Untuk Kamu Pecinta Tanaman, Inilah 5 Pohon Terunik di Dunia

Pohon adalah salah satu makhluk yang hidup sejak berabad-abad silam, tahukah kamu bahwasannya masih banyak pohon yang zaman dahulu masih bertahan hingga sekarang. Saking lamanya ada juga pohon yang memiliki bentuk yang unik-unik seperti pohon dibawah ini. Yuk, mari disimak.

 

Pohon Darah Naga

nuansaduniakita.blogspot.com
nuansaduniakita.blogspot.com

Pohon Darah Naga adalah salah satu jenis pohon yang sangat langka. Pohon ini berasal dari kepulauan Socotra, pulau kecil dari empat pulau yang berada di tengah Samudera Hindia. Pulau ini juga dikenal sebagai “Galapagos di Samudera Hindia”. Galapagos juga menjadi pulau tempat tinggal sejumlah spesies menarik.

Disebut sebagai Pohon Darah Naga karena jika pohon ini disayat sedikit akan mengeluarkan cairan berwarna merah, seperti darah. Pada abad pertama Masehi “Darah” yang keluar pada pohon ini digunakan sebagai bahan pewarna dan obat-obatan.

Pohon Darah Naga ini memiliki bentuk yang aneh seperti payung agar dapat bertahan hidup dalam kondisi kering dan daerah dengan tanah yang berbatu.

Pohon Tule

paling-unik-s.blogspot.com
paling-unik-s.blogspot.com

Pohon Tule adalah pohon cemara Montezuma perkesa, pohon ini berada di pusat kota Santa Maria del Tule bagian Oaxaca, Meksiko. Pohon ini berumur sekitar lebih dari 2.000 tahun.

Dengan umurnya yang telah mencapai 20 abad ini menjadikannya sebagai salah satu pohon tertua di dunia. Bentuk dari pohon ini telah bertransformasi sedemikian rupa dikarenakan umurnya yang panjang, sehingga jika dilihat sepintas kamu dapat melihat wajah goblin dan monster di batang pohon Tule ini.

Pohon Oak Malaikat

Pohon Oak Malaikat
Pohon Oak Malaikat adalah salah satu pohon yang berumur 1.500 tahun, pohon ini berada di Johns Island, South Carolina, Amerika Serikat. Pohon ini memiliki batang dan daun yang lebar seperti seorang malaikat. Pohon ini memiliki tinggi hingga 84 meter dan cabangnya memiliki panjang 300 meter.

Pohon Oak ini diperkirakan sebagai organisme tertua yang telah ada di sungai Missisissippi. Pohon ini juga berhasil selamat dari sejumlah bencana alam yang menghantam kawasan tersebut. Di antaranya gempa bumi pada tahun 1886, banjir serta topan pada tahu 1989.

Elia Bouybon, Pohon Zaitun dari Vouves

photoshelter.com
photoshelter.com

Pohon Elia Bouybon adalah pohon zaitun tertua di dunia, hingga saat ini. Pohon ini berada di Kreta, Yunani. Walaupun pohon ini tertua di dunia, namun masih menghasilkan minyak zaitun.

Para peneliti yang berada di Kreta memprediksi bahwa pohon Elia Bouybon ini berusia sekitar antara 3.500 hingga 4.000 tahun. Pohon ini memiliki tebal hingga 45 meter.

Pohon Teko Baobab

aliexpress.com
aliexpress.com

Pohon Teko Baobab adalah salah satu bagian dari spesies Adansonia. Pohon ini berada di kawasan Afrika, tapi bisa juga kamu temukan di Asia dan kawasan Peninsula Arab. Jika kamu pergi ke Madagaskar kamu akan menemukan banyak sekali pohon ini.

Pohon ini sangat unik karena berbentuk menyerupai seperti botol atau teko.  Pohon ini mampu menampung air hingga 120 ribu liter. Dan usianya pohon ini sekitar 1.200 tahun.

Satu pemikiran pada “Untuk Kamu Pecinta Tanaman, Inilah 5 Pohon Terunik di Dunia”

Tinggalkan komentar