Pengertian Variabel Menurut Para Ahli dan Jenis-jenisnya

VARIABEL ADALAH – suatu yang bersikap berubah-ubah dan tidak tetap. Bisa juga didefinisikan sebagai nilai yang memiliki banyak varian, intinya bernilai banyak. Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa pengertian vriabel menurut para ahli.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Variabel Adalah

1. F.N Kerlinger

Menurut Kerlinger, variable adalah konsep yang mempunyai jenis-jenis nilai. Variabel juga konsep yang sudah diubah.
2. Freddy Rankuti

Sedangkan penjelasan Freddy, variabel adalah suatu konsep yang mempunyai nilai bervariasi serta nilai ini bisa dibagi menjadi 4 sampel yang berbeda. Seperti: skala, rasio, nominal, ordinal dan intenal.

3. Sutrisno Hadi

Terakhir, penjelasan dari Sutrisno, variabel adalah variasi dari suatu objek penelitian. Contohnya saja tinggi manusia yang divariasikan dengan umur dan berat badan mereka.

Bisa diambil kesimpulan bahwa sebuah variabel adalah besaran yang dapat diubah dan akan selalu berubah. Sehingga mempengaruhi suatu kejadian dari penelitian. Dengan memakai variabel ini semua orang dapat menghitung semua data yang masih dibutuhkan.

Jenis-jenis Variabel

apa itu arti organisasi
deliaekasekars.files.wordpress.com

Ada empat jenis variabel, yaitu variabel independen, variabel moderator, variabel intervening dan variabel dependen. Berikut penjelasannya:

1. Variabel independen

Variabel independen merupakan variabel yang terjadi karena perubahan yang menimbulkan variabel terikat dan variabel dependen. Variabel ini biasa disebut dengan variabel bebas dan bisa sejalan dengan variabel pengaruh , variabel kuasa dan masih ada banyak sebutan lainnya.

2. Variabel dependen

Sedangkan variabel dependen merupakan variabel yang tidak terikat, terikat dan mempengaruhi setiap variabel independen atau variabel bebas.

3. Variabel moderator

Variabel moderator merupakan variabel yang mempengaruhi sesuatu dan menjadi lebih kuat atau juga lebih lemah. Hal ini mempunyai hubungan dengan variabel terikat atau variabel bebas. Variabel kedua ini berasal dari variabel independen disebut dengan variabel moderator.

4. Variabel intervening

Yang terakhir merupakan variabel intervening yang memiliki arti variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hal ini tidak bisa diamati ataupun diukur. Variabel ini tidak bisa langsung diukur karena nilainya yang terus berubah

Itulah pengertian variabel menurut para ahli dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar