Pengertian Variabel Bebas Dan Terikat

VARIABEL BEBAS DAN TERIKAT – Fokus yang paling penting terhadap sebuah penelitian pendidikan terdapat dalam pembahasan serta analisis terhadap hasil-hasil dari pengukuran. Penjabaran hasil penelitian ini tentunya dapat lebih efektif lagi jika si peneliti mempunyai kriteria yang pas terhadap hasil.

Kriteria-Kriteria ini berbentuk batasan operasional terkait dengan hasil. Batasan operasional ini merupakan sebuah bukti terkait dengan variabel-variabel yang diteliti dan akan diterima oleh peneliti.

Pengertian Variabel

VARIABEL BEBAS DAN TERIKAT
parararam.com

Variabel disebut juga dengan faktor penelitian mempunyai fungsi yang begitu penting pada sebuah penelitian pendidikan. Variabel merupakan segala hal yang akan menjadi objek pengamatan pada sebuah penelitian. Tidak jarang juga yang menganggap variabel sebagai gejala sesuatu yang bervariasi.

Variabel adalah objek penelitian atau segala sesuatu yang menjadi perhatian pada suatu titik penelitian. sedangkan variabel penelitian adalah segala atribut serta sifat atau nilai orang, faktor, perlakuan mengenai obyek atau kegiatan yang memiliki variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti agar dipelajari yang nantinya akan ditarik kesimpulannya.

Variabel Bebas Dan Terikat

VARIABEL BEBAS DAN TERIKAT
parararam.com

1. Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)
Variabel bebas adalah variabel yang menjadi penyebab atau memengaruhi, meliputi faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti, tujuannya agar dapat menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.

2. Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables).
Variabel terikat ialah faktor-faktor yang diamati dan diukur dalam rangka menentukan pengaruh variabel bebas, di dalamnya itu termasuk faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

Contoh:
Jika seorang peneliti ingin mengobservasi hubungan antara dua variabel, misalkan variabel waktu untuk bekerja (A) dan prestasi bekerjanya (B), lalu pertanyaan atau masalah yang diajukan , “Bagaimanakah prestasi kerja yang dicapai jika waktu yang digunakan untuk bekerja lebih banyak atau lebih sedikit?”

Banyak sedikitnya waktu bekerja yang digunakan oleh pekerja diidentifikasikan sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi kerja sebagai variabel terikat. Variabel ini (waktu kerja) dimanipulasi atau diubah untuk menyebabkan adanya perubahan pada variabel lainnya (prestasi bekerja).

Tinggalkan komentar