkan motor ke dalam kolam air di wisata Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Belakangan ini memang sangat viral sekali mengenai objek wisata yang unik ini.

Wara-wiri foto-foto selfie anti-mainstream dengan menggunakan motor asli di dalam kolam Umbul Ponggok. Umbul Ponggok Klaten yang semula merupakan sumber irigasi perkebunan dan sumber air masyarakat sekitar, kini telah berubah menjadi tempat wisata paling hits karena foto-foto epiknya yang luar biasa dan keren.

Mungkin bagi sebagian orang memang benar sih jika ada pertanyaan “ngapain mereka melakukan hal itu? Kan sayang-sayang motornya.” Apalagi kalau yang diturunkan motor Ninja 250 cc. Gila bukan! Dengan usaha yang tidak mudah, akhirnya pose ekstrim bisa didapatkan.

Nah, kami Satujam.com mendapatkan informasi langsung dari seorang traveler yang menurunkan motornya bersama teman-temannya. Tak tanggung-tanggung, ada sekitar sembilan motor trail yang diturunkan hingga ke dasar kolam Umbul Ponggok, Klaten.

Pasti kalian penasaran kan bagaimana caranya? Kok bisa sih! Jadi tambah penasaran ya? Yuk kita simak, bengini ternyata caranya memasukkan motor ke dalam kolam Umbul Ponggok.

Pertama yang dilakukan adalah mengosongkan tangki bensin dan kuras hingga bersih. Lalu kosongkan oli mesin dan kuras sampai bersih juga. Jika diperlukan, copot knalpot dan sumpal lubang menuju mesin dan karburator.

Tenang, semua sudah dipastikan bahan kimia tidak mencemari air di kolam umbul ponggok.

Kemudian turunkan motor pelan-pelan ke dalam kolam. Saat motor sudah di dalam kolam, berikan pemberat agar motor tidak oleng karena terombang-ambing ombak dari perenang yang berkeliaran.

Jika semua sudah siap, tinggal kalian siap pose bersama pasangan di dalam air.

Tips untuk fotonya, cari posisi yang setepat mungkin, agar tidak salah tempat dan hasil tidak mengecewakan.

Selain motor, banyak juga benda-benda lain yang dimasukkan, seperti meja, kursi, laptop, stand payung, dekorasi pintu taman, kursi taman, dan masih banyak lainnya. Itu semua dimasukkan ke dalam air dengan usaha keras. Dan hasil pun tidak mengecewakan.

Untuk mengambil gambar dengan pose di atas motor atau santai di kursi taman, kamu terlebih dahulu haru mencoba wahana snorkling. Dengan mencobanya, kamu disewakan alat-alat snorklingnya, lalu bersiaplah untuk menyelam dan berpose ria di dalam air.

Unggulnya wisata Umbul Ponggok ini airnya langsung berasal dari mata air, jadi airnya terlihat jernih dan pastinya air tawar. Saat kamu berfoto ria di dalamnya, maka hasil foto akan terlihat jelas.

Walaupun hanya kolam dan berisi air tawar, saat menyelam sensasinya berasa menyelam di laut lepas, dengan keindahan biota bawah lautnya. Di dalamnya juga terdapat banyak ikan yang menghiasi kolam, menambah kesan lagi serasa menyelam di laut.

Buat kamu yang penasaran, ayo segera sambangi umbul ponggok yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Setelah mencobanya, pasti kamu berasa ketagihan dan ingin terus berlama-lama di dalam air untuk mengabadikan moment. Tapi enggak mungkin, masa kamu mau tinggal di dalam kolam Umbul Ponggok? hehe.. Saya rasa tiga puluh menit juga sangat puas untuk mengabadikan momen.

Tenang guys, karena wisata Umbul Ponggok ini berada di Klaten, Jawa Tengah. Kamu enggak perlu khawatir akan biaya akomodasi untuk transportasi, makan, dan penginapan. Di Jawa Tengah untuk kebutuhan makan dan penginapan masih terbilang murah dan terjangkau.

Tips Agar Tetap Aman dalam Berwisata di Umbul Ponggok

Berwisata tak akan terasa lengkap jika kita tak melengkapi perjalanan kita tak aman dan penuh kenyamanan bukan. Nah saya akan memberikan beberapa tips untuk anda agar tetap bisa menikmati Wisata di Umbul Ponggok ini agar tetap aman dan nyaman. Berikut diantaranya :

  • Selalu Melengkapi Perlengkapan untuk Renang dan Diving
sukagitu.com
sukagitu.com

Wisata di Umbul Progo identik dengan berenang, diving, ataupun snorkeling. Alangkah lebih baik untuk kita agar selalu melengkapi perlengkapan berenang kita baik untuk kita sendiri ataupun keluarga.

Selalu siapkan seperti pelampung atau juga masker, snorkel, dan fins terutama untuk kamu yang ingin melakukan snorkeling di Umbul Ponggok. Oh ya, selalu periksa dahulu apakah alat-alat tersebut siap untuk digunakan agar kerusakan saat penggunaan menjadi minim.

Masker dibutuhkan untuk kita tetap bisa melihat objek lebih jelas saat snorkeling. Jadi seperti ikan, karang, bebatuan, dan juga koral serta objek menarik lainnya akan tetap terlihat dan memanjakan mata kita saat snorkeling.

Lalu periksa juga snorkel. Kegunaan snorkel adalah sangat penting sekali terutama untuk membantu kita saat bernafas waktu berenang di dalam air.

Periksa juga fins atau kita biasa menyebutnya dengan kaki katak. Kaki katak disini berguna untuk memudahkan pergerakan kita di dalam air sehingga tidak ada kendala disaat berenang.

Apakah anda perlu membawah semua perlengkapan tersebut dari rumah? Sebenarnya kalian tidak perlu khawatir, terutama bagi kalian yang tidak ingin merogoh kantong terlalu dalam hanya karena untuk digunakan sekali dua kali pakai.

Itu dikarenakan Wisata Umbul Ponggok sendiri selalu siap sedia pagi para pengunjung dengan menyediakan penyewaan untuk peralatan berenang seperti yang telah saya sebutkan diatas. Tentunya dengan tarif yang cukup menarik untuk kalian coba.

  • Periksa Kembali Perlengkapan Diving
cara memeriksa perlengkapan diving
squarespace.com

Seperti yang saya jelaskan diatas agar anda selalu memeriksa peralatan renang sebelum menggunakannya. Ayo sekarang kita belajar bersama tentang bagaimana caranya mengecek dan tips dalam memilih peralatan yang tepat saat anda nanti menyewa di sana.

Pertama untuk penggunaan masker. Selalu pilih masker yang benar-benar cocok untuk muka anda, terutama yang pas dan juga terasa nyaman dan biasanya terbuat dari bahan silikon.

Caranya adalah dengan mencoba masker tersebut lalu menggelengkan kepala. Jika posisi masker tetap dan tidak bergeser, berarti masker tersebut pas dan cocok untuk anda kenakan.

Yang kedua, kita beralih ke snorkel. Untuk snorkel, pilih ukuran yang tidak terlalu panjang juga tidak terlalu kecil namun berdiameter besar. Dengan snorkel yang tepat membuat kita lebih mudah dsaat pengambilan atau juga saat menghembuskan udara dari nafas kita saat snorkeling.

Dan untuk anda agar lebih nyaman dalam snorkeling, selalu pilih snorkel yang lentur dan elastic agar tidak mengganggu gerak renang anda.

Sedangkan untuk pemilihan fins, selalu pilih yang pas sesuai dengan ukuran kaki anda, tidak terasa sempit atau bahkan longgar untuk kaki. Periksa juga apakah tidak ada kecacatan dan pastikan masih kokoh. Dengan begitu anda tetap merasa nyaman saat snorkeling.

  • Ikuti Pemandu Wisata Umbul Ponggok dan Selalu Pastikan Bersama dengan Teman
berenang bersama pemandu di umbul ponggok
http://kampoengilmu.com/

Pesona wisata yang disajikan oleh Umbul Ponggok memang tidak berbeda jauh dengan indahnya disaat kita melakukan wisata di bawah laut, tetapi walaupun hanya berupa sebuah kolam. Kalian tetaplah harus hati-hati.

Jangan sampai hanya karena saking asyiknya menikmati keindahan wisata Umbul Ponggok. Anda menjadi lupa diri sehingga terpisah dari pemandu wisata ataupun juga teman-teman anda.

Tetap berada di dekat pemandu wisata ataupun juga teman-teman anda itu sangat penting loh. Ini agar kalian bisa tetap saling mengawasi dan diawasi satu sama lain sehingga jika terjadi sesuatu bisa saling menolong.

Misalkan saja jika salah satu dari kalian atau mungkin kamu sendiri mengalami kram atau hal lain yang bisa mengancam keselamatan, salah satu dari kita bisa dengan cepat mengambil pertolongan pertama bukan. Jadi jangan lupa selalu utamakan keselamatan disaat berwisata ya teman.

 Pemanasan dan Makan Sebelum Menyelam Itu Penting

makanan bergizi untuk nyelem
http://menyehatkanmu.blogspot.co.id

Air yang terdapat di Umbul Ponggok sangat jernih, bersih dan juga dingin, hal tersebut karena air berasal dari sumber air dalam tanah yang cukup besar dan mengalir keluar menjadikan air selalu bersih dan segar.

Tentu saja saat kamu berlibur ke Umbul Ponggok tidak akan sempurna bila kamu tidak menjeburkan diri ke air kan? Nah, kamu bisa bersenang bisa atau melakukan diving serta snorkling, disina tentunya cukup aman karena ombatnya tidak besar, berbeda dengan dilaut.

Hal ini sangat pas untuk pemula, dan pastinya kalau kamu banyak berenang dan menyelam akan banyak banget menguras energi. Tentunya kamu butuh asupan makanan yang lebih untuk dijadikan energi saat berenang. Dan juga jangan lupa lakukan pemanasan otot secukupnya.

Sebelum membahas ke kuliner sekitara umbul ponggok, enaknya bahas kuliner kalau udah selesai nyelem ya kan. Hehehe. Nah aku bahas dulu ya kira-kira makanan apa yang pas buat kamu sebelum berenang dan nyelem di umbul ponggok.

Makanan yang pas untuk kamu konsumsi sebelum yang baik yaitu makanan yang ringat ga terlalu banyak namun awet diperut, kamu bisa memilih makan-makanan dari gandum seperti roti tawar, ditambah coklat dan madu.

Makanan tersebut bagus untuk pemacu energi yang besar saat kamu beraktifitas lebih, namun tidak apa juga jika kamu mengkonsumsi nasi atau mie, makan nasi biasanya akan lebih cepat membuatmu lapar kembali, untuk itu imbangi dengan laut ikan atau daging di tambah dengan minum susu.

 Kuliner Disekitar Umbul Ponggok

kuliner enak disekitar umbul ponggok
kulinersehat.com

Nah, setelah kamu puas berenang dan nyelem, pastinya kamu butuh makan enak kan? Ngaku deh, hal itu wajar karena energi kita sudah terpakai oleh aktivitas berenang barusan. Untuk itu acara selanjutnya yang nikmat adalah makan-makan alias wisata kuliner.

Di dalam lingkungan wisata sendiri ada banyak warung-warung makan yang menyediakan makanan-makanan untuk pengunjung, di sana ada yang menjual nasi uduk, mie ayam, bakso, dan nasi sayur dengan berbagai lauk seperti ikan nila, ayam dan juga telur.

Jika kamu tidak mau mencari-cari makanan keluar, kamu bisa menikmati kuliner dilingkungan dalam umbul ponggok. Sudah lengkap ya disana, jadi kamu tidak perlu khawatir nanti mau cari makan dimana.

Namun saat hari libur umbul ponggok cukup padat pengunjung, tentunya kita tidak bisa begitu menikmati. Warung-warung makannya juga cukup ramai dan kamu harus bersabar mengantri makanan dan juga tempat.

Kalau pas sepi sih enak, kamu bisa sambil menikmati pemandangan air umbul ponggok. Nah, buat kamu yang tidak menyukai keadaan seperti itu baiknya kamu keluar lokasi buat cari warung warung makan sekitar umbul ponggok.

Di sekitar tempat wisata ini banyak lho warung-warung makan warga yang banyak menjual pilihan menu, ada juga yang khusus seperti bakso, mie ayam dan bakmi. Karena lokasi umbul ponggok isni berada di dalam Kabupaten Klaten, di pedasaan yang berbeda dengan suasana kota yang dekat pinggir jalan raya besar.

Di sana banyak warung-warung makan milik warga sekitar. Kamu bisa menikmati makan seusai wisata disana, di warung-warung makan warga sekitar.

Momen Yang Pas untuk Berwisata di Umbul Ponggok

momen untuk berwisata di umbul ponggok
www.nunggumacet.com

Momen yang pas buat kamu untuk berwisata di umbul ponggok adalah seperti momen perayaan ulang tahun teman, momen mendekati kelulusan kuliah, atau momen mau penutupan masa jabatan organisasi di kampus.

Dulu penulis waktu masih kuliah di Amikom, bersama rekan-rekan organisasi berlibur ke umbul ponggok buat menikmati liburan nyelem bareng. Rasanya menyenangkan sekali lho, melepas suntuk dari padatnya kota Jogja, pusingnya tugas kuliah dan juga proker-proker kegiatan kampus.

Sungguh momen yang tidak terlupakan, selain itu momen yang menyenangkan juga bisa bareng sama keluarga. Liburan dan berenang bareng sama Ibu, Ayah, kakak dan adik sebagai liburna keluarga juga sangat cocok sekali wisata umbul ponggok ini.

 

Tinggalkan komentar